Hemat Paket Internet di Smartphone

6 Cara Hemat Paket Internet di Smartphone

By: Hafif

Paket internet murah dan cepat di smartphone Anda cepat sekali habis sebelum masa penggunaannya berakhir? Apalagi ketika Anda sedang melakukan aktivitas atau dalam situasi mendesak, akan menjadi hal yang menjengkelkan paket data internet di smartphone Anda habis. Paling kesal jika paket data internet di smartphone Anda habis tanpa disadari dan disebabkan hal tidak penting misalnya saja disedot oleh aplikasi di latar belakang.

Sudah hal yang lumrah jika antara smartphone dan paket data internet menjadi dua hal yang akan sulit terpisahkan. Atau bisa dikatakan apalah arti kecanggihan sebuah smartphone yang Anda miliki, namun tidak dibekali paket data internet, alhasil produk canggih tersebut tidak ubahnya handphone dengan kemampuan dasar saja yakini telepon dan sms saja.

Hemat Paket Internet di Smartphone

Nah, untuk mencegah paket data internet di smartphone tiba-tiba habis ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berdasarkan informasi dari situs CNet, setidaknya ada 6 cara hemat paket internet di smartphone khusus untuk para pengguna smartphone berbasis Android :

  • Data Saver pada browser Chrome coba diaktifkan

Browser Chrome memang tengah menjadi favorit dan populer oleh para pengguna smartphone Android. Menjadi favorit karena adanya fitur penghemat daya atau data saver yang bisa diaktifkan dengan mudah. Mengoperasionalkan si data saver ini, pengguna smartphone cukup mengakses browser Chrome dan cek pada setting-an dan hidupkan data saver ini. Begitu dinyalakan, fitur ini akan langsung menjalankan kompresi untuk mengurangi ukuran gambar dan situs atau website ketika diakses menggunakan Chrome.

  • Coba untuk mengurangi aktivitas streaming

Streaming music, video bahkan nonton film online memang mengasyikan. Namun aktivitas ini justru akan menyedot kuota internet Anda super cepat, apalagi kualitas gambar adalah HD Anda tidak akan menyadari bahwa paket data habis. Nah, supaya tidak boros sebaiknya kurangi aktivitas streaming misalnya 1 hari 1 video saja.

  • Hapus aplikasi Facebook

Untuk tips ini tentu sudah menjadi tips umum yang banyak disarankan untuk menghemat paket data internet di Smartphone. Perlu diketahui, aplikasi facebook merupakan salah satu aplikasi yang cukup boros. Boros dalam penggunaan baterai, dan yang paling penting boros kuota internet di smartphone. Kenapa bisa begitu ? Aplikasi ini akan selalu memberikan notifikasi baik untuk chat ataupun hal lainnya.

Alternatifnya para pengguna facebook yang aktif bisa tetap menggunakan facebook untuk bersosialisasi dengan langsung menggunakan facebook mobile yang jauh lebih menghemat baterai dan kuota internet pada smartphone Anda.

  • Seeting off fitur synchronize yang memang tidak penting

Google menyediakan fitur layanan synchronize yang akan secara otomatis terkoneksi dengan gadget Android si pengguna begitu melakukan login ke akun Google. Namun memang tidak semua layanan dari Google dipakai oleh pengguna smartphone. Karena itu, opsi synchronize untuk layanan yang tidak digunakan sebaiknya dimatikan saja. Opsi mematikan fitur synchronize juga bisa diterapkan ke akun-akun lain di luar Google.

  • Lebih baik menyimpan musik dan video secara offline

Jika ingin menyimpan musik dan video yang ingin ditonton, maka lebih baik untuk simpan secara offline dengan menggunakan aplikasi streaming seperti Spotify. Nah dengan menyimpan secara offline di aplikasi streaming, maka si pengguna tidak perlu lagi men-download menggunakan kuota internet setiap kali ingin mendengarkan musik atau menonton video. Fitur ini bisa dipakai untuk menghemat pemakaian data. Begitu juga dengan fasilitas offline maps di Google Maps dan YouTube Offline.

  • Restrict background data

Smartphone berbasis android memiliki fitur untuk membatasi pemakaian background oleh aplikasi, yakni Restrict Background Data yang bisa ditemukan pada menu Settings > Data Usage. Ketika fitur ini diaktifkan, maka kebanyakan aplikasi hanya akan memakai koneksi data ketika pengguna sedang memakai ponsel (perangkat tidak sedang di-lock) dan terhubung ke Wi-Fi.

Hemat kuota internet sama dengan hemat pengeluaran loh! Selain itu, terlalu lama browsing internet, juga bisa menyebalkan Anda menjadi kecanduan internet yang berbahaya dan berdampak negatif. Jadi gak ada salahnya tips ini dilakukan! Semoga bermanfaat. -apuy-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top