Tips Diet Berhasil

3 Nutrisi Penting Yang Tidak Boleh Dilupakan Saat Diet

By: Hafif

Banyak orang ingin menjalani diet untuk meraih berat badan ideal serta bentuk tubuh ramping, mereka rela melakukan berbagai olahraga dan menjaga pola makan berhari-hari bahkan berbulan bulan. Pada umumnya program diet menuntut kita untuk menjaga dan mengontrol kalori yang masuk dengan mengurangi asupan pada makanan. Hal ini tidaklah mudah karena selain kalori kamu juga butuh nutrisi yang baik untuk menjaga energi tubuh setiap hari.

Agar dietmu sukses dan tidak mendatangkan efek samping sebaiknya penuhi nutrisi-nutrisi ini agar tetap sehat dan seimbang. Apalagi beberapa nutrisi ini dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Jadi meskipun kamu sedang diet mati-matian, usahakan jangan sampai kamu tinggalkan berbagai nutrisi ini ya. Berikut nutrisi yang wajib kamu penuhi saat diet :

Kebutuhan Serat

Para ahli gizi mengklaim bahwa makan lebih banyak serat dapat menurunkan berat badan secara sehat, hingga sekarang dipercaya bahwa mereka yang hobi mengkonsumsi lebih banyak serat cenderung memiliki berat badan yang sehat. Makanan yang mengandung banyak serat (tidak mengubah komponen makanan lainnya) mampu turunkan berat badan sebanyak yang dihasilkan oleh diet rendah lemak. Diet ini direkomendasikan oleh American Heart Association.

Selain dapat menurunkan berat badan, makanan berserat bisa lebih mengenyangkan daripada makanan rendah serat. Oleh sebab itu kamu akan merasa kenyang lebih lama dan cenderung makan lebih sedikit, selain itu makanan tinggi serat biasanya lebih rendah kalori, jadi kamu tak perlu takut menjadi gemuk.

Nah, buat kamu yang ingin langsing dengan makanan serat, kamu bisa mendapatkannya dari jagung, kacang merah, alpukat, nasi merah, gandum utuh, buah pir, oatmeal, dan apel.

Kandungan Protein

Nutrisi lainnya yang wajib kamu dapatkan adalah protein, makanan dengan tinggi protein ternyata dapat membantu mengendalikan berat badan. Menurut studi di Harvard makan satu porsi dengan makanan yang mengandung protein seperti kacang polong, buncis dapat membuat kita kenyang.

Meski begitu, cermati dulu dalam memilih makanan yang mengandung protein sebaiknya jangan terlalu banyak atau berlebihan karena meski mengandung protein berat badan bisa bertambah biasanya protein yang lebih terdapat pada daging olahan atau daging merah. Dan lebih dianjurkan untuk mengkonsumsi protein dari kacang-kacangan, biji-bijian, telur, susu rendah kalori, kedelai, makanan laut dan daging tanpa lemak. Ingat ya ladies, penuhi proteinmu setiap hari agar gizi tetap seimbang.

Konsumsi Kalsium

Bisa dibilang semua orang wajib mengkonsumsi kalsium karena mineral yang satu ini sangat baik dalam membantu membangun tulang dan gigi yang kuat. Kalsium juga memastikan pembekuan darah berjalan dengan normal dan mengatur kontrasi otot. Selain itu, kalsium juga memiliki peran dalam menurunkan berat badan yakni untuk membakar lemak. Hal inilah dapat membantu seseorang yang sedang menjalani diet.

Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Colorado, orang yang mengkonsumsi lebih banyak kalsium akan membakar lebih banyak lemak daripada orang yang sedikit mengkonsumsi kalsium. Hal ini tentu akan memicu pembentukan lemak yang tersimpan dalam tubuh. Jika kamu ingin mendapatkan asupan kalsium setiap hari, kamu bisa mengkonsumsi susu, keju cheddar, es krim, kacang, bayam, lobak, kol, brokoli, kacang kedelai, kacang almond, alpukat, ikan salmon, ikan sarden.

Nah buat kamu yang ingin menurunkan berat badan, jangan pernah melupakan kebutuhan nutrisi yang sehat dan seimbang ya. Karena kebutuhan nutrisi sebenarnya dipercaya dapat menurunkan berat badan loh. Tentu saja kamu tidak ingin melewatkan nutrisi ini bukan? Yuk mulai penuhi gizimu dengan berbagai nutrisi tersebut agar tubuh tetap langsing dan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top