DSLR Versus Kamera Mirrorless

Poin Plus Untuk Kamera Mirrorless Dibandingkan DSLR

By: Hafif

Jika Anda masih bingung mau membeli kamera mirrorless atau DSLR, ada baiknya Anda sejenak membaca review berikut ini. Memang pada akhirnya review ini menyimpulkan bawasannya kamera mirroless lah yang sebaiknya Anda pilih. Namun, kesimpulan tersebut bukan ujug-ujug dan tanpa alasan.

Ada berbagai pertimbangan ketika mengapa kamera yang akhir-akhir ini menjadi buah bibir para pecinta fotografi ini layak untuk Anda pilih.

  • Harga Masuk Akal

DSLR Versus Kamera MirrorlessHarga kamera mirrorless dikatakan masuk akal karena memang harganya yang sangat terjangkau dengan spesifikasi yang sudah cukup bagus. Di pasaran, kamera mirrorless untuk pemula bisa Anda dapatkan mulai dengan harga 6 jutaan. Kamera seperti itu sudah memiliki resolusi hingga 18 megapixel dan video full HD 1080 pada 24p, 25p, dan 30p.

Mungkin saja harga kamera untuk pemula tersebut berbeda di kota Anda. Hanya saja, setidaknya Anda sudah tahu patokan harga kamera mirrorless untuk pemula.

Dan tentu saja ada lebih banyak lagi merk kamera mirrorless dengan harga di atas 6 juta. Namun, untuk Anda yang pemula di bidang fotografi, dengan mengeluarkan uang sekitar 6 juta, Anda sudah bisa memiliki kamera yang sangat bagus.

  • Hasil Jepretan Lebih Bagus

Beberapa pecinta fotografi membuat review jika ternyata hasil jepretan kamera mirrorless tak kalah bagus jika dibandingkan dengan kamera DSLR. Tentu saja perbandingan ini harus proporsional dengan melihat resolusi dan lensanya.

Namun, secara keseluruhan, banyak pengguna kamera mirrorless yang puas dengan hasil yang dihasilkan dari kamera tersebut.

  • Lebih Mudah Dibawa

Anda suka traveling dan sambil mengambil gambar? Tepat sekali jika Anda memilih kamera mirrorless ini.

Dibandingkan dengan kamera DSLR, kamera mirrorless ini jauh lebih simple dan lebih kecil. Hal ini membuat lebih mudah bagi Anda untuk membawa kamera tersebut. Anda tidak akan merasa kelelahan jika membawa kamera ini lantaran bentuknya yang cenderung kecil.

Akan tetapi, ada satu hal yang perlu disayangkan. Baterai kamera mirrorless ini cepat habis. Mungkin kelemahan dari sisi ini akan segera diperbaiki pada kemera mirrorless generasi selanjutnya.

  • Semakin Banyak Pengguna Kamera Mirrorless

Mungkin memang target market kamera ini adalah masyarakat yang notabene bukan fotografer profesional melainkan pecinta fotografi saja. Dan jumlahnya sangat banyak. Lihat saja masyarakat yang suka sekali mengabadikan momen-momen tertentu di dalam hidup mereka. Sementara kamera di ponsel tidak lagi memuaskan mereka.

Itulah yang membuat semakin banyak pengguna kamera mirrorless. Ini juga bisa Anda jadikan pertimbangan karena dengan memiliki kamera ini Anda bisa dengan mudah bersosialisasi dengan pengguna lain dan bahkan ikut dalam komunitas fotografer di sekitar tempat tinggal Anda.

Manakah yang akan Anda pilih? Apakah masih ingin membeli kamera DSLR atau kamera mirrorless? Tentu saja keputusan ada di tangan Anda. Namun, jika Anda hanya ingin memiliki kamera bagus dengan harga yang murah, kamera mirrorless sepertinya menjadi pilihan yang paling tepat.

Semoga membantu Anda dalam menentukan pilihan untuk Anda yang hobi foto!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top