3 Khasiat yang BIsa Didapat Bila Makan Memakai Tangan

Pernah makan memakai tangan? Selain lebih nikmat, ternyata makan memakai tangan memiliki khasiat dan manfaat untuk kesehatan! Apa saja khasiatnya?

Khasiat Makan Pakai Tangan

Khasiat Makan Pakai Tangan | Foto : IDN Times Sulsel

Sebelum menyatakan tentang guna santap gunakan tangan, perlu Anda ketahui bahwa pekerjaan makan melibatkan semua indra tubuh yang menciptakan santap menjadi sesuatu yang menyenangkan, khususnya santap tanpa bantuan sendok dan garpu.

Makan dengan menggunakan tangan dapat meningkatkan sensitivitas rabaan antara makanan dengan tubuh, pikiran dan jiwa, sampai kesenangan makanan itu sendiri.

Berikut ini ialah sejumlah manfaat santap menggunakan tangan yang bermanfaat untuk kesehatan Anda, di antaranya:

1. Meningkatkan rasa kenyang

Sebuah artikel kesehatan mengungkapkan, santap memakai tangan dapat meningkatkan rasa kenyang dibanding santap memakai sendok atau garpu. Di samping itu, riset tersebut pun mengungkapkan, ketika Anda santap gunakan tangan sambil memperhatikan koran atau menonton TV, Anda hendak tidak cepat lapar dan lebih memilih untuk mengonsumsi camilan.

Makan Pakai Tangan
Makan Pakai Tangan | Wow Menariknya

2. Membangkitkan emosi dan gairah

Manfaat santap gunakan tangan lainnya merupakan meningkatkan gairah dan emosi. Hal ini sehubungan sebab santap gunakan tangan memiliki kaitan dengan mudra (posisi tangan) yang merupakandasar untuk yoga dan meditasi. Berdasarkan penjelasan dari suatu tradisi, jari-jari tangan mewakili lima elemen: api, udara, air, surga, dan bumi.

Kelima bagian ini dipercaya dapat memengaruhi makanan dengan membersihkannya dari getaran negatif. Oleh karena itulah, guna santap gunakan tangan menjadi pengalaman indrawi yang dapat membangunkan emosi dan gairah.

Di samping itu, ujung-ujung saraf di ujung jari juga dapat merangsang pencernaan. Merasakan makanan anda menjadi kiat memberi sinyal pada perut bahwa Anda akan makan. Dengan begitu, anda menjadi lebih sadar mengenai tekstur, aroma dan rasa.

Pada akhirnya, guna santap gunakan tangan dapat membantu Anda untuk membangun hubungan dengan apa yang Anda makan dengan penuh kesadaran.

Baca Juga  Variasi Hidangan Kue Natal Menggiurkan yang Berasal dari Eropa

3. Lebih higienis

Meski hal ini tidak sedikit berlawanan dengan apa yang dipercayai masyarakat pada umumnya, guna santap gunakan tangan ternyata lebih higienis dibanding santap memakai perlengkapan makanan.

Makan pakai tangan jauh lebih higienis daripada dengan perangkat santap sebab perlengkapan makanan hanya dimurnikan satu kali, sementara Anda dapat membasuh tangan sebanyak kali dalam sehari.

Ketika Anda makan dengan tangan, bakteri baik yang ada di tangan dipertahankan dan tubuh mengejar perlindungan dari bakteri berbahaya. Tentu saja, urgen untuk kita untuk mencuci tangan sebelum dan setelah santap guna meyakinkan bahwa tangan tetap bersih dan higienis.

Pada akhirnya, seseorang yang terbiasa santap memakai tangan akan selalu mencuci tangan sebelum menikmati makanan. Kebiasaan ini secara langsung akan menjaga kehigienisan tangan dibanding perangkat makanan yang akan Anda gunakan, terutama bila Anda tidak mengetahui bagaimana perangkat makanan tersebut dicuci.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *