Fakta Terbaru Tentang Jahe

Awas, Jangan Seduh Jahe dengan Air Panas!

By: Hafif

Di musim hujan seperti sekarang, minum minuman yang hangat merupakan sesuatu yang lumrah dilakukan oleh banyak orang. Menyeduh teh, kopi, atau bahkan ekstrak jahe merah saat hujan turun memang terasa sangat nikmat. Tubuh jadi hangat dan kita pun terbebas dari penyakit yang kerap menjangkiti di musim hujan.

Akan tetapi, tahukah kamu kalau ada beberapa minuman yang sebaiknya tidak diseduh oleh air panas apalagi air mendidih?

Fakta Terbaru Tentang Jahe

Ya, jahe adalah salah satunya. Menurut beberapa peneliti, jahe sebaiknya tidak diseduh dengan air panas dan juga air mendidih. Sebab jika kita melakukan hal ini, maka manfaat dari jahe itu sendiri tidak bisa diterima oleh tubuh. Senyawa aktif yang ada dalam jahe akan hilang ketika diseduh dengan air yang mendekati 100 derajat celcius. Sementara, yang paling dibutuhkan oleh tubuh kita adalah senyawa aktif ini.

Lantas, apa sih senyawa aktif yang ada dalam jahe dan bagus untuk tubuh?

Senyawa tersebut bernama flavonoid dan juga saponin. Keduanya merupakan senyawa aktif yang bisa langsung rusak ketika terkena air panas. Baik flavonoid dan juga saponin berfungsi sebagai antiinflamasi, antijamur, antikanker, dan juga bisa menguatkan sistem imun tubuh. Sayangnya, ketika jahe diseduh dengan air panas, jahe akan mengeluarkan busa (efek dari flavonoid dan juga saponin) dan manfaat dari dua senyawa aktif ini hilang saat itu juga.

Lalu, apakah kita harus menyeduh jahe dengan air dingin?

Tentu tidak. Jahe tidak akan nikmat dikonsumsi jika tidak diseduh dengan air hangat. Oleh sebab itu, para ahli menyarankan kita untuk menyeduh jahe dengan air yang memiliki suhu 60-70 derajat celcius. Tidak perlu sampai mendidih, yang penting sudah cukup hangat dan bisa langsung diminum.

Tidak hanya jahe saja, beberapa tanaman herbal untuk kesehatan tubuh lainnya pun sebaiknya tidak diseduh dengan air mendidih. Sebab tanaman herbal mengandung senyawa aktif seperti jahe yang bisa rusak ketika disiram air mendidih. Nah, mulai sekarang sebaiknya seduh minuman dengan air hangat saja, ya. Jangan dengan air mendidih! Semoga membantu.

1 Comment

  • 5 Manfaat Air Jahe Merah:

    […] air hangat dengan beberapa irisan jahe merah kemudian diamkan beberapa saat baru diminum. Namun, jangan menyeduh jahe dengan air panas karena dapat merusak kandungan aktif yang tersimpan di dalam air jahe merah ini. Selain itu, […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top