Google Data Centers

Inilah Tempat Google Menyimpan Seluruh Datanya!

By: Hafif

Seberapa sering sih kalian menggunakan mesin pencari data alias Google setiap harinya? Tahukah kalian bagaimana cara kerja Google dan di mana pusat data yang terkandung di dalam mesin pencari tersebut? Apakah pusat datanya berada di gedung Data Center Jakarta? Hmm, jangan buru-buru berasumsi! Yuk, ikut jalan-jalan bersama kami ke tempat penyimpanan data Google!

Google Data Centers

Selama ini, banyak yang bertanya-tanya bagaimana Google mengoperasikan website-nya dan bagaimana caranya mentransfer informasi kepada kita dalam hitungan detik. Sudah bukan menjadi rahasia umum, kan, kalau kita selalu ‘pergi’ ke Google jika ingin mengetahui informasi ? Hehehe. Nah, melalui web http://www.google.com/about/datacenters/, Google mencoba menjawab dan mengajak kalian untuk melihat langsung Pabrik Google.

Pabrik Google yang bernama Google Data Centers dibangun di beberapa kota besar di dunia. Ada yang di Amerika, Finlandia, Belgia, Hongkong, Taiwan, juga Singapura. Salah satu pabrik yang terdapat di website tersebut adalah adalah Google Data Centers yang berada di Iowa.

Campus Network Room - Google Data Centers

Kalian bisa menebak ini ruangan apa? Sudah terpukau dengan barisan warna dalam foto tersebut? Halo, selamat datang di Campus Network Room! Di ruangan ini, kalian akan dimanjakan dengan warna-warna keren di dalam tabung. Tabung tersebut merupakan sebuah fiber optic yang bekerja dengan kecepatan 200.000 kali lebih cepat dibandingkan koneksi internet kalian di rumah! Kalian bisa bayangkan nggak seperti apa kecepatannya?

Back Up Data - Google Data Centers

Nah, di sini nih tempat Google menyimpan seluruh back up data. Ada yang bisa menghitung berapa banyak jumlah data yang tersimpan di tempat ini? Wah, sepintas kita jadi teringat dengan film Matrix, ya, saat melihat foto di atas!

Ruangan LED - Google Data Centers

Tibalah kita pada ruangan berikutnya. Ini adalah ruangan LED. Tahukah kalian mengapa lampu LED ini berwarna biru dan bukannya berwarna merah, kuning, atau bahkan hijau? LED yang berwarna biru merupakan sebuah kode yang mengindikasikan bahwa semua yang sedang beroperasi berjalan lancar. Tentu saja jika lampu LED berubah warna, itu artinya ada sesuatu yang tidak beres.

Kabel di Google Data Centers

Kalian tentu hapal dong dengan warna-warna yang digunakan dalam logo Google? Yap, biru, merah, kuning, dan hijau. Tahukah kamu kalau warna-warna tersebut banyak digunakan dalam Google Data Centers? Bahkan sampai kabelnya pun terdiri dari keempat warna itu! Eits, jangan salah. Setiap warna kabel ini memiliki arti tersendiri loh. Warna-warna ini membantu setiap teknisi yang sedang bekerja sehingga mereka bisa dengan mudah mengoperasikannya.

Gimana? Asik kan jalan-jalan ke Google Data Centers? Ada yang bercita-cita untuk bekerja di sana? Kami tunggu komentarnya, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top