Tips Belanja Online yang Aman

Anda Shopping Holic? Yuk Ketahui Tips Aman Belanja Online Ini

By: Hafif

Kemudahan seiring dengan canggihnya teknologi dapat dinikmati oleh banyak kalangan. Misalnya saja, untuk berbelanja Anda cukup meng-klik mouse atau cukup dengan menyentuh layar. Yup, belanja online kini tengah menjadi favorit bagi sebagian besar masyarakat. Di tambah dengan banyak promo belanja murah dari online shop, situs e-commerce, dan juga marketplace seperti salah satu promo valentine di blanja pada bulan Februari 2017 mendatang.

Wajar memang, sebab Anda bisa berbelanja kapan saja dan dimana saja. Cukup dengan perangkat komputer atau gadget yang memiliki koneksi internet, kebutuhan belanja pun bisa terpenuhi.

Tips Belanja Online yang Aman

Adanya jaringan internet memang memiliki andil besar dalam perubahan perilaku masyarakat. Bagaimana tidak, dulu ketika ingin membeli sesuatu Anda harus pergi ke toko atau pasar dan harus rela keluar masuk toko jika barang yang diinginkan belum didapat. Namun, dengan adanya internet, kegiatan berbelanja bisa dilakukan sembari bersantai sekalipun.

Tak dipungkiri jika belanja online memberikan banyak kemudahan, tapi bukan berarti tidak ada resiko di balik kemudahan tersebut. Hal ini ditunjukkan dengan adanya kasus penipuan atau kasus kejahatan di dunia maya, termasuk online shop itu sendiri. Dengan demikian, diperlukan adanya informasi tentang bagaimana tips aman belanja online agar dapat terhindar dari penipuan yang kini tengah marak terjadi di dunia maya.

Nah, berikut ini akan kami ulas mengenai tips aman belanja online yang nantinya dapat Anda terapkan ketika ingin berbelanja secara online.

  • Pilih Toko Online Yang Memiliki Situs Sendiri

Bagi Anda yang belum memiliki langganan toko online, sebaiknya Anda mencari toko online yang sudah memiliki situs sendiri. Toko online yang demikian itu umumnya memiliki kinerja yang lebih professional dibandingkan yang belum. Alasan lain adalah, toko online yang seperti ini biasanya juga memiliki akun sosial media lain yang dijadikan sebagai lapak berjualan. Dari sini Anda bisa memeriksa apakah kredibilitas toko tersebut meyakinkan atau tidak.

  • Harga Yang Logis

Tips aman belanja online selanjutnya adalah dengan memastikan harga yang dicantumkan adalah harga yang masuk akal. Harga murah tentu sangat menggiurkan. Tapi disini Anda harus jeli, apakah harga yang ditawarkan toko online tersebut logis atau tidak. Anda bisa membandingkan harga di toko tersebut dengan toko lain. Jika didapati harga yang selisihnya tidak masuk akal, maka Anda pantas untuk curiga.

Namun di sisi lain Anda juga harus cermat. Harga murah tak selamanya menyesatkan loh. Hal seperti ini biasanya dijumpai ketika ada event – event tertentu, misalnya Tahun Baru Imlek. Banyak dari toko online yang berusaha memberikan penawaran terbaik mereka dengan menyuguhkan promo – promo yang menggiurkan, salah satunya adalah promo valentine di Blanja, yang pastinya sangat sayang untuk Anda lewatkan.

  • Periksa Testimonial

Toko online yang sudah terpercaya biasanya akan menampilkan testimonial dari para pembelinya. Karena itu jangan lupa untuk melihat testimoni – testimoni yang ada. Dari sini Anda bisa melihat, apakah toko online tersebut memberikan pelayanan yang maksimal atau sebaliknya.

  • Hubungi Kontak yang Tercantum

Toko online yang terpercaya biasanya mencantumkan kontak yang bisa Anda hubungi. Untuk memastikan jika kontak tersebut memanglah milik toko online tersebut, Anda bisa menghubunginya secara langsung. Anda bisa menanyakan beberapa hal, misalnya mengenai ketersediaan barang atau tentang sistem pelayanan di toko online tersebut dan lainnya.

Demikian tadi beberapa tips aman belanja online yang bisa Anda terapkan jika Anda menghendaki berbelanja online. Pastikan Anda tetap selektif dalam memilih toko online yang ada ya, agar Anda memperoleh pelayanan dan juga produk yang sesuai keinginan.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top