Ini Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Hamil

Ini Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Hamil

Saat periode awal kehamilan, Ibu pastinya mempersiapkan diri dengan mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil muda. Terlebih jika Ibu tetap aktif bekerja meski sedang hamil. Tentunya, ada banyak sekali makanan yang harus disiapkan dan harus dimasukkan dalam konsumsi menu harian agar kehamilan tetap sehat. Namun demikian, di samping itu ternyata ada pula beberapa makanan yang sebaiknya ibu hindari agar kehamilan tetap terjaga. Nah, apa saja ya makanannya? Simak daftar lengkapnya:

  1. Hati sapi. Ketika sedang hamil sebaiknya hindari mengonsumsi hati sapi. Memang sih, hati sapi banyak direkomendasikan untuk dikonsumsi karena mengandung zat besi yang bisa membantu meningkatkan sel darah merah. Hanya saja, hati sapi ini bisa mengandung cacing yang dikhawatirkan bisa membahayakan kesehatan kandungan.
  2. Daging olahan. Untuk para ibu hamil yang juga merangkap sebagai wanita karir, mengonsumsi makanan olahan seperti sosis, nugget, bakso, tempura, kornet, dan lain sebagainya merupakan suatu kebiasaan. Pasalnya, makanan-makanan ini sangatlah simpel dan efisien sehingga sangat mudah untuk dimasak dan bisa menjadi penyelamat saat sedang terburu-buru. Hanya saja, tahukah kalian kalau makanan seperti ini mengandung pengawet? Pengawet ini tidak bagus untuk perkembangan janin sehingga disarankan untuk mengurangi konsumsinya.
  3. Sayuran mentah. Sayuran mentah yang diolah menjadi salad juga tidak disarankan untuk dikonsumsi. Sebab dikhawatirkan sayuran mentah ini mengandung bakteri dan kotoran yang bisa membahayakan keadaan janin. Selalu masak sayuran yang hendak dimasak dan cuci hingga bersih agar kualitasnya tetap terjaga.
  4. Jus buah dalam kemasan. Ibu mungkin sering membaca di internet bahwa jus merupakan sesuatu yang bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Hanya saja, patut diperhatikan bahwa jus yang dimaksud di sini adalah jus buah segar yang diolah tanpa pemanis buatan. Hindari mengonsumsi jus dalam kemasan karena biasanya sudah dilengkapi dengan pengawet dan pemanis buatan.
  5. Ikan yang mengandung merkuri. Beberapa jenis ikan sebaiknya dihindari ketika sedang hamil. Ikan-ikan tersebut adalah tuna, salmon, dan juga iklan kalengan. Memang sih ikan mengandung banyak protein yang bagus untuk kehamilan Ibu. Oleh sebab itu, pilihlah ikan yang tidak bermerkuri ya.

Itu dia beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat sedang hamil. Semoga membantu ya, Bu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *