Rumah yang Nyaman bagi Anak

Rumah yang Nyaman bagi Anak

By: Hafif

Sejatinya, rumah dapat dimaknai sebagai bangunan untuk tempat berlindung, sebuah lingkungan yang berguna untuk jasmani dan rohani serta keadaan sosial, baik untuk kesehatan keluarga ataupun individu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rumah yang ideal adalah rumah yang aman, nyaman, dan sehat.

Bagi Anda yang sedang mencari rumah idaman dan ideal, berikut hal-hal penting yang patut Anda perhatikan.  

  • Lokasi

Seiring dengan perubahan tata kota dan melejitnya demografi—utamanya di kota besar, membuat ketertarikan memiliki rumah di pusat kota sedikit bergeser ke pinggiran kota atau bahkan memilih kota yang tidak terlalu padat. Seperti misalnya, kondisi Jakarta yang semakin hari semakin padat penduduk, semakin menjadikan kota ini kaya dengan polusi udara, kemacetan lalu lintas, dan kualitas air yang buruk. Kepadatan penduduk yang tinggi ini pulalah yang menyebabkan harga tanah dan rumah di pusat Jakarta semakin melambung tinggi.

Rumah yang Nyaman bagi Anak

Jadi, bagi Anda yang tetap ingin memiliki rumah di Jakarta, ada baiknya jika Anda lebih memilih membeli rumah dijual di Jakarta Selatan. Atau jika Anda ingin berada di luar lingkaran kota Jakarta, namun tetap memiliki akses layaknya kota Jakarta. Anda bisa memilih membeli rumah dijual di Bandung. Karena jika ditilik secara lokasi, baik Jakarta Selatan ataupun Bandung, sama-sama merupakan tempat yang strategis dan berada dekat dengan pusat-pusat keramaian.

Bukankah secara umum yang dimaksud dengan lokasi yang bagus adalah lokasi yang dekat sekaligus menjangkau tempat-tempat penting dan fasilitas umum, seperti, sekolah, kampus, pelayanan kesehatan, pusat perbelanjaan, pusat olahraga, kantor pos, dan fasilitas umum lainnya.

Dengan memilih lokasi yang strategis seperti ini, tentu tidak hanya bertujuan untuk mempermudah mobilitas sehari-hari, melainkan juga mempertimbangkan nilai jual properti jika suatu saat kita ingin menjualnya.

Ketika memilih lokasi, perhatikan pula peta lokasi secara makro. Seperti jaringan jalan, lintasan kabel tegangan tinggi, letak sungai besar yang terdekat, letak lintasan kereta api dan berbagai rencana pengembangan kota lainnya.  

  • Harga yang terjangkau

Untuk memperoleh rumah idaman, memang ada banyak cara untuk mendapatkannya. Bisa dengan membangun rumah sendiri ataupun dengan membeli rumah. Untuk membeli rumah pun, Anda bisa memilih cara tunai atau cicilan (Kredit Pemilikan Rumah). Sebaiknya, pilih cara ataupun rumah yang sesuai dan terjangkau bagi Anda. Karena untuk mendapatkan rumah idaman dan ideal, tidak ditentukan oleh seberapa besar atau mewah rumah Anda. Tapi, oleh seberapa aman, nyaman, dan sehatnya rumah. 

  • Lingkungan yang Aman dan Bersih

Ketika Anda menginginkan rumah yang aman dan sehat, tentu Anda juga harus memperhatikan lingkungan di sekitarnya. Apakah lingkungan rumah tersebut aman, dalam artian dengan tingkat kriminalitas yang rendah. Bagaimana saluran drainase di lingkungan rumah baru, serta seberapa jauh jarak rumah dengan tempat pembuangan sampah sementara (TPS).

Hal-hal tersebut penting untuk Anda pastikan sebelum menjatuhkan pilihan untuk membeli rumah baru. Jika lingkungan Anda tidak aman dan tidak bersih, keluarga Anda pun akan terancam. Mengingat keluarga Anda akan lebih banyak menghabiskan waktunya di lingkungan tersebut.

Nah, jika rumah yang tengah Anda incar telah memenuhi syarat tersebut, maka selanjutnya yang perlu dilakukan adalah segera mengurus transaksi pembelian. Baru setelah itu Anda bisa fokus untuk menciptakan lingkungan rumah yang nyaman dan sehat.

Ada beberapa hal yang harus Anda penuhi agar rumah Anda bisa dikatakan sebagai rumah yang sehat.

  • Ventilasi

Ventilasi ini digunakan untuk pergantian udara. Hawa segar diperlukan dalam rumah guna mengganti udara ruangan yang sudah terpakai. Udara segar diperlukan untuk menjaga temperatur dan kelembapan udara dalam ruangan. Guna memperoleh kenyamanan udara ini, tentunya dibutuhkan adanya ventilasi yang baik. Ventilasi bisa berupa jendela, pintu, dan lubang angin. Meski terkadang, juga dibutuhkan ventilasi buatan dengan menggunakan alat mekanis maupun elektrik. Seperti kipas angin, exhauster, dan AC (air conditioner).

Tidak tersedianya ventilasi yang baik pada suatu ruangan akan sangat membahayakan karena dapat menyebabkan pencemaran oleh bakteri ataupun berbagai zat kimia. Bakteri umumnya disebabkan oleh debu dan uap air yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit pernapasan.

  • Pencahayaan Alami

Kita tidak bisa memungkiri bahwa cahaya bisa berperan sebagai  gemercid (pembunuh kuman atau bakteri). Cahaya matahari bisa dimanfaatkan untuk menciptakan kesehatan yang lebih sempurna. Cara yang harus Anda terapkan pun sangat sederhana. Anda cukup membiarkan cahaya matahari pagi masuk ke dalam rumah, karena cahaya matahari pagi yang banyak mengandung sinar ultraviolet inilah yang dapat mematikan kuman.

  • Lantai, Dinding, dan Langit-langit dalam kondisi baik

Lantai dikatakan berada dalam kondisi baik ketika lantai tersebut selalu berada dalam kondisi kering. Tidak berdebu ketika musim kemarau, dan tidak basah pada musim hujan. Sehingga dapat mencegah terjadinya penularan penyakit.

Sedangkan untuk dinding, sesuai dengan konsep penataan ruangan rumah yang sehat, dinding rumah harus memiliki ventilasi, kedap air, dan mudah dibersihkan. Terakhir langit-langit, langit-langit sendiri memiliki banyak fungsi. Di antaranya adalah untuk menjaga kondisi suhu di dalam ruangan akibat sinar matahari dan melindungi ruangan di dalam rumah dari rembesan air hujan. Usahakan langit-langit terbuat dari bahan yang tidak membahayakan kesehatan dan mudah dibersihkan.

Yuk, segera siapkan diri untuk memiliki rumah ideal yang aman, nyaman, dan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top