Mudah Dapatkan Pinjaman Modal Usaha

10 Trik Mudah Dapatkan Pinjaman Modal Usaha

By: Hafif

Pinjaman modal usaha kecil ataupun untuk usaha besar memang menjadi jalan terakhir untuk pemilik usaha bisa mendapatkan modal usaha sehingga bisa menjalankan usahanya. Modal memang faktor penting dan utama dalam sebuah usaha atau bisnis dengan skala apapun, mau itu bisnis dengan skala kecil seperti UKM hingga bisnis dengan skala besar. Tanpa sokongan modal membangun dan mendirikan bisnis akan menjadi mimpi yang tidak mungkin bisa tercapai meskipun sudah memiliki konsep matang untuk operasionalnya nanti.

Tentunya jumlah besar modal yang akan dibutuhkan nanti itu dilihat dari jenis usaha yang akan dibangun. Misalnya jika ingin memiliki usaha toko kelontong, maka modal yang akan dibutuhkan akan lebih besar dibandingkan jika Anda membangun usaha jual beli pulsa. Perlu diketahui, dalam mencari modal usaha sekarang ini tidak sulit dibandingkan beberapa tahun lalu yang hanya mengandalkan jalur konvensional atau hanya melalui 1 pintu saja yakni bank. Namun sekarang dalam mencari pinjaman modal usaha sudah lebih dimudahkan. Tidak percaya ? Ini ada 10 trik mudah dapatkan pinjaman modal usaha :

Mudah Dapatkan Pinjaman Modal Usaha

  1. Pinjam dari Bank dengan agunan. Meskipun tergolong cara konvensional, mendapatkan pinjaman modal usaha melalui bank tetap menjadi pilihan utama para pemilik usaha. Disamping masalah keamanan, banyak bank yang kini justru menawarkan berbagai program pinjaman di bank salah satunya kredit multi guna. Fasilitas kredit dari bank, di mana Anda memberikan sejumlah jaminan misalnya saja aset properti ataupun mobil kepada bank. Untuk pinjaman usaha dengan kredit multi guna ini akan ada bunga yang harus dibayarkan dan juga tenor pengembalian, ini akan diperhitungkan dengan jumlah pinjaman yang diajukan. Tidak hanya untuk pinjaman modal usaha, kredit multi guna juga bisa loh untuk keperluan mendesak!
  2. Pinjam dari Bank tanpa agunan. Selain program kredit pinjaman modal dengan syarat adanya agunan atau jaminan, bank juga ada layanan peminjaman modal usaha dengan fasilitas kredit tanpa agunan atau biasa disebut KTA. Fasilitas ini kini menjadi favorit para pencari modal karena bisa mendapatkan pinjaman uang tanpa harus mengagunkan jaminan apapun. Namun kekurangannya, bunga pinjaman ini tentu akan lebih besar dibandingkan kredit multi guna. Jika Anda memilih KTA sebagai tambahan modal usaha, maka disarankan untuk memilih tenor cicilan yang lebih pendek.
  3. Ambil dari tabungan. Jika Anda tidak suka berhutang pada bank dikarenakan adanya bunga yang dipatok terlalu tinggi, maka modal usaha bisa diambil dari tabungan. Cara ini justru jauh lebih aman karena tidak ada resiko hutang di masa depan.
  4. Jual aset yang dimiliki. Cara lain untuk dapatkan modal untuk usaha Anda adalah dengan menjual aset yang Anda miliki, misalnya saja properti (bisa rumah, apartemen), mobil atau motor, emas, atau investasi Anda yang lainnya. Kenapa tidak untuk menjual aset yang Anda miliki untuk modal usaha ? Kalaupun usaha nantinya berhasil, maka secara langsung aset yang tadinya Anda jual dapat Anda beli kembali bahkan bisa dapatkan yang lebih bagus.
  5. Gadaikan aset. Jika Anda tidak menjual aset karena takut tidak bisa memiliki kembali ? Maka cara terbaiknya adalah dengan mengadaikan aset tersebut ke pegadaian. Cara ini bisa dibilang cukup aman, meskipun demikian biasanya uang yang didapatkan tidak sebesar jika Anda menjual aset. Dan pastikan untuk tidak lupa untuk menebusnya, karena kalau tidak ditebus maka aset itu akan disita dan menjadi hak milik pegadaian.
  6. Pinjam dari teman atau saudara. Cara lainnya untuk bisa dapatkan pinjaman modal usaha adalah dengan meminjam ke orang-orang terdekat Anda misalkan saja teman, saudara Anda yang percaya kepada Anda. Jika Anda bisa, maka Anda akan untung karena pinjaman tersebut akan bebas bunga.
  7. Kerjasama atau Joint Venture. Jika semua cara di atas tidak ada yang berhasil, maka Anda bisa mengajak kerabat atau teman untuk membuka usaha bersama dengan syarat patungan modal. Sistem ini juga menguntungkan loh, karena modal, untung, rugi, bahkan pekerjaan pun akan dibagi secara merata. Jika cara ini yang Anda ambil, maka pastikan lakukan perjanjian secara tertulis atau hitam di atas putih bermaterai. Ini dilakukan jika salah satu pihak ada yang bermain curang, maka ada konsekuensi yang akan didapatkan.
  8. Modal dari konsumen. Cara ini biasanya khusus untuk usaha yang bergerak dibidang jasa atau pelayanan. Biasanya untuk usaha dibidang jasa ini, Anda berhak meminta uang muka terlebih dahulu sebelum Anda melakukan pekerjaan. Uang muka itu bisa digunakan sebagai modal sampai pekerjaan selesai dan mendapatkan pembayaran seluruhnya. Cara seperti ini sering dilakukan pada usaha katering, sablon baju atau usaha laundry.
  9. Franchise (Waralaba). Sistem Franchise ini maksudnya usaha kerja sama antara pihak pemilik usaha dengan pelaku usaha. Pembagian keuntungannya pun berdasarkan perjanjian yang telah disepakati sebelum usaha ini dijalankan. Biasanya pemilik usaha ini akan menyediakan semua fasilitas dan modal yang kemudian operasional usaha akan dijalankan oleh pelaku usaha. Semakin brand franchisenya terkenal, maka kemungkinan keuntungan yang akan didapat akan lebih besar. Khusus untuk brand, Anda harus sedikit berhati-hati dalam memilih mengingat saat ini banyak sekali brand franchise yang bisa menjadi pilihan. Mulai dari makan cepat saji hingga usaha cemilan asal Korea.
  10. Sponsorship melalui website. Cara paling akhir dan kini sedang jadi trend untuk mencari modal usaha adalah dengan sponsorship melalui website tertentu atau istilah kerennya crowdfunding. Namun program ini masih terbilang baru di Indonesia, akan tetapi sudah banyak dilakukan di luar negeri. Cara kerjanya dengan mencoba menawarkan usaha yang akan Anda buat lewat salah satu situs crowdfunding dan para pengunjung yang berminat bisa menjadi sponsor yang menyumbangkan uangnya. Sebagai gantinya, Anda bisa memberikan bayaran berupa reward sesuai dengan peraturan dalam situs tersebut. Beberapa situs crowdfunding di Indonesia misalnya KitaBisa, Wujudkan, atau AyoPeduli. Dengan cara ini modal usaha yang diperoleh biasanya tidak begitu besar dibandingkan cara mencari modal yang sudah disebutkan. Tetapi tidak ada salahnya Anda mencoba kan?

Bolehlah dicoba cara-cara di atas untuk membantu Anda mendapatkan pinjaman modal usaha! –apuy

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top