Vacuum Cleaner untuk Industri

Cara Mudah Memperbaiki Vacuum Cleaner Sendiri

By: Hafif

Selain sebagai peralatan rumah tangga, vacuum cleaner juga bisa dikatakan sebagai salah satu alat industri yang banyak dibutuhkan semua jenis industri. Jadi jangan berpikir bawah alat industri hanya fokus pada alat-alat besar yang digunakan untuk menghasilkan sesuatu. Sekarang sudah banyak jenis industri yang ada sehingga alat yang digunakan berbeda. Jadi bisa dibilang vacuum cleaner yang digunakan akan berbeda jenisnya disetiap industri karena penyesuaian kebutuhan.  Namun secara general, semua jenis vacuum cleaner memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai alat penghisap debu atau kotoran yang tidak bisa dijangkau oleh alat pembersih lainnya.

Vacuum Cleaner untuk IndustriSebagai perangkat elektronik, tentu setiap jenis akan ada masa berlakunya dan terkadang terjadi kerusakan. Wajar, karena pemakaian secara terus menerus namun tidak dilakukan perawatan rutin maka vacuum cleanerpun akan mengalami masalah dan pada akhirnya tidak bisa digunakan kembali.

Biasanya masalah yang sering dikeluhkan adalah penyedot debu pada vacuum cleaner berkurang daya sedotnya dikarenakan kantung dan filter yang ada pada penyedot tersebut tersumbat oleh debu atau kotoran yang dihisapnya. Maka ini bisa mengakibatkan aliran udara untuk menghisap akan semakin berkurang sehingga menyebabkan daya hisap dan jika dibiarkan dapat membuat vacuum menjadi rusak.

Nah, jika sudah terjadi seperti itu jangan buru-buru dibawa ke tempat service atau langsung dibuang. Karena pada dasarnya masalah tersebut bisa loh Anda perbaiki sendiri, namun sebaiknya Anda mencari jenis kerusakan sebelum memperbaikinya. Mulai dengan memeriksa, apakah vacuum mati total, daya hisapnya kurang, suaranya berisik atau jenis kerusakan lainnya. Jika sudah dan ketahuan jenis kerusakannya, berikut ini beberapa cara untuk memperbaiki vacuum cleaner yang bermasalah.

  • Periksa semua bagian dari vacuum yang berkaitan dengan kelistrikan, mulai dari kabel, saklar dan sekringnya. Cek dengan tespen apakah masih ada daya listrik dibagian-bagian tersebut. Jika memang, ada yang bermasalah dan ternyata mati segera ganti bagian yang rusak dengan yang baru.
  • Cek juga kondisi mesin vacuum cleaner Anda, apakah masih bisa berfungsi dengan baik atau justru sudah rusak. Untuk mesin yang bermasalah, akan lebih baik langsung membawanya ke service center untuk dicek dan langsung diperbaiki oleh teknisi yang berpengalaman.
  • Cek kondisi terakhir vacuum khususnya seperti selang penghisap debu, filter, hingga tabung air jika ada. Periksa juga kondisi fisik dari kesemua bagian tersebut, cek apakah ada yang sudah pecah atau memang sudah rusak. Contohnya selang atau stick vacuum cleaner yang berlubang, ini tentu akan bisa membuat daya hisap vacuum menjadi berkurang.
  • Jika memang kondisinya hanya kotor, maka segera bersihkan dan cuci menggunakan air bersih. Namun tidak semua loh bisa dibersihkan dengan air, hanya tabung, filter, selang untuk menjaga kebersihan vacuum tetap terjaga. Pastikan juga bagian-bagian yang telah dicuci itu benar-benar kering sebelum kembali dipasang.

Semoga bermanfaat! –Hafif

4 Comments

  • tina:

    Apa saringan yg ada di tabung vacuum cleaner bisa di cuci
    Mohon penjelasan
    Terima kasih

    • Hafif:

      Haii Mba Tina, terima kasih yah untuk komentarnya
      Seharusnya bisa dibersihkan Mba. Maksud mencuci pada artikel tersebut adalah membersihkan/mengosongkan kotoran yang ada pada tabung tersebut, termasuk saringan yang ada di dalamnya. Setiap tabung vacuum cleaner ada maksimum volume (sampah yang disedot), sehingga butuh dibersihkan minimal jika sudah terisi 1/3 dari volume tersebut.
      Untuk mencucinya, pastikan Mba Tina bisa mengecek buku panduan (manual book) untuk mencari apakah tabung vacuum cleaner yang Mba miliki bisa dicuci atau tidak.

      Semoga ini menjawab pertanyaan Mba Tina yah

      Terima Kasih

      • Adit:

        Saya punya vakum masalahnya nyala lampu nya tpi g bisa hisap .. tolong penjelasan nya ya

        • Hafif:

          Haii Mas Adit, makasih yah Mas buat komentarnya
          Jika untuk masalah kelistrikannya segera hubungi service center terdekat untuk dicek lebih lanjut dan diberikan solusi oleh pihak teknisi.
          Semoga bisa menjawab yah Mas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top