Oli Samping untuk Sepeda Motor

Tips dan Trik Memilih Oli Samping Terbaik

By: Hafif

Keberadaan oli samping terbaik bagi pemilik sepeda motor 2 tak menjadi sangat penting karena oli samping sendiri bisa mempengaruhi performa mesin sepeda motor 2 tak. Di kalangan pemilik sepeda motor 2 tak sendiri pembahasan mengenai oli samping ini seolah tak ada ujungnya, kita kerap melihat seorang pemilik sepeda motor 2 tak di forum-forum memposting suatu produk dan menanyakan pendapat apakah oli samping ini bagus ataukah tidak, beragam tanggapan pun segera keluar di forum diskusi tadi.

Produk oli motor khususnya untuk jenis oli samping sendiri saat ini terdapat banyak ragamnya dan kita terkadang kerap dibuat pusing olehnya. Bila Anda masih seorang yang baru dan awam, akan lebih baik dan aman untuk mengikuti saran dari produsen dan membeli produk oli samping keluaran produsen tersebut. Sebab pabrikan sendiri tentunya sudah merancang produknya untuk digunakan pada jangka waktu yang lama.

Oli Samping untuk Sepeda Motor

Tips dan trik memilih oli samping yang utama yaitu lupakan dulu hal yang berkaitan dengan merk, karena yang terpenting memiliki standar minimal API TC, JASO FC dan atau ISO L-EGC sudah mencukupi untuk menjaga piston dan juga ringnya, kruk as, dinding silinder dan semua komponen lain yang bergesekan. Bila ingin oli samping terbaik masih ada standar lain yaitu API TD, JASO FD dan atau ISO L-EGD namun pastinya dengan harga yang lebih mahal, kemungkinan sekitar Rp 80 ribuan.

Untuk oli samping sendiri sebaiknya tak dicampur antara beberapa merk, karena masing-masing produk oli samping memiliki lapisan film masing-masing dan belum tentu dapat menyatu bila dicampur. Selain itu karena sepeda motor kita pada kondisi masih standar maka akan lebih baik memakai oli samping semi sintetik, berbeda bila sepeda motor Anda sudah dimodifikasi dan memiliki spesifikasi full kompetisi maka akan membutuhkan oli samping full sintetik. Selain itu pada ajang kompetisi racing semua produk umumnya digunakan untuk 1x event kompetisi, sesudah itu mesin dan komponen dalamnya wajib dibersihkan. Atau dengan kata lain sepeda motor standar ya memakai produk standar juga.

Zat Addiktif atau tambahan yang juga tak kalah penting yaitu diluent, yang memiliki tugas untuk memudahkan pencampuran zat kimia, contohnya bensin dengan oli samping yang digunakan. Jadi mulai dari sekarang bila akan membeli oli samping perhatikan spesifikasi di atas dan kuras terlebih dulu oli samping yang ada sebelum mengganti dengan oli samping terbaik menurut Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top