5 Kiat Tepat untuk Terhindar dari Virus Corona

5 Kiat Tepat untuk Terhindar dari Virus Corona

Gambar: Dok. Liputan6

Virus covid19 atau corona saat ini sedang menjadi suatu masalah serius yang di alami oleh berbagai negara. Jumlah kasus positif virus covid19 mencapai lebih dari 1,8 juta kasus dengan jumlah kematian lebih dari 114.000 jiwa. WHO sebagai induk organisasi kesehatan dunia mengeluarkan banyak anjuran-anjuran untuk penanganan kasus covid19 di dunia mulai dari awal merebaknya yaitu di Wuhan China hingga saat ini yang telah menjadi pandemi global.

Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki jumlah kasus besar covid19 juga menerapkan aturan-aturan dari WHO tersebut untuk menghindari terus bertambahnya kasus yang bisa mengakibatkan kematian ini.

Berikut ini adalah anjuran yang dikeluarkan oleh WHO dimana sebagian besar telah juga digunakan atau diterapkan di Indonesia:

1. Mencuci tangan sesering mungkin.

Tangan merupakan sarana yang digunakan manusia untuk menyentuh benda-benda di sekitarnya. Tanpa diketahui benda-benda di sekitar bisa saja sudah terkontaminasi virus covid19 yang bisa menempel dan masih aktif selama berjam-jam bahkan hari di luar tubuh manusia. virus tersebut kemudian menempel di tangan Anda dan tanpa disadari Anda juga menggunakan tangan yang sudah terkontaminasi itu untuk mengusap wajah, membersihkan mata atau menyentuh hidung karena gatal.

Mencuci tangan sesering mungkin untuk Terhindar dari Virus Corona
Gambar: Doc. HaloDoc

Dengan cara-cara itulah virus masuk dan menginfeksi tubuh orang sehat. Karenanya, WHO menganjurkan untuk sering mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Anda juga bisa mencuci tangan dengan alkohol kadar minimal 60% jika tidak menemukan air dan sabun.

2. Social distancing.

Social Distancing
Gambar: Dok. HaloDoc

Jaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter. Hal ini ditujukan agar saat seseorang batuk, bersin atau bicara, droplet yang keluar dari mulut dan hidungnya tidak Anda hirup karena berada di jarak yang aman. Karena itu, hindari kerumunan orang karena Anda tak pernah tahu kapan seseorang diantara mereka akan bersin atau batuk dan bisa jadi orang tersebut sudah positif corona.

Jaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter. Hal ini ditujukan agar saat seseorang batuk, bersin atau bicara, droplet yang keluar dari mulut dan hidungnya tidak Anda hirup karena berada di jarak yang aman. Karena itu, hindari kerumunan orang karena Anda tak pernah tahu kapan seseorang diantara mereka akan bersin atau batuk dan bisa jadi orang tersebut sudah positif corona.

3. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut.

Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut.jpg
Gambar: Dok. Wearniasia

Penularan virus terjadi melalui mulut, hidung, serta mata seseorang dapat terkena virus ini baik langsung menghirupnya maupun dari tangan Anda yang terkontaminasi dan digunakan untuk menyentuh wajah. karena itu hindari menyentuh mata, hidung dan mulut jika Anda belum mencuci tangan.

4. Etika batuk.

Etika Batuk
Gambar: Dok. Line Today

Lakukan etika batuk dan ajarkan kepada orang-orang terdekat. Etika batuk yaitu menutupi mulut dan hidung saat Anda batuk dan bersin agar droplet yang keluar dapat tertahan di siku dalam. Anda juga bisa menggunakan tisu untuk menutupi mulut dan hidung kemudian membuang tisu tersebut di tempat sampah.

5. Tetap di rumah saat sakit ringan.

Tetap di rumah saat sakit ringan
Gambar: Dok. ProSehat

Saat Anda merasa tidak enak badan, tetap di rumah dan gunakan masker terutama saat Anda mengalami gejala batuk dan pilek. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter secara online di Halodoc sehingga Anda tak perlu datang langsung ke rumah sakit. Akan tetapi jika gejala yang dirasakan bertambah menjadi demam dan sesak nafas, segera hubungi rumah sakit rujukan atau layanan medis untuk mendapatkan penanganan.

Itulah beberapa anjuran dari WHO yang juga diterapkan oleh pemerintah Indonesia demi mencegah penyebaran virus corona. Bagi Anda masyarakat yang sehat, sebaiknya tetap di rumah dan jika harus keluar rumah jangan lupa menjaga jarak dengan orang lain dan menggunakan masker. Jaga imunitas tubuh dengan makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup untuk membantu tubuh melawan virus dari dalam.

1 thought on “5 Kiat Tepat untuk Terhindar dari Virus Corona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *