5 Kandungan Penting yang Ada Pada Air Minum Sehat untuk Kesehatan Tubuh Anda

Kandungan Penting yang Ada Pada Air Minum Sehat untuk Kesehatan Tubuh

Gambar: Doc. Freepik/jannoon028

Semua pasti tahu bahwa air punya peran yang penting bagi kesehatan tubuh kita. Itu kenapa mengkonsumsi air setiap hari adalah hal penting untuk dilakukan.

Pemilihan air yang dikonsumsi juga penting dilakukan agar mendapatkan manfaat yang optimal dari air minum dan juga  menghindari berbagai kemungkinan datangnya penyakit karena air yang telah terkontaminasi.

Pastikan memilih air minum sehat yang juga aman untuk dikonsumsi, seperti air mineral pegunungan.

Air jenis ini mengandung berbagai mineral yang punya peran penting untuk kesehatan tubuh  karena memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing. Apa saja manfaat tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Magnesium

Magnesium adalah mineral penting bagi manusia, memainkan peran kunci dalam banyak proses biologis melalui fungsinya dalam aktivitas enzim.

Misalnya, sebagai kandungan yang terlibat dalam produksi energi, rangsangan neuromuskuler, kontraksi otot, pembekuan darah, protein dan metabolisme asam nukleat.

Telah disarankan bahwa penuaan, stres dan berbagai penyakit dapat meningkatkan kebutuhan magnesium.

Asupan yang tidak memadai dan gangguan penyerapan magnesium dianggap berkontribusi terhadap gangguan pada manusia seperti osteoporosis, hipertensi dan penyakit vaskular aterosklerotik.

Gejala kekurangan magnesium antara lain hilang nafsu makan, mual, muntah, kelelahan, dan lemah.

Jika sampai terjadi kekurangan magnesium yang parah pada tubuh Anda, dapat berbagai dampak negatif seperti mati rasa, kesemutan, kram otot, kejang, perubahan kepribadian, hingga irama jantung yang tidak normal. (1)

Minum Air Mineral dari Pegunungan, Tubuh Sehat
Gambar: Doc. Freepik

2. Kalium

Kalium adalah mineral penting karena punya fungsi untuk sebagai elektrolit untuk mendistribusikan cairan dalam tubuh dan menggunakan energi yang ada sehingga dapat  memfasilitasi berbagai fungsi tubuh yang penting.

Beberapa fungsi dari elektrolit yang sangat penting untuk tubuh antara lain adalah, mengontrol keseimbangan cairan Anda, mengatur tekanan darah Anda, membantu otot Anda berkontraksi – termasuk jantung Anda, menjaga keasaman darah yang benar (pH) Anda. (2)

Air Mineral dalam Kemasan
Gambar: Doc. Freepik/topntp26

3. Kalsium

Tubuh Anda membutuhkan kalsium untuk membangun dan memelihara tulang yang kuat. Jantung, otot, dan saraf Anda juga membutuhkan kalsium untuk berfungsi dengan baik.

Baca Juga  Bagaimana Menjaga Tubuh Tetap Sehat saat Musim Pancaroba?

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kalsium, bersama dengan vitamin D, mungkin memiliki manfaat di luar kesehatan tulang: mungkin melindungi terhadap kanker, diabetes dan tekanan darah tinggi

Jika Anda tidak mendapatkan kalsium yang cukup, Anda dapat menghadapi masalah kesehatan terkait dengan tulang yang lemah seperti, anak-anak mungkin tidak mencapai potensi tinggi badan orang dewasa atau orang dewasa mungkin memiliki massa tulang yang rendah, yang merupakan faktor risiko osteopor. (3)

4. Klorida

Klorida diperlukan untuk kehidupan. Tubuh Anda mengandung sekitar 155 miligram Klorida, elektrolit utama yang menyumbang 70 persen ion negatifnya.

Zat ini didistribusikan ke seluruh tubuh Anda, termasuk darah, getah bening dan cairan di dalam dan di sekitar sel Anda.

Sebagai ion negatif, ion ini memberikan keseimbangan terhadap ion positif di dalam sel Anda, kebanyakan kalium, dan di luar sel Anda, sebagian besar natrium. Di perut Anda, itu bergabung dengan hidrogen untuk membuat asam Klorida yang membantu mencerna makanan.

Dalam darah, ini membantu menjaga keseimbangan pH dan membawa limbah karbon dioksida. Dalam sistem saraf, ia terlibat dalam transmisi impuls listrik. (4)

air mineral pegunungan
Gambar: Doc. Freepik

Nah, itulah beberapa mineral yang terkandung di air minum sehat beserta manfaatnya. Untuk air putih berkualitas selalu pilihlah AQUA, karena kesegarannya tetap terjaga, setiap tetes kemurniannya melalui lebih dari 400 cek kualitas, dan dikemas langsung dari sumbernya. AQUA juga terpercaya lebih dari 45 tahun menghadirkan kesehatan dari tiap tetes air mineral gunung vulkanis.

Selain segar, beragam kandungan baik seperti magnesium, kalsium, zinc, silika, dan zat lainnya mampu menyehatkan organ tubuh. Mineral yang terkandung di dalam AQUA juga merupakan mineral yang terlindungi, karena AQUA melindungi ekosistem di sekitar sumber air dan sumber air itu sendiri.

Baca Juga  Kini, Situs Kesehatan SehatQ.com Tak Hanya Sajikan Informasi Medis

Source:

  1. http://www.mgwater.com/benefits.shtml
  2. https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/akibat-kekurangan-kalium/#:~:text=Kalium%20adalah%20mineral%20penting%20yang,dan%20saraf%20yang%20mengendalikan%20jantung.
  3. https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/akibat-kekurangan-kalium/#:~:text=Kalium%20adalah%20mineral%20penting%20yang,dan%20saraf%20yang%20mengendalikan%20jantung.
  4. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/calcium-supplements/art-20047097#:~:text=The%20benefits%20of%20calcium,diabetes%20and%20high%20blood%20pressure.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *