Awas, Kebiasaan Ini Bisa Merusak Mobil Kesayanganmu

Awas, Kebiasaan Ini Bisa Merusak Mobil Kesayanganmu

Punya mobil adalah impian banyak orang. Ketika akhirnya sudah memilikinya, tentunya akan membuat kita merasa senang dan berusaha untuk memberikan yang terbaik. Bahkan tidak jarang kita akan menghabiskan banyak waktu, untuk memperhatikan beberapa hal ketika membeli mobil bekas agar bisa mendapatkan mobil dengan kualitas yang baik. Setelah memilikinya, banyak juga yang tidak begitu peduli dengan harga oli mobil yang digunakan, yang penting kualitasnya adalah yang terbaik. Meskipun begitu, tetap saja beberapa orang sering mengeluh masalah yang ada pada mobilnya. Baik dari segi penampilan maupun kondisi mesin dan kompponen yang memengaruhi kenyamanan menyetir.

Nah, jika Anda adalah salah satu di antaranya, coba deh berpikir ulang. Mungkin saja masalah yang ada pada mobil kesayangan Anda karena beberapa kebiasaan berikut ini:

  • Tidak melakukan servis secara berkala

Ganti oli rutin kok, berarti sudah servis kan? Mungkin banyak dari kamu yang berpikir begitu. Servis = ganti oli. Padahal tidak begitu, loh. Sebab seruvis yang dimaksud adalah pemeriksaan keseluruhan komponen mobil untuk memastikan bahwa semua masih bekerja dengan normal. Jika kamu hanya terfokus pada oli mesin saja dan mengabaikan komponen lainnya, maka bersiaplah mesin mobilmu pasti akan cepat rusak.

  • Mengabaikan peringatan panel dashboard

Meskipun tidak paham akan dunia otomotif, ketika memiliki mobil komponen seperti lampu indikator yang ada pada dashboard mobil bukanlah hal yang boleh kamu abaikan begitu saja. Sebab lampu ini berfungsi sebagai peringatan adanya masalah pada komponen mobil. Itulah sebabnya, penting bagi Anda untuk mengetahui makna dari setiap indikator yang ada di sini.

  • Menyetir sembarangan

Saat ini cukup banyak pengendara yang menyetir dengan cara yang tidak tepat. Misalnya saja seperti langsung menekan pedal gas hingga maksimal saat baru saja mulai berjalan, atau mengendarai dengan kecepatan cukup tinggi di area yang cukup ramai hingga harus menekan pedal gas mendadak berkali-kali. Hal ini tidak hanya akan berbahaya bagi keselamatan Anda dan pengguna jalan di sekitar saja, tetapi juga sangat berpotensi merusak mobil Anda.

  • Perpindahan gigi yang salah

Baik mobil dengan transmisi manual maupun automatic, memiliki aturan dalam penggunaan giginya dan perpindahan gigi. Melakukan perpindahan gigi dengan cara yang salah akan membuat komponen mobil Anda yang terkait dengan bagian ini menjadi mudah rusak.

Sebenarnya tidak sulit untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan tersebut, tergantung pada Anda mau atau tidak melakukannya. Jadi, jika Anda sayang dengan kendaraan Anda, pastikan untuk menghindari semua poin di atas ya! (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *