Yoga

Ingin Memiliki Perut Rata Maksimal? Gunakan Pose Yoga Ini

By: Hafif

Hampir semua wanita mendambakan memiliki perut rata tanpa lemak. Penampilan sempurna dari ujung kepala hingga kaki adalah sebuah kewajiban bgai wanita. Namun untuk mendapatkan tubuh ideal memang tidak mudah, terlebih jika kita tidak berolahraga. Padahal salah satu cara paling praktis untuk mendapatkan tubuh cantik dan ideal adalah dengan olahraga. Nah jika kamu bukan tipe orang yang suka berolahraga dan latihan di tempat gym, mungkin yoga bisa kamu jadikan sebagai olahraga pilihan.

Karena menurut para ahli yoga profesional, ada beberapa pose yoga yang bisa membantu kamu untuk memiliki perut rata. Meski olahraga yoga tidak mengharuskan tubuh untuk bergerak secara intens dan keras, namun olahraga ini terbukti dapat membakar banyak kalori. Nah bagi kamu yang ingin mendapatkan perut rata lewat olahraga yoga, berikut ini beberapa pose yoga yang bisa kamu lakukan.

  • Pose Side Plank

YogaPose yoga yang satu ini bisa dibilang sederhana dan memiliki banyak manfaat. Cara melakukan pose side plank adalah dengan berbaring miring dengan kedua kaki sejajar, sambil menstabilkan lengan di samping untuk menopang tubuh. Pastikan tubuh terangkat ke atas dengan lurus dan tahan pose ini selama 60 detik. Untuk pemula yang merasa kesulitan, kamu bisa melakukan hal ini perlahan dengan mengganti sisi tubuh secara berulang. Pose side plank sangat baik untuk mengencangkan otot pada bagian perut dan juga membuat lengan lebih kencang.

  • Pose Boat

Pose kedua ini memang sedikit menantang, namun efeknya sangat baik terutama pada bagian perut dan betis. Kamu harus meraih ujung kaki dan menahannya dengan bentuk V. Tahan posisi tubuh ini selama 60 detik secara bertahap. Jika memang sulit kamu bisa meletakkan kaki di lantai dengan posisi tangan meraih ujung kaki hingga wajah dapat mencium lutut. Meski sedikit sulit, namun jika dilakukan secara bertahap kamu bisa merasakan hasilnya. Selain membakar lemak dalam perut, gerakan ini juga mampu membuat betismu lebih cantik.

  • Pose Warior Lunge Twist

Bila kamu sudah bisa melakukan dua pose diatas, sudah pasti kamu juga bisa melakukan pose berikutnya yakni pose warrior lunga twist. Di pose ini kamu cukup berdiri dengan kedua tangan menyatu di depan dada. Kemudian dengan gerakan menekuk lutut ke depan, kamu harus membungkukkan badan hingga menempel pada lutut. Putar sedikit bagian tubuh hingga seperti menengok ke belakang, dan jaga posisi punggung tetap lurus. Kamu bisa menahan pose ini selama 10 kali nafas. Efek dari pose ini dapat membuat perut lebih rata dan sekaligus mengecilkan bagian paha.

  • Pose V Terbalik

Untuk melakukan pose V terbalik, kamu bisa mencobanya dengan berdiri tegak sambil membawa tubuh perlahan ke bawah hingga menyatu pada jari kaki. Kemudian secara perlahan gerakkan tubuh ke depan sambil menopang tubuh dengan tangan hingga maksimal. Tahan posisi ini selama 30 – 60 detik dan kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan ini secara perlahan untuk melancarkan peredaran darah ke otak.

Manfaat Yoga Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Selain berguna untuk mengecilkan perut serta membentuk tubuh lebih ideal, ada juga manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari olahraga yoga, antara lain:

  • Mengembangkan Emosi Positif

Penjelasannya adalah ketika kamu melakukan yoga, maka kamu akan dilatih untuk bisa mengontrol emosi negatif. Kemudian setelah kamu berhasil mengontrol emosi negatif, maka emosi positif pun akan mulai bermunculan dalam diri kamu. Ketenangan, kebahagiaan, serta senyum akan memenuhi seluruh tubuh ketika kamu melakukan yoga. Oleh sebab itu tak heran jika yoga dijadikan sebagai obat stres oleh banyak orang.

  • Menyehatkan Kulit

Dengan melakukan gerakan yoga, maka racun pada tubuh akan didetoksifikasi melalui kulit, sehingga kulit akan terasa lebih sehat dan halus. Selain mengencangkan otot, gerakan yoga juga menstimulasi sel kulit agar tetap lentur dan menjaga keawetan kulit serta wajah.

  • Meningkatkan Kerja Jantung

Olahraga yoga juga bisa dibilang salah satu jenis olahraga cardio. Hal ini disebabkan karena jenis olahraga ini menuntut kerja jantung yang optimal. Oleh sebab itu, gerakan pada yoga tidak hanya menenangkan pikiran, tetapi juga melatih kesehatan jantung agar lebih baik.

  • Meningkatkan Fungsi Pernapasan

Selain mengoptimalkan kerja jantung, yoga juga terbukti dapat mengoptimalkan kerja paru – paru. Teknik pernapasan dan relaksasi pada olahraga yoga dapat membantu melancarkan sistem pernapasan. Jadi untuk mendapatkan paru-paru yang sehat, tidak hanya dapat dilakukan lewat olahraga renang loh.

Sebenarnya banyak sekali manfaat dari olahraga yoga ini. Tidak hanya untuk membentuk tubuh agar lebih indah saja, yoga juga menjadi sarana untuk melatih berbagai kesehatan pada organ tubuh kita. Jadi sudah jelas meski kamu tidak suka berolahraga lain, kamu bisa menerapkan yoga untuk mengurangi tingkat stress dan menjadikan tubuh lebih sehat. Selain itu mengkonsumsi produk susu diet terpercaya juga bisa dijadikan pilihan untuk menjalani dietmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top