Cara Mudah Membersihkan Karpet Permadani

Cara Mudah Membersihkan Karpet Permadani

By: Hafif

Hingga kini, karpet permadani memang masih banyak digunakan untuk lantai hunian. Selain memiliki desain yang sangat menawan, karpet satu ini pun dibuat dengan tekstur yang sangat lembut sekaligus tebal sehingga apabila dijadikan sebagai alas untuk tidur tidak akan membuat tubuh merasa kesakitan. Meskipun demikian, sayangnya karena tekstur yang dimilikinya ini membuat karpet pun terkadang sangat sulit untuk dibersihkan. Tentu, ini tidak akan sama dengan cara pembersihan jika menggunakan karpet futsal yang terbuat dari rumput sintesis.

Oleh sebab itu, yuks ikuti cara mudah membersihkan karpet permadani yang kami rekomendasikan di bawah ini, adapun beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan bahan yang diperlukan.

Sebelum melakukan proses pembersihan di karpet permadani, baiknya terlebih dahulu siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, seperti;

  • Air
  • Kain lap
  • Spons
  • Baking soda
  1. Tahap pembersihan karpet permadani.

Setelah menyiapkan segala bahan yang diperlukan untuk membersihkan karpet, maka sekarang kita masuk ke tahap pembersihan, diantaranya:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengambil karpet yang masih tersimpan di dalam ruangan dan langsung membawanya keluar ruangan atau halaman depan rumah.
  • Setelah itu, bentangkan karpet di halaman sembari diberi baking soda dan jangan lupa mendiamkannya selama lima menit.
  • Selanjutnya, ambil air bersih lalu semprotkan ke karpet yang sudah diberi baking soda. Ratakan air tersebut hingga benar-benar tercampur dengan bubuk baking soda.
  • Jika ini sudah dikerjakan, maka langkah berikutnya ialah Anda tinggal membersihkan campuran ini menggunakan kain lap.
  • Lalu, langsung sikat karpet permadani tersebut dengan penyikat. Lakukan cara ini hingga kotorang yang menempel di karpet hilang dengan sempurna.
  • Kemudian, keringkan karpet di bawah sinar matahari selama beberapa jam. Sedikit saran, jangan melakukan cara ini bila cuaca di luar ruangan tidak memungkinkan untuk mengeringkan karpet. Sebab, dapat memunculkan bau lembab pada karpet.

Biasanya, cara ini dilakukan untuk karpet yang kejatuhan teh, kopi, soda, snack, ketumpahan kuah makanan, dan sebagainya. Namun, apabila karpet dipenuhi dengan bulu-bulu binatang, bisa membersihkannya dengan bantuan vacuum cleaner. Semoga membantu! –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top