OnHub, WiFi Router dengan 13 Antena dari Google

Google Umumkan WiFi Router dengan 13 Antena

By: Hafif

Internet kantor Anda lemot? Mungkin perangkat WiFi Router dengan jumlah kabel antena 13 buah bisa jadi alternatif untuk mempercepat akses internet di kantor. Gak percaya? Bingung dan aneh yah dengernya bukan, tapi beneran loh! Yap, Google secara resmi merilis perangkat internet yakni WiFi Router dengan 13 antena pemancar. Perangkat WiFi router diberi nama OnHub, di mana Google bekerjasama dengan TP-Link.

OnHub dibuat dengan desain fisik melingkar yang dilengkapi dengan 13 antena. Meskipun demikian, 13 antena  tersebut memiliki frekuensi yang sama. Sebanyak 6 antena dengan frekuensi 5 GHz, 6 buah antena memiliki frekuensi 2,4 GHz”, dan 1 antena yang disebut “congestion-sensing”. Antena yang ke-13 ini dimanfaatkan untuk smartphone ataupun tablet si pengguna tetap bisa kebagian sinyal jaringan internet luas akses internet cepat dari router.

OnHub, WiFi Router dengan 13 Antena dari Google

WiFi Router mudah ini sang diklaim oleh Google bukan perangkat WiFi Router biasa karena menurut Google ini adalah perangkat IT yang “anti-ribet”. Bahkan Google menuturkan bahwa perangkat ini mudah diatur oleh semua kalangan termasuk kalangan awam sekalipun. Google pun menginformasikan bahwa pengaturan perangkat ini bisa dilakukan pada aplikasi yang langsung terkoneksi di smartphone. Aplikasinya bernama “Google On” yang nantinya bisa didownload pada iOS dan Android play store. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, penggunakan akan jadi lebih mudah mengoperasikan WiFi Router OnHub. Canggih bukan?

Apabila WiFi Router dari Google OnHub dihubungkan ke perangat lain, nantinya WiFi Router OnHub secara otomatis mengeluarkan bunyi dari speaker built-in dalam perangkat WiFi Router tersebut. Dengan demikian, si pengguna akan bisa mengatur secara langsung menggunakan aplikasi Google On. Selain itu, si pengguna juga akan diberikan keleluasaan untuk mengatur perangkat mana yang bisa akses internet mengunakan jaringan WiFi router tersebut. Bahkan canggihnya, pengguna juga bisa langsung atur kecepatan untuk akses internet setiap perangkat yang terhubung.

Aplikasi Google On juga memberikan informasi secara update tentang performa jaringan internet yang diakses. Bahkan tipspun akan diberikan sehingga membantu mempercepat kecepatan dalam mengakses internet. Berdasarkan informasi dari portal informasi Geek.com dan Kompas Tekno, perangkat WiFi Router ini dilengkapi dengan prosesor 1,4 GHz dual-core dengan speed mencapai 1.900 megabit per detik.

Kelengkapan lain yang akan diberikan dalam paket pembelian WiFi Router OnHub ini port ethernet dan satu port USB 3.0 (yang bisa digunakan untuk sistem berbagi file sederhana). OnHub rencannya akan dijual dengan harga 199 dollar AS atau sekitar Rp 2,7 juta dan pemesanannya bisa dilakukan menggunakan Google Play Store. Namun sayangnya untuk sementara layanan penjualan perangkat WiFi Router ini baru di Amerika Serikat. Kabar lainnya, dalam waktu dekat Google juga akan melakukan kerja sama untuk produk WiFi router lainnya.

Berminat punya satu di rumah atau di kantor? Harap bersabar yah! Semoga produk canggih ini bisa masuk ke pasaran Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top