Dampak Positif dan Negatif Sebuah Penghargaan Bagi Murid

Dampak Positif dan Negatif Sebuah Penghargaan Bagi Murid

By: Kartono

Memberikan sebuah penghargaan kepada murid di sekolah akan berdampak pada si murid. Si murid tentunya akan berbangga diri dan senang ketika dirinya diberi penghargaan kecil oleh Ibu maupun Bapak Guru di Sekolah. Dan juga akan memberikan dampak yang sangat banyak pada murid-murid lainnya. Biasanya dengan memberikan penghargaan kepada satu orang murid di kelas, murid yang lain pasti akan mencontoh hal yang dilakukan oleh murid yang menerima penghargaan dari Ibu maupun Bapak Guru.

Misalnya salah seorang murid kelas satu yang baru masuk sekolah sangat pintar sekali membaca, ketika disuruh membaca di depan kelas oleh Ibu maupun Bapak Guru si murid tidak pernah salah dan membacanya juga lancar sekali, Ibu maupun Bapak Guru tentunya sangat bangga dengan si murid dan memberikan penghargaan berupa pujian kepada si murid. Hal ini tentunya membuat murid lainnya ingin juga mendapatkan pujian dari Ibu maupun Bapak Guru, sehingga murid lainnya akan giat membaca di rumah.

Orang tua yang anaknya rajin membaca buku di rumah, pastinya akan senang sekali dan biasanya akan memberi tahu hal itu kepada Ibu maupun Bapak Guru anaknya. Si Ibu maupun Bapak Guru pun akan sangat bangga dengan perbuatan muridnya dan akan memberikan penghargaan pula pada si murid tersebut. Ketika Ibu maupun Bapak Guru bertanya pada murid-muridnya “seberapa penting sebuah penghargaan bagi kamu?” Anak-anak muridnya akan menjawab “penting sekali Bu Pak”. Meskipun murid kelas satu belum tentu apa arti dari penghargaan, akan tetapi ketika si murid mendapatkan pujian hal itu merupakan sebuah penghargaan baginya.

Dampak Positif dan Negatif Sebuah Penghargaan Bagi Murid

Penghargaan berupa pujian yang diberikan oleh Ibu maupun Bapak Guru juga akan menimbulkan dampak positif dan negatif kepada murid-muridnya. Berikut dampak positif dan negatif:

Dampak Positif Penghargaan Bagi Siswa

  • Meningkatkan Motivasi. Apabila seorang murid diberi penghargaan oleh Ibu maupun Bapak Guru di kelas, pastinya akan memberi motivasi kepada murid lainnya juga. Murid yang lainnya akan termotivasi pula untuk mendapatkan penghargaan dari Ibu maupun Bapak Gurunya.
  • Memperbaiki Prestasi. Dengan memberikan penghargaan berupa piala ketika si murid berprestasi di Sekolah, maka akan memotivasi murid lainnya untuk berprestasi pula. Murid lainnya akan semakin semangat belajar di rumah.
  • Berbuat Lebih Baik. Ketika seorang murid diberi penghargaan oleh Ibu maupun Bapak Guru di Sekolah dikarenakan murid tersebut tidak pernah telat datang Sekolah, selalu menaati aturan Sekolah, hal ini akan memberi motivasi pula pada murid lainnya untuk berbuat hal yang sama.

Dampak Negatif Penghargaan Bagi Siswa

  • Takut Mengecewakan Orang Tua. Jika seorang murid yang sering mendapatkan penghargaan dari Ibu maupun Bapak Guru mereka, tiba-tiba tidak mendapatkan penghargaan? Sudah pasti si murid akan down dikarenakan dia takut orang tuanya kecewa padanya.
  • Membebani Murid Lainnya. Memang memberikan penghargaan kepada murid akan sangat memotivasi murid lain, akan tetapi terkadang memberi penghargaan kepada salah seorang murid juga akan membebani murid lainnya. Murid lainnya merasa dia tidak akan pernah mendapatkan penghargaan dari Ibu maupun Bapak Gurunya dikarenakan tidak pintar.
  • Membuat Murid Lainnya Iri. Terkadang dengan memberikan penghargaan pada seorang murid akan membuat lainnya iri. Si murid akan berjuang juga melakukan hal yang sama dengan temannya dan ada juga yang menyogok guru.

Artikel ini dibuat untuk memenuhi salah satu syarat agar memenangkan voucher belanja sodexo yang disediakan oleh merchant sodexo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top