Alat Berat Trenchers

Mengenal Alat Berat Trenchers

By: Hafif

Meskipun memiliki fungsi yang sama untuk menggali, ternyata ada banyak sekali jenis alat berat yang bisa digunakan. Dari excavator, backhoe, trenchers dan beberapa jenis lainnya. Untuk excavator dan backhole, mungkin sudah banyak yang tahu tentang alat ini ataupun suku cadang alat berat dari kedua alat ini. Tapi mungkin banyak yang belum tahu tentang alat berat bernama trenchers.

Trenchers merupakan sebuah alat berat yang berfungsi untuk menggali tanah dan menghancurkan material yang ada di dalamnya (berbeda dengan jaw crusher) dan kemudian menyingkirkannya dari tanah yang sedang digali. Perbedaan alat ini dengan excavator yaitu terkait dengan cara kerjanya. Pada alat ini, tanah akan digali secara terus menerus dan kemudian tanah tersebut secara otomatis akan dialirkan ke sisi samping alat yang berfungsi untuk melemparkan tanah tersebut ke samping galian. Sementara, excavator bekerja dengan mengeruk tanah dan kemudian langsung membuangnya ke sisi samping galian sebelum memulai proses penggalian selanjutnya.

Alat Berat Trenchers

Alat berat ini memiliki beberapa jenis dan ukuran. Namun, ada dua jenis trenchers yang umum digunakan, yaitu :

  • Chain

Pernah melihat gergaji listrik? Bisa dikatakan chain trenchers ini serupa dengan giant chainsaw atau gergaji listri raksasa. Alat berat jenis ini dapat memotong tanah yang memiliki permukaan sulit untuk digali dengan excavator biasa. Alat ini juga sering dimanfaatkan untuk penggalian parit yang membutuhkan lebar tidak terlalu besar namun dalam. Kedalaman yang dapat dicapai oleh alat ini dapat disesuaikan dengan mengatur ukuran sudut boom.

  • Wheel

Berbentuk roda yang dilengkapi dengan logam bergigi. Ukuran lebar roda bergeriginya lebih besar daripada chain trenchers. Namun ukuran lebarnya tetap beragam dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Lebih mudah untuk dioperasikan dan memiliki kemampuan lebih kuat dalam untuk menggali tanah yang keras. Meskipun begitu, alat ini juga mampu bekerja dengan baik di permukaan tanah yang lembut. Alat ini sering digunakan melakukan penggalian untuk pembuatan trotoar atau akses utilitas di bawah jalan.

Walaupun memiliki fungsi yang sama, namun semua alat gali tentulah memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi, pastikan untuk memilih alat berat yang tepat. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top