Jangan Asal Saat Memilih Laboratorium Klinik

Jangan Asal Saat Memilih Laboratorium Klinik

Saat ini sudah banyak Laboraturium Klinik Terbaik yang menyediakan fasilitas pemeriksaan kesehatan dengan paket beragam yang bisa diplih. Perbedaan setiap paket ini biasanya didasarkan pada jenis pemeriksaannya. Semakin lengkap pemeriksaan yang dilakukan, maka tarif yang diberikan akan semakin tinggi pula.

Akan tetapi terkadang ada beberapa laboratorium yang menawarkan tarif pemeriksaan jauh lebih murah dibandingkan dengan lab lain. Hal inilah yang terkadang membuat konsumen merasa bingung harus memilih yang mana. Nah, jika Anda saat ini sedang mengalami masalah ini, jangan langsung mengambil keputusan hanya dengan melihat satu sisi saja. Sebab sebenarnya ada beberapa hal yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan sebelum memilih sebuah lab, di antaranya:

  1. Lokasi

Pertama, cobalah untuk mencari laboraturium yang berada di sekitar Anda. Sebab hasil pemeriksaan ini tidak akan selesai di hari yang sama. Sehingga akan lebih mudah jika Anda melakukan pemeriksaan di lab yang berada di sekitar Anda. Namun jika tidak ada, Anda bisa mencari laboraturium dengan akses termudah untuk dijangkau. Jadi meskipun lokasinya jauh, Anda tidak akan mengalami kesulitan.

  1. Sertifikasi

Pastikan bahwa laboraturium yang dipilih telah bersertifikasi. Akan lebih baik lagi jika lab yang dipilih pernah memenangkan penghargaan atau setidaknya sudah terkenal memiliki kualitas yang baik dan hasil yang akurat.

  1. Kelengkapan

Tidak semua lab memiliki alat yang cukup lengkap. Biasanya mereka akan mengajak kerjasama dengan lab lain atau rumah sakit untuk memenuhi kebutuhan pemeriksaan konsumennya jika mereka tidak memiliki alat yang dibutuhkan. Jika Anda tidak merasa masalah, maka kelengkapan bukan menjadi masalah yang harus Anda pertimbangkan. Namun jika Anda adalah orang yang ingin praktis, maka pilihlah lab dengan alat yang cukup lengkap.

  1. Paket

Perhatikan paket yang ditawarkan dan pilihlah paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika lab yang Anda pilih ternyata tidak memiliki jenis pemeriksaan yang Anda butuhkan, maka cobalah untuk mencari lab lain. Sebab setiap lab biasanya memiliki paket yang berbeda di luar paket yang umum.

  1. Tarif

Jangan asal memilih lab yang menawarkan tarif murah. Perhatikan kualitas dari lab tersebut karena tingkat keakuratan hasil pemeriksaan akan memudahkan dokter dalam memberikan analisa penyakit. Jika ada beberapa lab yang menawarkan paket sama dengan tarif berbeda, coba untuk mempertimbangkan apakah perbedaan harga yang ditawarkan masih masuk akal atau tidak. Jika terlalu jauh dari tarif pada umumnya (kecuali tarif promo), maka sebaiknya pertimbangkan ulang memilih lab tersebut.

Jadi, jangan salah yah memilih laboratorium klinik! (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *