Rumah Baru Atau Second

Rumah Baru atau Rumah Second ya?

By: Hafif

Sedang mencari rumah? Hmm… pasti ada banyak sekali hal yang dipertimbangkan saat mencari rumah. Apalagi, harga properti Indonesia ini kan tidaklah murah. Makanya, kamu harus benar-benar mempertimbangkan segala sesuatunya sebelum memutuskan rumah yang akan kamu beli. Supaya tidak menyesal di kemudian hari nanti. Misalnya saja, fasilitas apa yang kamu butuhkan. Seperti kamu ingin rumah yang dekat dengan kafe seperti Starbucks untuk mempermudah kamu menikmati kopi Starbuck favorit kapanpun kamu mau.

Nah, diantara berbagai pertimbangan tersebut, memutuskan jenis rumah yang ingin kamu beli merupakan hal penting yang harus kamu pikirkan sejak awal. Maksud dari jenis rumah ini adalah, rumah baru atau rumah second yang ingin kamu beli. Meskipun sama-sama rumah, tapi tentu keduanya memiliki perbedaan. Beberapa hal berikut ini, dapat membantumu mengambil keputusan, jenis rumah mana yang cocok untukmu.

Rumah Baru

Rumah baru di sini berarti adalah rumah yang benar-benar masih baru dibangun oleh developer properti. Bahkan, banyak developer properti yang mulai menjual rumah meskipun pembangunan belum dimulai. Artinya, kamu akan membutuhkan waktu lebih lama hingga rumah ini siap untuk ditempati. Lalu, apa keuntungan membeli rumah baru? Jelas, kualitas bangunan yang masih baru akan lebih baik daripada bangunan yang sudah didirikan sejak lama. Apalagi, beberapa developer properti mengijinkan pembeli rumah melakukan perubahan desain bagian interior rumah, selama tidak mengubah bagian eksterior. Namun ingat yah, masalah kualitas ini sangat bergantung juga pada developer tempat kamu membeli rumah. Karena, ada beberapa developer properti yang menjual rumah baru dengan harga murah dan kualitas yang kurang baik.

Rumah Baru Atau Second

Rumah Second

Jika membeli rumah second, artinya kamu membeli rumah yang telah dibangun. Untuk beberapa rumah second, kamu akan memiliki keuntungan karena tidak perlu dilakukan renovasi, sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk menempatinya. Namun, tidak sedikit juga rumah second yang harus melalui tahap renovasi terlebih dahulu karena kondisinya bisa dikatakan tidak layak huni. Nah, inilah yang harus kamu pertimbangkan saat akan membeli rumah second. Jangan hanya membandingkan luas tanah, luas bangunan dengan harga yang ditawarkan. Akan tetapi, lihat juga bagaimana kondisi rumahnya. Jika kondisinya sudah kurang layak dan membutuhkan banyak renovasi, usahakan untuk menawar harga cukup rendah, karena kamu akan membutuhkan tambahan biaya untuk renovasi.

Jadi bagaimana menurutmu, lebih menguntungkan membeli rumah baru, ataukah rumah second? (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top