Pengaruh Politik

Pengaruh Politik Bagi Masyarakat Indonesia

By: Hafif

Berbicara tentang politik, semua orang di dunia ini pastinya berpolitik. Dalam kehidupan manusia politik ini tidak bisa dipisahkan, karena politik merupakan ilmu yang tercipta dalam sebuah kekuasaan. Sebagai wujud kecil saja, politik sudah diterapkan oleh setiap keluarga karena dalam keluarga terdapat kekuasaan sebagai kepala rumah tangga. Apalagi dalam sebuah Negara yang memiliki wilayah yang sangat luas dan anggota masyarakat yang sangat banyak. Belakangan ini, berbagai media baik itu televisi, internet, Koran, ataupun radio tidak terlepas dari pembahasan berita politik. Dan berita politik terhangat saat ini adalah tentang pemilihan calon anggota legislatif yang akan serempak diselenggarakan pada tahun 2018 serta pemilihan presiden pada tahun 2019.

Pengaruh PolitikDi Indonesia sendiri, ada banyak partai politik yang sekarang ini sudah mulai berkampanye meraih simpatisan masyarakat, dimana mereka tengah memilih kader yang cocok untuk dicalonkan pada pemilihan caleg tahun depan. Beberapa partai politik besar tentunya sangat hati-hati dalam memilih kader, demi mendapatkan calon dari partai mereka sebagai perwakilan di legislatif. Negara Indonesia menganut system demokrasi, dimana pemimpin yang memiliki kekuasaan berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Karena itu, siapa yang banyak mendapatkan suara pilihan dari masyarakat, maka dialah yang berhak dan terpilih.

Masyarakat Indonesia sekarang ini sudah sedikit demi sedikit memahami akan pentingnya sebuah politik, bahkan sampai kepada rakyat biasa pun sudah turut memikirkan dan memperbincangkan politik dalam obrolan dengan kerabatnya. Politik memang memiliki pengaruh besar dalam kehidupan, terutama bagi masyarakat Indonesia yang menganut system demokrasi. Sehingga tak heran jika masyarakat juga turut mengamati berjalannya politik di Negara ini. Dengan adanya berita politik nasional yang selalu ditampilkan secara update di media informasi, tentunya memudahkan masyarakat untuk lebih memahami dan menilai sebuah partai ataupun pemimpin yang akan mereka pilih untuk mewakilkan aspirasi mereka di dalam pemerintahan. Semua masyarakat memiliki hak untuk berpolitik, dan kebebasan berpolitik demi terwujudnya tujuan bersama. Namun kebebasan berpolitik tersebut juga terikat oleh aturan, dimana semuanya diatur dengan pedoman dan palsafah Negara yaitu Pancasila.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top