Pipa Air PVC

Perbedaan Pipa PVC dan Pipa HDPE

By: Hafif

Sebagian besar orang awam hanya mengenal pipa PVC karena paling umum digunakan oleh masyarakat. Bahkan banyak juga yang sampai hapal dengan harga pipa PVC karena cukup sering membelinya untuk keperluan di rumah dan sudah sangat paham mengenai tips penting saat menggunakan pipa PVC. Baik untuk saluran air maupun untuk berkreasi membuat beragam benda dari pipa. Namun bagi Anda yang sudah paham mengenai jenis-jenis pipa, pasti sudah tahu bahwa sebenarnya ada cukup banyak jenis pipa lainnya selain pipa PVC, salah satunya yaitu pipa HDPE. Tentunya perbedaan jenis ini tidak hanya berkaitan dengan material pembuatannya saja, tetapi juga fungsi dan kualitasnya.

Pipa Air PVC

Nah supaya lebih paham langsung saja yuk kita bahas mengenai perbedaan antara pipa PVC dan pipa HDPE.

  • Material

Pipa PVC (Polyvinyl Chloride) adalah pipa yang terbuat dari polimerisasi monomer vinil klorida. PVC sendiri merupakan polimer termoplastik urutan ketiga yang paling banyak digunakan di dunia (pertama polietilena dan kedua polipropilena). Untuk proses produksinya, PVC adalah polimer yang menggunakan bahan baku minyak bumi terendah dibandingkan dengan polimer lainnya. Sementara Pipa HDPE (High Density Polythylene) adalah pipa yang terbuat dari polietelena dengan kepadatan yang tinggi. Polietelena sendiri adalah polimer yang terdiri dari rantai panjang monomer etilena. (Source: wikipedia)

  • Elastisitas

Pipa PVC memiliki sifat elastisitas yang lebih rendah dibandingkan dengan Pipa HDPE. Untuk membuat pipa PVC ini menjadi elastis, biasanya digunakanlah zat kimia plasticizer. Namun penambahan zat ini dianggap berbahaya sehingga lebih baik dihindari. Anda juga bisa sedikit memanaskannya jika ingin membuatnya elastis, namun elastisitas ini hanya bersifat sementara saat masih dalah kondisi panas. Sementara pipa HDPE ini justru bersifat sangat elastis bahkan bisa Anda gulu. Inilah yang membuat pipa ini tidak membutuhkan banyak sambungan.

  • Ketahanan

Pipa HDPEPipa PVC dan pipa HDPE memiliki sifat tahan lama, hanya saja pipa PVC berwarna putih seringkali akan ditumbuhi lumut jika sudah lama. Sementara pipa PVC berwarna abu memiliki sifat dapat menyerap panas sehingga jika diletakkan di area yang terkena matahari, semakin lama akan semakin bengkok. Berbeda dengan pipa HDPE yang tidak mungkin ditumbuhi lumut dan tahan terhadap panas sehingga tidak akan bengkok meskipun terkena sinar matahari.

  • Fungsi

Keduanya memiliki fungsi untuk mengalirkan air, hanya saja pipa PVC hanya boleh untuk instalasi air dingin saja. Sementara pipa HDPE mampu digunakan untuk instalasi air panas maupun air dingin.

  • Harga

Jika melihat penjelasan di atas, mungkin Anda berpikir untuk menggunakan pipa HDPE saja daripada pipa PVC karena berbagai keunggulan yang dimilikinya. Eits, jangan langsung mengambil keputusan tanpa  mempertimbangkan poin terakhir ini. Yap, dari segi harga, harga pipa PVC lebih murah dibandingkan dengan pipa HDPE. Mungkin inilah salah satu faktor yang membuat pipa PVC masih tidak kehilangan penggemarnya. (Vita)

1 Comment

  • Jenis Pipa Untuk Instalasi Air Panas:

    […] pipa PVC biasa karena pipa ini akan rusak jika terkena suhu yang terlalu panas. Inilah salah satu perbedaan pipa PVC dan Pipa HDPE yang mampu untuk menahan panas hingga suhu tertentu sehingga aman digunakan untuk instalasi air […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top