Bulldozer

4 Jenis Blade Pada Bulldozer

By: Hafif

Anda pastinya sudah mengenal alat berat bulldozer. Yup, bulldozer merupakan salah satu alat berat yang banyak digunakan untuk proyek-proyek pembangunan. Bentuk bodinya sangat besar, namun tidak sebesar big brutus, salah satu alat shovel terbesar di dunia. Nah, bulldozer sendiri identik dengan roda beranti (track shoe) yang fungsinya bisa untuk menggali (digging), mendorong (pushing), menggusur meratakan (spreading), menarik beban, menimbun (filling), dan banyak lagi. Bulldozer sendiri dilengkapi dengan blade yang di-setting untuk berbagai kebutuhan, dan untuk beberapa proyek blade yang digunakan pun berbeda-beda. Nah, kebanyakan para kontraktor sudah menyiapkan tuh spare part alat berat Komatsu termasuk blade bulldozer yang nantinya menyesuaikan dengan jenis proyek yang akan digarap. Penggunaan blade akan tergantung pada jenis proyek pembangunannya.

Adapun jenis dan macam blade yang digunakan pada alat berat bulldozer atau alat berat angel dozer yaitu :

  • Universal Blade (U-Blade)

BulldozerJenis blade ini dilengkapi dengan sayap yang berada pada sisi-sisi blade untuk efektifitas operasional. Dengan menggunakan blade ini lebih memudahkan bulldozer baik untuk membawa ataupun mendorong muatan menjadi lebih banyak dan resiko terbuangnya muatan menjadi relatif lebih kecil jika jarak tempuh cukup jauh. Nah, biasanya untuk penggunaan blade ini banyak diperuntukkan untuk proyek reklamasi tanah (land reclamation), stock pile work, dan sebagainya yang notabennya butuh mengangkat dengan volume yang cukup banyak.

  • Straight Blade (S-Blade)

Untuk jenis blade ini biasanya digunakan untuk proyek pengerjaan dengan luas wilayahnya cukup besar. Straight Blade (S-Blade) sendiri merupakan modifikasi dari U-Blade. Untuk manuvernya, jangan diragukan lagi karena blade ini jauh lebih mudah bermanuver dan bisa mengangkut lebih banyak material proyek.

  • Angling Blade (A-Blade)

Angling blade pada bulldozer ini dibuat khusus untuk posisi lurus dan menyudut saja. Nah, untuk jenis blade ini biasanya digunakan untuk proyek-proyek khusus seperti pembukaan jalan (pioneering roads), menggali saluran (pioneering roads) dan beberapa pekerjaan lain yang menyesuaikan dengan pergerakan blade ini.

  • Chusion Blade (C-Blade)

Blade pada alat berat bulldozer ini cukup unik, karena dilengkapi bantalan berupa karet (Rubber cushion) yang fungsinya untuk meredam tumbukan. Biasanya blade ini digunakan pada pekerjaan push-loading, proyek pemeliharaan jalan, dan pekerjaan dozing. Ini karena Chusion Blade (C-Blade) berbentuk lebar sehingga kondisi ini akan menambahkan kemampuan blade ini bermanuver.

Selamat membaca dan semoga bisa bermanfaat untuk menambah wawasan Anda mengenai berbagai jenis spare part alat berat. –apuy-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top