Laptop Tersiram Air? Atasi dengan 11 Langkah Ini!

Laptop Tersiram Air? Atasi dengan 11 Langkah Ini!

Apakah kamu pernah dibuat panik dengan laptop yang tersiram air? Well, tak heran sih, mengingat laptop yang terkena air bisa menyebabkan kerusakan parah pada mesinnya. Saya pun sempat mengalami hal yang sama, guys. Alhasil, saya harus mengeluarkan anggaran besar untuk membenarkannya ke tukang service laptop. Namun, jangan panik dulu! Setelah saya konsultasikan dengan teman saya yang berprofesi sebagai tukang service laptop, ternyata kerusakan ini bisa kamu atasi sendiri di rumah! Biar tidak penasaran, ikuti 11 langkah sederhana berikut ini, yuk!

Langkah #1
Matikan secara paksa dengan cara menekan tombol daya laptop dan tahan selama beberapa detik. Setelah itu, coba nyalakan kembali. Jika motherboard terkena basah, maka kemungkinan besar laptop kamu akan padam.

Laptop Tersiram Air, Atasi dengan 11 Langkah IniLangkah #2
Jika laptop tersiram air ketika sedang tersambung dengan charger, segera cabut! Jangan sampai listrik rumah jadi korslet karena masalah ini.

Langkah #3
Lap bagian yang basah menggunakan kain kering, khususnya bagian keyboard dan touchpad. Ini akan mengurangi risiko sengatan listrik ketika disentuh.

Langkah #4
Balik dan keluarkan baterai laptop jika memungkinkan. Umumnya, belakang laptop bisa kamu bukan dengan menggeser panel bagian bawah laptop. Namun, untuk produk keluaran Apple, biasanya kamu harus membuka sekrup yang ada di bagian belakang laptop.

Langkah #5
Lepas segala perangkat keras dan hapus data secara online. Jika kamu belum tahu caranya, coba baca buku manual laptopmu dan cari tahu cara penggantian perangkat keras dan penghapusan data secara online. Perangkat keras yang dimaksud antara lain perangkat USB, Memory Card, Touch Pad, Batery, dan RAM. Namun, jika kamu kurang mengerti soal mesin laptop, sebaiknya pertimbangkan untuk menggunakan layanan perbaikan laptop profesional, ya!

Langkah #6
Pastikan kamu menggunakan sandal karet sebelum menyentuh mesin internal laptop, ya. Perlu kamu mengerti, sandal karet dapat membunuh aliran listrik. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari sengatan aliran listrik ketika menyentuh RAM atau hard drive laptop.

Langkah #7
Lepas segala perangkat keras dan hapus data secara online. Jika kamu belum tahu caranya, coba baca buku manual laptopmu dan cari tahu cara penggantian perangkat keras dan penghapusan data secara online. Namun, jika kamu kurang mengerti soal mesin laptop, sebaiknya pertimbangkan untuk menggunakan layanan perbaikan laptop profesional, ya!

Langkah #8
Lap perangkat keras yang sudah kamu lepaskan dari laptop secara lembut menggunakan kain microfiber. Cara ini bisa mempercepat proses pengeringan mesin laptop.

Langkah #9
Pastikan perangkat lainnya yang tidak terkena basah dalam keadaan bersih. Ini bisa kamu lakukan dengan membersihkannya menggunakan kain microfiber.

Langkah #10
Letakan handuk di permukaan datar. Buka laptop yang basah dan taruh menghadap ke bawah atau membentuk tenda di atas handuk selama kurang lebih satu hari penuh. Pastikan kamu memilih tempat yang hangat dan tidak lembab, ya.  Perlu dicatat bahwa mempercepat proses pengeringan menggunakan hair dryer sangatlah dilarang, ya! Hal ini bisa membuat laptop kamu menjadi overheat dan semakin rusak.

Langkah #11
Setelah itu, pasang kembali perangkat keras dan tutup kembali laptop seperti semula. Coba nyalakan. Jika laptop masih tidak dapat menyala atau graphic card terlihat rusak, maka kamu membutuhkan bantuan profesional di tempat service laptop.

Itu dia 11 langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi laptop tersiram air. Terlepas dari cara di atas, perlu diingat bahwa jasa profesional sangatlah disarankan. Terlebih untuk kamu yang kurang mengerti soal mesin laptop. Namun, jika kamu memiliki pengetahuan dasar soal mesin laptop, jangan ragu untuk coba lakukan cara di atas. Semoga artikel ini membantu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *