Anti Botak! 10 Cara Menumbuhkan Rambut dengan Cepat, Alami dan Mudah

Punya masalah kebotakan dan ingin tahu bagaimana cara menumbuhkan rambut dengan cepat, alami dan juga mudah? Simak tips dan cara berikut ini!

Anti Botak! 10 Cara Menumbuhkan Rambut dengan Cepat, Alami dan Mudah

Anti Botak! 10 Cara Menumbuhkan Rambut dengan Cepat, Alami dan Mudah. (Ganbar: Doc. Health Line)

Punya masalah kebotakan dan ingin tahu bagaimana cara menumbuhkan rambut dengan cepat, alami dan juga mudah? Setiap orang tentu ingin memiliki rambut yang tebal dan berkilau seperti iklan-iklan shampo. Namun kenyataan tidak seindah dengan realita yang ada. Fakta yang terjadi adalah ketika seseorang bertambah usianya, akan semakin bertambah juga folikel rambut yang berhenti bekerja. Kondisi ini akan menyebabkan rambut akan menipis dan tidak banyak seperti sebelumnya.

Cara Menumbuhkan Rambut dengan Bahan-Bahan Alami

Selain bertambahkan folikel rambut, semakin diperparah dengan masalah lain yakni rambut rontok. Banyak orang yang mengalami masalah ini, namun tidak perlu khawatir dan cemas ya! Ada banyak cara menumbuhkan rambut sekaligus menjaganya supaya tetap tebal. Tenang, cara menumbuhkan rambut ini menggunakan cara yang alami dan aman. Yuk simak penjelasannya berikut ini!

1. Aloe Vera atau Lidah Buaya

Aloe Vera atau Lidah Buaya
Aloe Vera atau Lidah Buaya. (Gambar: Doc. FirtCry Parenting)

Aloe vera atau lidah buaya dikenal bisa membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Tidak hanya itu, bahan-bahan yang terkandung di dalamnya juga efektif untuk mengurangi masalah rambut rontok dan ketombe loh!

Tips menggunakannya:

Ambil dan potong aloe vera dari batangnya, dan oleskan gel yang ada di dalamnya secara merata ke kulit kepala dan juga rambut. Setelah rata, pijat, dan diamkan beberapa saat hingga rambut terasa lengket. Bilas dengan air secara merata. Lakukan rutin, setiap pagi dan sore hari.

2. Minyak Kelapa

Anda bisa juga menggunakan minyak kelapa untuk membantu merangsang pertumbuhan rambut. Kandungan asam lemak yang ada di dalam minyak kelapa akan memberikan nutrisi sampai akar rambut dan bisa cegah kerontokan juga!

Minyak Kelapa
Gambar: Doc. Massage Magazine

Tips menggunakannya:

Ambil minyak kelapa, dan tuangkan ke kepala sambil pijat halus untuk merangsang sirkulasi darah sehingga bisa masuk sampai ke akar rambut. Diamkan, kurang lebih satu jam! Setelah itu bilas rambut dan keramas seperti biasa.

Baca Juga  Tips Kecantikan Cara Menghilangkan Komedo

3. Teh Hijau

Teh hijau juga bisa jadi alternatif cara menumbuhkan rambut loh! Kandungan antioksidan EGCG yang ada di dalam teh hijau akan mampu memberikan stimulus folikel rambut sekaligus mencegah kerusakan sel-sel rambut.

Teh Hijau
Gambar: Doc. Good Housekeeping

Tips menggunakannya:

Seduh satu atau dua kantong teh hijau dengan air mendidih. Kemudian diamkan minimal lima menit supaya mengurangi panas. Setelah limat menit, basuh rambut Anda menggunakan air teh hijau setelah langkah terakhir keramas dan berikan pijatan secara merata. Ingat, setelahnya tidak perlu lagi dibilas ya!

4. Gingseng

GingsengG
Gambar: Doc. Yogurt in Nutrition

Banyak yang bilang bahwa gingseng juga ampuh untuk membantu merangsang pertumbuhan rambut. Tidak hanya itu, tanaman dari Korea Selatan ini juga bisa membantu mencegah kerontokan pada rambut.

Tips menggunakannya:

Beda dengan yang cara yang lain, justru di sini Anda disarankan untuk mengonsumsi suplemen yang mengandung gingseng atau teh gingseng setiap hari. Antioksidan ginsenoside yang terkandung di dalam suplemen atau minuman teh akan memberikan nutrisi kepada rambut dari dalam.

5. Air Lemon

Cara lain yang bisa dilakukan bisa dengan menggunakan air perasan lemon sebagai masker untuk rambut. Adanya kandungan asam akan membuat pH pada rambut menjadi normal, di mana ini akan merangsang pertumbuhan rambut.

Tips menggunakannya:

Peras jeruk lemon dan kumpulkan air perasannya di dalam wadah. Gunakan air perasan lemon ini ke rambut yang kering. Diamkan sejenak, minimal 15 menit sehingga meresap ke kulit kepala. Bilas dengan air bersih dan kemudian keramas seperti biasa.

6. Kuning Telur

Selain enak, ternyata kuning telur juga bisa loh untuk menumbuhkan rambut! Kandungan vitamin A, E, dan Folat ini membantu untuk merangsang pertumbuhan pada rambut dan kulit kepala. Bahkan kandungan tersebut bisa membuat rambut menjadi lebih lembut.

Baca Juga  Begini Cara Mengaplikasikan Blush On Sesuai Bentuk Wajah

Tips menggunakannya:

Pisahkan kuning telur dan kocok hingga teksturnya berubah menjadi lebih cair. Ambil sedikit demi sedikit dan tempelkan ke kulit kepala yang kering diiringi dengan gerakan memijat. Setelah itu, diamkan selama satu jam dan bersihkan seperti layaknya keramas dengan air dingin sehingga bau amis hilang.

7. Minyak Zaitun

Jangan lupa untuk menggunakan minyak zaitun ketika melakukan perawatan rambut. Selain untuk merangsang pertumbuhan pada rambut, minyak ini juga membantu melembutkan sekaligus mencegah kerusakan rambut loh!

Tips menggunakannya:

Sama seperti menggunakan minyak kelapa, penggunaan minyak zaitun juga digunakan di kulit kepala dan sebelum keramas. Tambahakan pijatan di kepala, sehingga minyak zaitun bisa masuk sampai ke akar rambut Setelah itu diamkan selama 15 menit. Bilas menggunakan air hangat atau keramas seperti biasa.

8. Jus Bawang Bombay

Untuk Anda yang tahan dengan baunya, bisa mencoba cara menumbuhkan rambut menggunakan jus bawang bombay sebagai masker rambut. Adanya kandungan sulfur, ini akan mampu membantu meningkatkan produksi kolagen pada rambut.

Tips menggunakannya:

Pilih satu buah bawang bombay, dan blender hingga halus. Gunakan secara merata pada kepala dan diamkan selama 15 menit, supaya bisa meresap hingga ke kulit kepala. Bilas dan keramas hingga bersih supaya aroma bawang bombay hilang.

9. Jojoba Oil

Khasiat utama menggunakan jojoba oil membantu melembabkan rambut. Selain itu, ternyata minyak ini juga bisa mempercepat regenerasi rambut loh sehingga rambut akan tubuh lebih cepat dan juga sehat.

Tips menggunakannya:

Teteskan jojoba oil ke telapak tangan Anda, lalu basuh ke kepala dan pijat selama 10-15 menit untuk membantu meratakan minyak sehingga meresap ke kulit kepala. Setelah itu, keramas dengan air dingin seperti biasa.

Baca Juga  Masker Alami Ini Bisa Cerahkan Kulit Wajah!

10. Tips untuk Merangsang Pertumbuhan Rambut

Selain sembilan cara menumbuhkan rambut di atas, masih ada cara lain yang bisa dilakukan untuk merangsang pertumbuhan rambut. Ini dia beberapa cara lainnya:

  • Keramas menggunakan air dingin untuk mencegah rambur tidak mudah rontok.
  • Untuk para wanita, kurangi kebiasaan nyatok rambut dan mengeringkan rambut dengan hair dryer karena menimbulkan udara panas.
  • Sisir rambut secara perlahan.
  • Pijat kulit kepala dengan rutin untuk membantu melancarkan sirkulasi darah di area kepala.
  • Pilih konsumsi makanan yang sehat dan mengandung antioksidan, omega-3, serta vitamin E.
  • Hindari kebiasaan merokok demi untuk menjaga kelancara sirkulasi darah di kulit kepala.
  • Lakukan dengan konsisten dan rutin cara-cara di atas untuk memberikan nutrisi kepada rambut.

Dari 10 cara menumbuhkan rambut di atas, yang terpenting dan menjadi kunci untuk mendapatkan rambut yang sehat dan lebat dengan menjaga kesehatan sekaligus memberikan nutrisi yang cukup kepada kulit kepala sekaligus folikel kepala ini akan merangsang pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat.

Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *