Tips Bandingkan Asuransi Mobil Online

Bingung Bandingkan Asuransi Mobil? Simak Tips Berikut!

By: Hafif

Begitu banyak produk asuransi yang kini ditawarkan via website, mulai produk asuransi untuk perlindungan jiwa dan kesehatan hingga asuransi mobil all risk.  Dengan adanya hal ini, Anda tentu akan menjadi lebih mudah mencari produk asuransi yang diinginkan. Kebiasaan calon pembeli tentu akan mencari informasi dan review mengenai produk asuransi yang akan dibeli. Meskipun demikian Anda harus tetap hati-hati karena banyaknya informasi yang disampaikan via website atau blog-blog mengenai sebuah produk asuransi bisa saja keliru.

Tips Bandingkan Asuransi Mobil OnlineBicara mengenai produk asuransi untuk mobil ataupun kendaraan lain, Anda harus tepat ketika memilih. Jangan sampai salah yah ketika membeli, karena ini Anda merasa tertipu atau justru malah merugi. Padahal Anda membeli produk asuransi mobil ini berdasarkan informasi dan suggestion di website tertentu. Maka dari itu, menjadi hal yang sangat penting untuk berlaku cermat dan jeli mencari informasi mengenai perbandingan produk asuransi secara online melalui sebuah website. Jika masih bingung, ini ada beberapa tips bandingkan produk asuransi mobil via online yang bisa Anda terapkan:

  • Cari tahu dan pelajari seputar asuransi mobil

Pertama dan paling penting sebelum Anda membandingkan asuransi mobil A dan B adalah Anda harus cari tahu plus telusuri informasi sebanyak-banyaknya tentang produk asuransi untuk mobil. Mulai dari jenis-jenis asuransi mobil dan semua ketentuannya, baru Anda mulai bandingkan. Saat ini produk asuransi mobil ataupun produk asuransi lainnya bisa diperoleh melalui website resmi atau melalui situs aggregator yang di Indonesia banyak berkembang.

Kini semua perusahaan asuransi dan situs aggregator mulai aware untuk memberikan informasi dan tips seputar asuransi yang akan mudahkan calon pembeli bisa memahami lebih lengkap tidak sekedar jualan saja.

  • Kondisi mobil sebenarnya Anda jelaskan dengan rinci dan jujur

Ketika berbicara dengan setiap agen asuransi baik A dan B, maka ceritakan kondisi mobil Anda secara rinci dan jujur yah. Sehingga si agen akan lebih mudah menjelaskan berapa besar premi yang akan Anda keluarkan nanti. Tapi terkadang, sering kali ada beberapa oknum yang justru menceritakan tentang kondisi mobil tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya. Padahal ketika membandingkan asuransi mobil, kondisi dan umur kendaraan mobil jadi faktor yang sangat penting.

  • Sesuaikan dengan kondisi finansial Anda

Tidak kalah penting dari dua poin di atas, menyesuaikan dengan kondisi finansial Anda sekarang juga faktor penting ketika sedang melakukan perbandingan.  Sudah jadi hal yang lumrah di Indonesia ketika ingin membeli sebuah produk atau jasa, si pembeli akan menanyakan harganya terlebih dahulu sebelum memutuskan jadi atau tidaknya. Begitu pula ketika membandingkan dua produk asuransi mobil, hal pertama yang ditanyakan adalah langsung berapa besar preminya.

Oleh karena itu, dalam membandingkan kedua jenis produk asuransi mobil perlu diperhatikan bahwa baik asuransi mobil all risk atau total loss only (TLO) tentu besar premi yang akan dikeluarkan jelas berbeda. Jadi, sebaiknya Anda sesuaikan dengan kemampuan financial Anda!

  • Cek juga peraturan dan juga proses klaim

Selain biaya premi yang harus diperhitungkan, banyak nasabah asuransi justru mengabaikan berbagai cara proses klaim asuransi mobil karena dianggap bukan hal penting. Padahal ketika terjadi sesuatu, Anda akan kerepotan dalam memenuhi semua peraturan hingga persyaratan yang harus dipenuhi pada saat akan ajukan klaim. Jadi, lebih baik mana neh, baca semua peraturan dan tata cara proses klaim di awal atau di belakang?

Yuks ah, mulai jadi konsumen yang cermat, cerdas, dan lebih teliti! Semoga bermanfaat yah -apuy-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top