Oli Terbaik Untuk Motor

Tips Memilih Oli Terbaik Untuk Motor

By: Hafif

Jenis oli mesin motor yang kini ada di pasaran, oli mesin dan juga oli samping khusus untuk motor 2 tak. Keberadaan oli samping terbaik yang dikhususkan untuk motor 2 tak diibaratkan seperti darah yang mengalir dalam tubuh. Ketika motor tak nyaman lagi dipakai, dan angka kilometer di spedometer telah menunjukkan saatnya ganti maka perlu segera mengganti oli motor dengan yang baru.

Memilih oli yang terbaik bagi motor tentu disesuaikan dengan karakter dan kemampuan mesin. Pada oli yang dibeli umumnya akan tercantum SAE 15w – 50 atau mungkin SAE 10w – 40 dan masih banyak lagi ragam kode-kode yang tercantum dalam kemasan oli. Sebenarnya apakah arti dari kode-kode itu dan bagaimana memilih yang tepat untuk kondisi motor milik kita?

Umumnya oli yang direkomendasikan oleh produsen motor bisa menjadi pedoman bagi kita dalam memilih produk oli yang tepat bagi motor kesayangan. Selain itu mempertimbangkan standar oli mesin terbaik untuk motor anda juga patut diperhatikan. Contohnya saja pada kemasan oli yang menjadi rekomendasi oleh produsen motor tercantum SAE 10w – 40, lalu apakah ketika kita mengganti oli yang baru juga menggunakan oli yang tercantum kode SAE 10w – 40 di dalamnya?

Oli Terbaik Untuk Motor

Perbedaan kode yang tercantum dalam kemasan oli mesin motor ini secara umum menunjukkan tingkat kekentalan oli samping terbaik untuk motor 2 tak yang dibedakan dengan kode SAE atau Society of Automotive Engineers. Produsen motor umumnya merekomendasikan oli yang sudah sesuai dengan karakter mesin.

Hal ini dapat diartikan semakin kecil angka di depan W berarti tingkat keencerannya makin tinggi. Akan tetapi tak berarti semakin encer oli maka akan semakin baik dipakai. Ini juga bergantung pada lingkungan, misalkan bila motor kesayangan Anda berada di daerah pegunungan yang tentunya mempunyai suhu rendah maka direkomendasikan memakai oli yang mempunyai tingkat beku tinggi contohnya SAE 10w – 40. Bila motor kesayangan Anda berada di daerah dengan suhu yang panas misalnya di lingkungan perkotaan yang sering mengalami kemacetan maka direkomendasikan memakai oli yang mempunyai tingkat beku rendah contohnya SAE 15w – 40 atau SAE 20w – 40.

Hal lain yang perlu diperhatikan saat memilih oli motor tak hanya dari tingkat kekentalan oli saja, namun juga perlu memperhatikan karakter atau sifat dari motor itu sendiri. Setiap motor memiliki karakter berbeda meski masih satu produsen yang sama. Misalnya motor matic memiliki kinerja mesin lebih berat maka baiknya menggunakan oli yang lebih encer supaya kinerja mesin tak terlalu berat dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Itulah tadi sedikit tips memilih oli samping terbaik untuk jenis motor 2 tak.

Baca juga : Beberapa Kesalahan Saat Mengganti Oli Mesin

Namun perlu diingat, selain oli samping kamu perlu melakukan perawatan juga untuk mesin dan bagian penting pada motor 2 tak. Memiliki oli samping terbaik tanpa disokong dengan komponen mesin yang baik , maka kinerja motor 2 tak tidak akan maksimal. Masalahnya adalah banyak orang yang lupa untuk melakukan perawatan bagian lain karena terlalu fokus pada oli samping. Contoh paling sederhana deh, apakah Anda merawat knalpot motor 2 tak?  Jika tidak pernah, coba deh sekarang mulai melakukan perawatannya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top