Sebelum Pergi Ke RS untuk Tes Kehamilan, Persiapkan Diri Dulu Ya Bunda

Sebelum Pergi Ke RS untuk Tes Kehamilan, Persiapkan Diri Dulu Ya Bunda

Banyak ibu hamil yang berdebar-debar ketika ingin melakukan tes kehamilan. Apalagi jika itu baru pertama kali dilakukan. Banyak sekali kekhawatiran yang ada di kepala.

Sangat wajar jika seorang wanita khawair ketika pergi ke rumah sakit untuk melakukan tes. Apalagi jika selama ini ia selalu gagal hamil. Ketika telat datang bulan, besar harapan bahwa ia benar-benar hamil. Dan untuk memastikan hal tersebut, cara yang paling tepat adalah konsultasi dengan dokter kandungan agar dokter melakukan pemeriksaan.

Memang banyak sekali cara untuk melakukan mengetesan kehamilan. Akan tetapi, tidak ada cara yang paling akurat sekali USG. Dan ini juga cara yang paling mudah mengingat semakin banyak dokter kandungan yang membuka praktik sendiri dan melayani tes hamil.

Meskipun demikian, tidak salah juga jika bunda coba tes kehamilan sendiri di rumah. Toh ada cara yang bisa bunda lakukan sendiri di rumah. Dan cara tersebut cukup mudah untuk dilakukan.

Persiapan Sebelum Tes USG

Memang agar bunda yakin betul mengenai kehamilan, bunda harus melakukan tes dengan menggunakan alat USG. Dan ini hanya bisa dilakukan oleh dokter dan beberapa bidan yang sudah mendapatkan sertifikasi.

Sebelum Tes Kehamilan

Apakah bunda asal datang ke rumah sakit atau tempat praktik? Tentu saja tidak. Sebaiknya bunda melakukan persiapan berikut ini.

  1. Minum Air Putih Yang Banyak

Lho kok harus minum air putih? Ternyata ini yang disarankan oleh para dokter kandungan lho. Dengan mengkonsumsi air putih, maka dokter bisa melihat kondisi rahim dengan lebih jelas.

Bunda pasti tahu kan ada ketuban yang ada di dalam rahim. Dan ketuban ini bisa bening dan juga bisa keruh. Ini tergantung apa yang bunda konsumsi. Dan untu membuat air ketuban jenih, bunda perlu minum air putih yang banyak. Usahkan ini bunda lakukan di pagi hingga siang hari jika bunda merencanakan untuk melakukan pemeriksaan USG sore hari.

  1. Minum Jus Jeruk

Selain minum air putih yang banyak, bunda juga sebaiknya minum jus jeruk. Namun, ini tidak untuk menjernihkan air ketuban. Ini diperlukan untuk membangunkan bayi di dalam kandungan.

Bunda pasti ingin melihat kondisi janin saat pemeriksaan USG, bukan? Rasanya agak kecewa jika janin tidak bergerak. Mungkin janin sedang tidur. Untuk itu, bangunkan dengan cara minun jus jeruk. Sejak di perjalanan menuju ke rumah sakit, bunda bisa membawa jus jeruk. Selain untuk menghilangkan rasa haus, bunda juga sekaligus membangunkan bayi di dalam kandungan.

  1. Memakai Pakaian Yang Tepat

Banyak ibu yang datang ke rumah sakit dengan menggunakan pakaian kerja. Mungkin saja ia langsung ke rumah sakit setelah pulang dari kantor. Namun, ini akan membuat pemeriksaan sulit.

Sebaiknya bunda memakai pakaian yang mudah untuk dibuka seperti blouse atau loosedress dengan bicycle pants di dalamnya. Ini akan membuat dokter lebih mudah dalam melakukan pemeriksaan.

Setidaknya ketiga hal tersebut yang bisa bunda lakukan sebelum pergi ke rumah sakit untuk melakukan tes kehamilan.

Pemeriksaan USG Tidak Sekedar Mengetahui Kondisi Janin

Banyak yang menganggap melakukan pemeriksaan itu penting untuk mengetahui kondisi janin. Tentu saja itu bukan anggapan yang salah. Hanya saja kurang tepat.

Ada banyak manfaat jika bunda melakukan tes USG. Salah satunya untuk memastikan kalau memang ada janin di dalam kandungan. Seorang wanita pasti sudah merasakan tanda kehamilan. Akan tetapi, ia pasti belum 100% yakin jika belum ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan USG.

Selain itu, tes hamil dengan alat USG juga bisa membuat bunda yakin apakah kondisi fisik janin sempurna atau tidak. Apalagi sekarang ini sudah ada USG 4D yang bisa membuat bunda bisa melihat kondisi fisik bayi di dalam kandungan. Alat ini juga akan memberikan informasi mengenai panjang bayi, detak jantung bayi, dan lain sebagainya.

Pemeriksaan USG untuk Tes Kehamilan dan Janin

Yang tak kalah penting lagi, melalui tes ini, bunda bisa tahu kira-kira kapan bayi akan lahir. Ini lebih dikenal dengan istilah HPL atau hari perkiraan lahir. Bagi bunda yang seorang wanita karir, tentu informasi ini sangat penting. Bunda bisa mengajukan cuti lahir jauh-jauh hari. Bunda juga bisa mengatur pekerjaan agar selesai sebelum masa persalinan tiba.

Sebenarnya, dengan USG, bunda juga bisa tahu apakah bayi yang ada di dalam kandungan laki-laki atau perempuan. Namun, banyak pasangan yang tidak mau mengetahui hal tersebut. Mereka ingin surprise saja. Apakah bunda juga menginginkan hal yang sama?

Jadi, penting sekali untuk melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan secara rutin. Setidaknya bunda jadwalkan untuk konsultasi dengan dokter satu bulan sekali. Bahkan, disarankan juga untuk lebih intens berkonsultasi dengan dokter ketika masa persalinan tinggal meninggu hari. Jika selama kehamilan bunda melakukan pemeriksaan satu kali dalam satu bulan, pada bulan ke 9, bunda bisa konsultasi dua kali dalam satu bulan. Ini diperlukan agar bunda mengetahui jika ternyata ada perubahan terjadi yang membahayakan seperti tiba-tiba air ketuban hampir habis.

Sekarang bunda tahu kan mengapa bunda perlu melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin? Nah, bunda bisa pilih dengan dokter siapa bunda ingin melakukan konsultasi. Bunda juga bisa pilih bidan jika ke rumah sakit atau ke tempat praktik dokter kandungan jauh dari tempat tinggal bunda. Yang pasti, bunda harus melakukan pemeriksaan USG untuk mengetahui perkembangan janin di dalam kandungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *