Tips Perbaiki Bak Cuci Piring

Tips Perbaiki Bak Cuci Piring Tanpa Harus Buka Pipa

By: Hafif

Pernah mengalami bak cuci piring di rumah sering bermasalah dan sambungan pipa tidak bisa dibuka? Ketika hal ini terjadi, sebenarnya ada cara untuk bisa membereskan yang hanya butuh waktu yang cepat dan tanpa harus buka pipa di bagian bawah. Bor kawat besi bisa Anda andalkan, tanpa perlu memanggil tukang untuk memperbaikinya.

Masalah mampetnya saluran pembuangan air pada bak cuci piring terkadang bisa buat rempong. Mulai dari air pada bak cuci piring yang menggenang dan tidak mengalir, bahkan bisa luber. Jika dibiarkan terus menerus, sisa makanan dan bekas lemak yang menempel akan terlihat jorok atau bau. Kondisi bisa juga menyebabkan kondisi yang sehat dan tidak mungkin bisa sebabkan timbulnya penyakit. Padahal ada beberapa tips mudah untuk atasi bau pada bak cuci piring.

Banyak orang yang tidak terlalu ambil pusing dengan kondisi seperti di atas dan memilih untuk membiarkan air dalam bak cuci piring surut secara perlahan. Setelah surut, barulah sambungan pipa aliran untuk pembuangan tersebut dibuka dan dibersihkan. ada Terlihat mudah dan simpel yah, tapi sebetulnya cara ini bikin repot, buang-buang waktu dan biaya. Namun terkadang, pemilik rumah sudah malas duluan untuk perbaiki sendiri karena rumitnya instalasi pipa yang dibuat sebelumnya. Tidak hanya instalasi pembuangan di bak cuci piring, instalasi pipa air panas juga harus dibuat sederhana.

Tips Perbaiki Bak Cuci Piring

Sebetulnya ada cara yang lebih praktis dan cepat, bahkan tidak perlu membuka pipa termasuk sambungan pipanya. Cukup lakukan perbaikan bak cuci piring ini dilakukan dari atas lubang saluran pembuangan saja. Adapun beberapa langkah yang bisa dicoba yaitu:

  • Langkah pertama, bukalah saringan pembuangan bak cuci piring. Biasanya mampetnya saluran pembuangan bak cuci piring karena kotoran pada saluran pembuangan sudah penuh. Jadi pastikan, saluran pembuangan tersebut bersih sehingga melancarkan alirannya.
  • Langkah kedua,  gunakan cairan pembersih atau bubuk soda api dan masukkan ke dalam saluran pembuangan.
    • Jika Anda pilih cairan pembersih, pastikan takarannya sesuai dengan aturan pemakaian yang ada pada kemasan.
    • Namun jika lebih memilih soda api, maka gunakan 5 – 10 bungkus kecil ke dalam lubang saluran pembuangan, dan kemudian diamkan 5 hingga 15 menit. Setelah lewat 15 menit, bersihkan menggunakan air panas 1 – 2 liter untuk membantu merontokkan sisa makanan dan lemak yang menempel.
  • Langkah terakhir, masukkan bor kawat besi ke dalam pipa saluran pembuangan. Seberapa dalamnya, ini tergantung Anda. Setelah itu, kencangkan pengunci lempengan bor kawat besi sehingga bisa tetap stabil ketika diputar. Penggunaan bor kawat besi untuk membersihkan saluran dan sambungan pipa dengan cara diputar selama 5 – 15 menit sehingga semua sisa makanan dan lemak bekas makanan atau minuman hilang. Setelah selesai digunakan, cuci bersih bor tersebut hingga benar-benar bersih dan gulung lagi.

Mudah bukan? Tapi sebelum itu, pastikan cek kembali untuk mengecek aliran di saluran pembuangan tersebut lancar atau masih tersendat. Buka kembali keran, dan biarkan bak cuci piring hingga penuh. Jika air mengalir lancar ini membuktikan saluran pembuangan sudah kembali normal.  Dengan begini, Anda tidak harus keluar tenaga yang banyak untuk bisa membuka pipa dan sambungan pipa seluruhnya.

Semoga ini bisa membantu! Selamat mencobanya di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top