Cegah Laptop Lemot

Begini Cara Mudah dan Praktis Untuk Mencegah Laptop Lemot

By: Hafif

Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan yang kamu gunakan berjalan menjadi cukup lambat. Sehebat apapun kualitas acer one 10 atau spesifikasi laptop yang kamu miliki jika kamu tidak menggunakannya dengan bijak kelemotan pun perlahan akan menghampiri laptop yang kamu gunakan. Jika kamu baru saja memiliki laptop yang menjalankan windows 10 namun performanya tidak terlalu memuaskan. Kamu bisa mengatasi nya dengan melakukan beberapa hal berikut ini.

Ada beberapa trik dan cara tertentu agar laptop yang kamu gunakan bisa meminimalisir penggunaan sumber daya yang tidak perlu, seperti charge smartphone di laptop sehingga laptop milikmu akan lebih cepat dan sangat responsive.

  • Matikan Program Startup

Laptop mungkin saja mengalami performa yang menurun ketika banyaknya program yang berjalan di startup. Maka untuk mengatasinya kamu bisa mematikan atau menonaktifkan aplikasi yang berjalan di startup untuk meningkatkan respon secara keseluruhan dan performa sistem laptop.

Cegah Laptop Lemot

Source : opencomputinginstitute.com

Caranya cukup mudah kamu cukup tekan Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager kemudian klik tab Startup, disini kamu akan menemukan daftar aplikasi yang berjalan secara otomatis. Kamu hanya perlu memilih aplikasi yang akan kamu matikan, klik kanan  dan pilih Disable pada aplikasi yang kamu pilih.

  • Matikan Animasi Dan Efek

Efek visual dan animasi cukup meningkatkan beban pada sumber daya sistem, hal ini bisa menjadi alasan PC atau laptop milikmu menjadi lambat. Pada laptop atau PC baru dengan kualitas acer one 10 atau spesifikasi laptop yang baru mungkin tidak akan menimbulkan efek yang besar. Namun di perangkat yang lama mematikan fitur ini merupakan hal yang wajib untuk dilakukan guna mempercepat lagi performa laptop.

  • Aktifkan Hobernate Mode

Fungsi dari fitur ini ialah menyimpoan semua kerja menyimpan atau memori seluruh kegiatan yang dilakukan di laptop atau komputer ketika dimatikan dan akan dikembalikan seperti semula kembali ketika sebelum dihibernate. Cara mengaktifkannya cukup mudah tinggal tekan tombol Windows Key + I pada keyboard kemudian pilih menu System, selanjutnya pilih Power & Sleep >> Additional power setting dan Power Option >> pilih “Choose what the power buttens do “ >> klik Change setting that are currently unavailable >> aktifkan opsi Hibernate

Itulah beberapa trik dan cara mudah yang cukup praktis untuk dilakukan pada laptop dengan kualitas acer one 10 atau spesifikasi laptop apapun agar selalu lancar dan tetap responsive. Pastikan kamu menerapkan beberapa trik dan cara diatas agar laptop yang kamu miliki tidak lagi mengalami performa yang buruk.

1 Comment

  • Tips Menghemat Daya Baterai Gadget dan Laptop:

    […] maksimal untuk pengisian daya baterai tablet android dan laptop itu hanya 2 kali dalam sehari untuk mencegah laptop cepat lemot. Jika lebih, baterainya bisa rusak dan harga belinya cukup mahal. Sadar akan hal ini serta […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top