Tips Renovasi Rumah

Tips Renovasi Rumah Yang Menguntungkan

By: Hafif

Biasanya perumahan yang dibangun oleh setiap developer properti Indonesia akan memiliki desain yang sama. Sehingga pemilik rumah akan kembali melakukan renovasi untuk lebih mempercantik tampilan rumah biar enak dilihat. Tapi renovasi sebuah rumah secara keseluruhan tentu akan menguras dan menghabiskan uang yang tidak sedikit, sehingga proses renovasi akan dilakukan secara bertahap. Udah gitu, sudah keluar uang banyak, tentu si pemilik rumah tidak mau dong rugi hasil renovasinya standar doang.

Mau tau renovasi rumah yang menguntungkan? Berikut ini beberapa tips renovasi rumah yang akan membuat Anda merasa untung, khususnya untuk Anda yang ingin menjual kembali hunia tempat tinggal.

  • Hilangkan semua nafsu dan emosi

What? Emang ada hubungannya merenovasi rumah dengan nafsu dan emosi? Yap, pasti ada dong! Maksudnya ini cobalah kesampingkan semua keinginan dan selera pribadi ketika merenovasi rumah. It’s ok jika renovasi yang dilakukan untuk kebutuhan sendiri. Namun jika untuk keperluan “jual kembali”, maka haruslah menyesuaikan dengan selera para calon pembeli. Jelas, karena belum tentu calon pembeli punya selera yang sama dengan Anda. Jika ingin bisa dapatkan keuntungan yang lebih, maka pilihlah desain-desain rumah yang netral dan jangan neko-neko.

  • Jangan asal dan sembarangan ketika merenovasi rumah

Tips Renovasi RumahUntuk lebih menghemat budget Anda, sebaiknya Anda cek bagian-bagian rumah yang alami kerusakan akibat lama menghuni. Misalnya saja pintu utama yang desainnya jadul dan sudah dimakan oleh rayap, jika kondisinya seperti itu maka sebaiknya ganti.

Ganti dan pilih desain model terbaru, namun pastikan Anda tahu model yang paling banyak diminati. Tidak hanya pada model saja, perhatikan bahannya juga yang kini jadi trend. Apakah kayu jati atau besi dengan menggunakan ukiran atau polos.

  • Tingkatkan nilai rumah Anda

Caranya gimana? Mudah ajah seh, hanya merenovasi bagian-bagian tertentu jika kondisi rumah Anda sangat sangat layak ditempati. Cukup renovasi dengan menambahkan sentuhan sederhana namun seperti mengganti cat. Murah lah hanya mengganti cat saja ko!

Cara lainnya untuk meningkat nilai jual rumah Anda dengan tidak terlalu besar mengeluarkan dana adalah mengganti hal-hal kecil yang bisa membedakan tampilan rumah Anda menjadi lebih baru. Selain ganti cat, mungkin ganti model lampu dengan pilihan lampu yang lebih hemat energi. Selain merubah tampilan, perubahan sederhana tersebut bisa pancarkan suasana baru dan terlihat seperti rumah yang melakukan perombakan besar-besaran.

  • Perbesar ukuran kamar tidur dan juga kamar mandi

Selain melihat kondisi rumah, biasanya calon pembeli rumah juga akan melihat ukuran kamar tidur dan bahkan kamar mandi. Jika demikian, maka cobalah untuk menambah ukuran kamar tidur dan kamar mandi dan buat tampilan yang beda. Singkirkan atau buang jika ada barang yang sudah tidak digunakan dan khusus untuk kamar mandi, pastikan semua peralatan mandi seperti shower, toilet duduk, kran air untuk bak mandi semua berfungsi baik.

Cara sederhana bisa juga neh untuk menyatukan kedua ruangan tersebut, sehingga kamar mandi akan berada dalam satu ruangan kamar tidur. Konsep kamar tidur dengan adanya kamar mandi di dalam kini sedang trend. Hal ini akan membuat rumah Anda akan terkesan mewah dan tidak menutup kemungkinan calon pembeli akan tertarik untuk proses penawaran.

  • Anggap agen properti layaknya seperti teman

Layaknya teman, jika Anda menggunakan jasa agen atau broker properti untuk bisa mencarikan calon pembeli rumah, maka Anda bisa loh sharing atau minta pendapat model rumah yang banyak dicari dan jadi trend saat ini.

Agen atau broker properti biasanya lebih tahu tuh keinginan dan mau para calon pembeli mengenai rumah yang mereka inginkan. Nah dengan begitu, Anda tinggal gali informasi dan cobalah merenovasi rumah sesuai dengan keinginan para calon pembeli.

Semoga tips renovasi rumah ini bisa membantu Anda dalam menemukan informasi mengenai apa saja yang harus dilakukan untuk bisa mendapat keuntungan dari proses renovasi yang Anda lakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top