Pergi Sendiri Tanpa Travel Agent

Pergi Sendiri Tanpa Travel Agent? Cerdik Urus Hal Ini, Ya!

By: Hafif

Tidak bisa disangkal, bepergian dengan travel agent memang lebih nyaman dan juga lebih murah. Kamu tidak perlu sibuk mengurus itinerary, asuransi perjalanan, tiket perjalanan, dan lain sebagainya karena orang travel akan mengurusnya untukmu. Hanya saja, ada satu kekurangan ketika kamu menggunakan travel agent: kamu tidak puas untuk mengeksplorasi suatu tempat karena terbatas oleh masalah waktu.

Nah, jika kamu ingin lebih bebas mengeksplorasi, maka pilihan yang bisa diambil adalah dengan bepergian seorang diri. Kamu bisa menentukan waktu perjalanan dan pergi ke mana saja sesukamu tanpa harus terikat dengan sesuatu. Jika kamu tertarik untuk pergi sendiri tanpa travel agent, berikut trik yang bisa kamu terapkan agar perjalanan tetap terasa nyaman:

  1. Urus tempat penginapan. Masalah yang sangat krusial ketika hendak traveling tanpa menggunakan travel agent adalah masalah penginapan. Untuk itu, ketika hendak menyusun itinerary, kamu harus mengurus penginapan terlebih dahulu. Carilah penginapan yang dekat dengan transportasi umum entah itu stasiun MRT, halte, dan lain sebagainya. Pertimbangkan juga masalah harga penginapan serta tempat-tempat wisata apa saja yang ada di sana.
  2. Destinasi wisata. Masalah penginapan sudah selesai, sekarang tinggal memperhitungkan destinasi wisata apa saja yang bisa dikunjungi. Pertama-tama, buatlah daftar tempat apa saja yang ingin kamu kunjungi. Jangan pikirkan masalah waktu, pokoknya tulis dulu semua tempat yang kamu inginkan. Setelah ditulis semua, kelompokkan tempat-tempat wisata yang memiliki lokasi berdekatan. Setelahnya, susun itinerary dari satu tempat ke tempat lainnya berdasarkan lokasinya. Jangan lupa pertimbangkan waktu tempuhnya.
  3. Transportasi. Selain dua hal di atas, ternyata urusan transportasi juga penting lho. Kamu sudah memiliki destinasi wisata yang ingin dikunjungi dan kini kamu tinggal menentukan transportasi untuk tiba di sana. Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang transportasi ini dan kamu bisa menekan pengeluaran dengan membeli kartu pass yang khusus untuk turis dengan harga yang lebih murah.

Itu dia tiga hal yang harus dicek sebelum kamu mulai bepergian seorang diri. Selamat mencoba dan semoga membantu ya 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top