Mempersiapkan Dana Pernikahan

Mempersiapkan Dana Pernikahan

By: Hafif

Pernikahan merupakan salah satu impian terbesar setiap pasangan di dunia. Apalagi penikahannya digelar dengan mewah dan penuh suka cita hingga para tamu undangan berdecak kagum, bikin iri! Tapi, pernikahan ala negeri dongeng tidaklah murah. Dibutuhkan uang yang sangat banyak untuk mewujudkannya, karena di dunia ini tidak ada yang gratis. Anda bisa mendapatkan uang tersebut dengan berbagai cara termasuk mengajukan pinjaman tunai di platform momaju. Kunjungi saja situsnya di https://momaju.id/

Bahkan pernikahan yang sederhana-pun sudah pasti membutuhkan biaya setidaknya untuk biaya administrasi dan penghulu. Besaran modal menikah jumlahnya relatif, tergantung konsep pernikahan yang digunakan. Banyak pasangan yang menganggap dana pernikahan sebagai pengeluaran mendadak, sehingga seringkali rasa panik melanda ketika momen pernikahan sudah semakin dekat. Untuk menghindari perasaan panik dalam menyiapkan biaya pernikahan, sebaiknya biaya pernikahan dipikirkan sejak dini. Paling tidak, disarankan untuk menyiapkan biaya pernikahan 3 tahun sebelumnya dengan cara menyisihkan sebagian penghasilan yang kita miliki.

Tentunya anda harus mendiskusikan terlebih dahulu dengan pasangan anda mengenai budget pernikahan, meskipun memang agak tabu dan bisa membuat hubungan jadi runyam jika pasangan anda sensitive terhadap masalah finansial. Berikut adalah hal penting yang perlu di diskusikan

  • Diskusikan besaran penghasilan masing-masing, berapa banyak yang bisa disisihkan, kemudian baru menyusun rencana keuangan bersama dari jumlah yang disisihkan.
  • Kenali pasangan Anda apakah berjiwa hemat atau boros.
  • Hitunglah kebutuhan dana untuk melangsungkan pernikahan. Untuk memudahkan menentukan besaran dana pernikahan, sebaiknya kumpulkan informasi tentang segala sesuatu yang dibutuhkan serta perkiraan biaya saat ini. Tanyakan ke teman yang sudah melangsungkan pernikahan, hitung secara kasar saja.

Setelah mendiskusikan tiga hal tersebut anda pasti tahu kira-kira jika menabung berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya, kemudian jika memang anda ingin menikah secepatnya anda bisa meminjam dana melalui peminjaman online misalnya dan anda juga harus perkiran berapa lama anda bisa melunasi pinjaman tersebut. Pilihannya adalah bersabar untuk menikah bebas hutang atau menikah cepat namun setelahnya anda masih terjerat hutang. Jika anda bingung, pahami esensi menikah itu apa, apakah untuk membuat iri tetangga atau untuk kebahagiaan anda sendiri?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top