Penyakit Kulit

Penyakit Kulit Ini Wajib Kamu Pahami

By: Hafif

Kulit merupakan bagian terluar dari tubuh manusia yang berguna untuk melindungi sekaligus membantu mengatur suhu normal tubuh. Biasanya, saat kulit yang sangat bermanfaat untuk keberlangsungan suhu tubuh bagian luar ini mengalami iritasi, maka akan bermunculan ruam kemerahan yang terkadang sangat susah untuk diobati. Meski, sudah membawanya langsung ke dokter spesialis kulit terbaik di Indonesia, namun tetap saja ruam kemerahan ini pun kadangkala cukup sulit untuk dihilangkan.

Penyakit Kulit

Untuk itu, supaya iritasi yang bisa menyebabkan ruam kemerahan ini tidak muncul di bagian kulit terluarmu, ada baiknya kamu harus memahami betul apa saja penyakit kulit yang bisa sewaktu-waktu menimpa dirimu. Mari, disimak langsung penjelasannya di bawah ini:

  • Jerawat

Jerawat adalah salah satu penyakit kulit yang muncul akibat dari adanya gangguan di bagian kelenjer kulit. Dimana, kelenjer kulit yang berhubungan langsung dengan pori-pori ini terserang infeksi yang didapatkan dari kotoran sekaligus kuman, maka akan langsung terbawa masuk ke dalam kulit melalui kulit mati. Maka dari itu, apabila kulit kamu tidak bersih, bisa mengakibatkan munculnya jerawat di kulit.

Kendati demikian, namun untuk pencegahan supaya jerawat ini tidak muncul di kulit, alangkah baiknya kamu tetap selalu menjaga kebersihan kulit dengan cara membersihkannya setiap hari menggunakan produk kosmetik pembersih kulit. Akan tetapi, jika jerawat ini sudah terlanjur bersarang di wajahmu, kamu pun bisa mengobatinya dengan cara mengolesinya dengan pasta gigi yang mengandung hidrogen peroksida sekaligus triclosan. Ataupun bisa menyembuhkannya dengan memakai pasta jus tomat yang dicampur dengan madu dan mentimun.

  • Panu

Panu ialah penyakit kulit yang muncul akibat dari adanya infeksi jamur yang menyerang bagian pigmen kulit, sehingga apabila tubuh terserang penyakit ini biasanya akan timbul bercak-bercak putih di kulit. Sayangnya, ketika panu ini sudah menyerang tubuh terkadang malah dapat menyebabkan kulit terasa begitu sangat gatal. Nah, jika kulit sudah gatal ada baiknya sesegera mungkin mengobatinya dengan salep atau krim khusus untuk panu. Dan bila kulitmu sensitif dengan krim atau salep ini bisa menggunakan obat tradisional untu panu.

  • Kudis

Mungkin, untuk sebagian orang sudah pernah mengalami penyakit satu ini. Yap, kudis merupakan penyakit kulit yang muncul akibat dari adanya serangan dari tungau atau kutu berukuran kecil. Ketika tungau ini menyerang kulit tubuhmu, biasanya dapat menimbulkan ruam kemerahan akibat dari tungau masuk ke dalam pori-pori kulit dan menggerotinya.

Apabila kudis ini sudah menyerang tubuh, sebaiknya obatilah dengan merendamnya ke dalam air dingin, memakai pelembab yang mengandung celamine. Dan jika kudisnya sudah teramat parah sebaiknya gunakan antibiotik dan antihistamin yang didapat langsung dari Dokter.

  • Herpes

Sama-sama menyerang kulit, penyakit Herpes ini terjadi lantaran adanya serangan dari virus varisella yang menyerang bagian tulang belakang dan otak manusia. Terkadang, saat seseorang terkena penyakit ini, akan sembuh dengan waktu yang sangat cepat namun penyakit pun akan muncul kembali dengan sendirinya. Dan saat seseorang diserang penyakit ini, orang tersebut pun akan mengalami demam.

Untuk cara pencegahannya sendiri, penyakit ini bisa diberi krim khusus yang mengandung antibiotik. Dan sudah teramat parah, alangkah baiknya langsung memberi vaksinisasi untuk mengembalikan kekebalan tubuh.

Memang, diserang oleh berbagai macam penyakit kulit ini tidak hanya dapat mengganggu penampilan seseorang, namun bisa pula mengakibatkan demam parah. Maka dari itu, menjaga kebersihan sekaligus melakukan perawatan sambil bertanya langsung ke Dokter di website http://ultimoclinic.com/id/dr-enrina-diah-sp-bp-re/ sangat penting untuk dilakukan.

2 Comments

    • Hafif:

      terima kasih sudah mampir dan memberikan komentarnya
      semoga bisa bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top