Keunikan dari Klenteng Sam Po Kong, Harga Tiket Masuk dan Peta Lokasi

Keunikan dari Klenteng Sam Po Kong, Harga Tiket Masuk dan Peta Lokasi

Klenteng Sam Po Kong adalah salah satu tempat ibadah umat kong hu cu yang sangat unik. Tempat ini dulunya bernama GedungBatu sangat dekat dengan kisah Laksamana Zheng. Tempat ini menjadi tempat petilasan pertama kalinya dari laksamana Tiongkok tersebut. Penamaan gedung batu juga karena bentuk bangunan mirip goa berbentuk batu besar yang letaknya pada bukit batu.

Terkait dengan gaya arsitektur klenteng sam po kong yang masih menyadur dengan bangunan China, maka orang Indonesia yang masih keturunan China menganggap bangunan ini adalah kelenteng. Petilasan tersebut berada di bagian barat kota Semarang. Salah satu bukit dari Laksamana Zheng beragama islam yakni dengan adanya penemuan tulisan dimana saat diartikan menjadi marilah kita mengheningkan cipta, dengan mendengarkan bacaan Al Qur’an.

Kini Klenteng Sam Po Kong sudah terkenal hingga ke mancanegara dan telah ditetapak oleh Tiongkok menjadi tujuan wisata yang harus dikunjungi oleh warganya. Uniknya tujuan wisatanya yakni mendapat nuansa budaya islam, bukan seperti budaya tiongkok yang lekat dengan lilin dan dupa. Warga Yunani juga sangat akrab dengan laksamana ini, yang merupakan panglima perang dari Tiongkok warga keturunan Persia yang beragama islam.

Berdasarkan info dari dolanyok.com, Gaya bangunan klenteng Sam po kong terdiri atas beberapa anjungan yatu klenteng besar, gua sam po kong, klenteng thothe kong, dan empat tempat yang digunakan sebagai pemujaan yakni kyai jangkar, kyai juru mudi, kyai tumpeng, dan kyai cundrik bumi. Bangunan klenteng tersebut merupakan bangunan penting dari kegiatan yang berlangsung tersebut. Dalam gua ada mata air yang konon menjadi petilasan yang tidak pernah kering airnya.

Bentuk bangunannya juga mengikuti nuansa Tiongkok dengan bentuk bangunan tunggal yang punya atap susun. Bedanya dengan klenteng pada umumnya yakni, di tempat ini tak ada serambi yang terpisah sebagai bagian pemujaan yang ada pada bagian tengah.

Di tempat ini, Anda bisa mengamati bangunan klenteng dan mempelajari nilai sejarahnya. Selain itu, Anda juga bebas untuk mengambil foto namun tidak pada bagian dalam klenteng. Hal ini agar mereka yang beribadah tidak terganggu dan dapat menjalankan lebih khusuk. Tempat ini bahkan punya denah yang terdapat spot khusus untuk mengambil gambar terbaik dengan kamera.

Anda juga bisa menyewa beberapa pakaian yang punya tampilan khas Tiongkok untuk menunjang hasil fotografi. Jika anda kebetulan belum punya kamera dslr, maka Anda tak perlu khawatir karena banyak jasa fotografi yang tersedia di tempat ini.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Klenteng Sam Po Kong

Jika berada di Kota Semarang, maka Anda bisa mampir ke tempat ibadah ini. Biasanya Anda yang ingin berkunjung ke sana akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar 8.000 Rupiah, dengan tiket tersebut tentunya Anda juga tidak bisa seenaknya sendiri memasuki kuil. Bagi yang menjelajahi lebih jauh, bisa membayar tiket masuk yang lebih dalam yakni 28.000 Rupiah setiap orangnya.

Penasaran dengan jam bukanya? Klenteng tersebut mulai dibuka pada jam 08.00 hingga 22.00 WIB. Ketika tiba di sana, maka Anda bisa melakukan eksplorasi terhadap bangunan ini. Akan lebih indah dan bersinar ketika dilihat pada malam hari.

Peta Lokasi Sam Po Kong

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke klenteng tersebut, maka perlu tau lokasinya lebih dulu. Lokasi dari klenteng tersebut berada di Jalan Simongan No. 29, Bongsari, Kota Semarang, Jawa Tengah. Akesnya terbilang cukup mudah, Anda bisa berkunjung ke tempat ini menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Apabila Anda kesulitan menemukan lokasinya, maka Anda bisa menggunakan bantuan google maps yang ada pada ponsel terkini.

Pernah berkunjung ke Klenteng Sam Po Kong? Ketika berada di sini, Anda akan merasakan keunikan dan sensasinya yang berbeda. Bisa neh untuk dijadikan sebagai tempat hangout sambil belajar kebudayaan China!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *