Peralatan Masak di Dapur

Jangan Terlena! Ini Dia Peralatan Masak yang Harus Sering Diganti

By: Hafif

Bagi Anda yang senang memasak, peralatan masak di dapur pastinya sudah menjadi teman sehari-hari. Tentunya, selain dekorasi interior ruang dapur yang seolah keluar dari katalog toko furniture Jakarta, ya! Hihi. Ya, Anda menyukai aktivitas memasak, sebesar rasa suka Anda untuk memakannya. Namun demikian, saking asyiknya memasak, jangan sampai Anda terlena dan melupakan sesuatu yang tak kalah penting: mengganti peralatan masak yang sudah tidak layak pakai.

Memang, hal ini agak tricky karena membuat Anda kebingungan mana benda yang harus diganti dan mana yang belum. Namun, jangan sedih! Sebab artikel ini akan membantu Anda. Simak, yuk!

  • Sendok kayu

Saat membelinya, Anda mungkin sengaja memilih sendok kayu karena lebih awet dan juga terlihat bagus ketika dipakai. Kayu tidak menghantarkan panas sehingga dibuat sebagai pengaduk ketika memasak pun tidak apa-apa. Namun demikian, salah besar jika Anda menganggap sendok kayu ini bisa digunakan selamanya.

Peralatan Masak di Dapur

Pasalnya, meski terlihat awet, sendok kayu ini menyimpan banyak bakteri! Jika semakin lama digunakan, warnanya akan mulai memudar, kayunya akan retak, dan bisa menjadi sarang bakteri seperti E. coli. Nggak mau kan bakteri ini masuk ke dalam tubuh Anda? Untuk itu, selalu ganti sendok kayu Anda setiap kali warnanya berubah.

  • Spatula plastik

Ini dia panggilan buat Anda yang suka membuat kue. Pastinya, di dapur Anda ada sebuah spatula plastik  yang selalu dipakai setiap kali mengaduk adonan. Hanya saja, Anda harus berhati-hati, nih. Sebab spatula plastik pun memiliki batasan umur tersendiri dan tidak bisa selamanya digunakan meski terlihat masih bagus.

Spatula plastik dapat meleleh atau tergores ketika sedang digunakan untuk mengaduk sehingga dikhawatirkan bagian plastiknya bisa tercampur ke dalam adonan. Apalagi jika Anda menggunakannya untuk mengaduk adonan yang masih panas. Wah, harus berhati-hati, deh!

  • Pisau

Pertama kali membeli pisau, sudah pasti sangat tajam. Namun ketajaman ini bisa berkurang seiring berjalannya waktu. Untuk memotong pun, rasanya akan sangat sulit sekali. Untuk itu, Anda harus rajin-rajin mengasahnya agar tetap berfungsi secara maksimal.

Jika pisau terasa tajam, maka memotong pun akan lebih nyaman, bukan? Nantinya, jika pisau memang sudah tidak berfungsi lagi, barulah Anda menggantinya dengan yang baru.

  • Panci atau penggorengan anti lengket

Kedua benda ini merupakan sesuatu yang tidak mungkin tidak ada di dapur Anda. Sebab keduanya adalah barang penting yang digunakan untuk memasak. Nah, saking seringnya dipakai, terkadang bagian permukaan panci dan penggorengan ini menjadi mudah tergores dan terlihat bagian dalamnya.

Jika panci dan penggorengan anti lengket Anda sudah seperti ini kondisinya, maka Anda harus menggantinya dengan yang baru. Sebab zat-zat lain yang terkandung dalam lapisan anti lengket ini sudah terkelupas dan bisa tercampur dengan makanan.

Nah, itu dia beberapa peralatan memasak yang harus rajin-rajin diganti. Jadi, jangan malas untuk memeriksa kondisi peralatan di rumah Anda, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top