Alergi

4 Efek Samping Negatif Gangguan Alergi Pada Kehidupan Sehari-hari

By: Hafif

Memiliki gangguan alergi umum bukanlah hal yang menyenangkan, apalagi jika sudah dialami sejak kecil dan terus berlanjut sampai dewasa. Misalnya saja Anda yang memiliki alergi susu. Anda jadi tak bisa menikmati segala macam makanan dan minuman yang mengandung susu. Meskipun Anda tetap mendapatkan nutrisi lengkap dari susu alternatif seperti Susu Soya SGM saat kecil, tetap saja ada yang kurang.

Susu adalah salah satu dari jenis alergi terhadap makanan yang paling sering terjadi. Namun susu bukan satu-satunya alergi terhadap makanan yang ada. Alergi terhadap seafood, alergi terhadap gluten yang ada di dalam makanan seperti kecap, maupun alergi terhadap bahan-bahan makanan lain akan memberikan efek yang cukup terasa dalam kehidupan sehari-hari, dan ini adalah kenyataan yang tak bisa dihindari.

Alergi

Apa saja efek dari alergi makanan tersebut terhadap kehidupan seseorang? Ini beberapa contohnya:

  1. Tidak bisa berbagi makanan

Saling berbagi makanan adalah kegiatan yang bisa menjadi pemecah es antara orang-orang yang baru dikenal, maupun tanda keakraban pada kenalan. Dengan adanya alergi, akan susah bagi Anda untuk melakukannya karena Anda tak tahu apa yang ada di dalamnya maupun cara membuatnya.

  1. Menjadi paranoid

Anda (dan orang tua Anda saat kecil) menjadi paranoid dengan segala macam makanan yang dihidangkan, baik di restoran maupun makanan yang diberikan orang lain. Akibatnya, Anda pun jadi sulit menerima makanan maupun makan di luar.

  1. Mengurangi aktivitas

Bisa jadi alergi Anda tak sengaja terpicu karena sesuatu yang tak terduga, dan sebagai akibatnya Anda harus istirahat, tak bisa beraktivitas.

  1. Kehidupan sosial terganggu

Teman-teman Anda pun akhirnya jadi malas untuk mengajak Anda (atau anak) dalam kegiatan karena takut alergi Anda terpicu.

Itulah efek samping yang sangat terasa pada orang-orang yang memiliki gangguan alergi. Memang tak menyenangkan, namun ini adalah kenyataan yang mau tak mau harus dihadapi dan bisa datang ke dokter untuk konsultasikan alergi dengan benar. Anda maupun anak Anda yang memiliki alergi harus menyesuaikan diri dan menjaga diri sendiri sehingga tak mengalami masalah kesehatan. Setidaknya dari segi positifnya, Anda akan jadi lebih jago memasak lantaran harus menyiapkan makanan sendiri sering-sering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top