5 Tips Belajar Bass Gampang Buat Pemula

Hobi main gitar khususnya gitar bass? Ini tips 5 tips belajar bass gampang buat para pemula. Praktekkan yah!

5 Tips Belajar Bass Gampang Buat Pemula

Main bass kedengarannya sulit apalagi kalau dibandingkan dengan gitar. Buat pemula terutama, memang diperlukan waktu yang lebih banyak serta konsisten dalam belajar bass kalau ingin cepat mahir.

Meskipun begitu, sebenarnya tidak akan terlalu sulit apabila kamu tahu tips – tips belajar bass buat pemula berikut ini. Yuk, simak langsung rangkumannya!

 1. Belajar Teori Dasar

Saat pertama kali belajar main bass, penting untuk memahami teori – teori dasarnya terlebih dulu. Teori dasar main bass mencakup tangga nada mayor minor, pentatonik mayor minor, dan intervall. Kalau belum tahu tentang itu, yang ada skill bermain bass nggak bertambah!

Selain itu, memahami teori dasar akan membuat kamu lebih mudah memainkan banyak lagu di semua kunci dan juga main bass jadi lebih luwes. Teknik main bass bakal kelihatan seperti profesional, nih.

2. Belajar Letak Nada Fretboard

Setelah itu, saat belajar main bass perlu juga untuk mempelajari letak nada di fretboard demi kemajuan skill kamu. Bermain berdasarkan feeling sih boleh saja, tapi alangkah lebih baiknya kalau kamu paham betul letak persisnya suatu nada. Ini akan membuat kamu bisa memainkan lagu di berbagai fretboard.

Belajar Gitar Bass
Belajar Gitar Bass | Foto : BukaReview

3. Belajar Berbagai Jenis Musik

Musik terdiri dari banyak genre dan jenisnya. Salah satu tips biar cepat belajar main bass bisa dengan belajar berbagai jenis musik. Itu karena sebagai pemain bass kamu harus mampu fleksibel untuk memahami lagu – lagu yang nanti dimainkan. Dengan begitu, skill kamu dalam bermain bass pun akan semakin meningkat. Misalnya efek – efek seperti apa yang ada di bass, bisa dipelajari dari berbagai genre musik atau bisa coba cek di sini buat tahu efek bass band pop https://www.guitarsquartz.net/2019/07/tips-efek-bass-untuk-band-pop-punk.html.

Baca Juga  Mengapa Drama-drama Korea Selalu Menarik untuk Ditonton?

 4. Mengulik Banyak Lagu Baru

Nah, masih berhubungan dengan poin tadi, yang harus kamu lakukan selanjutnya ialah mengulik dan mengeksplorasi lagu demi menambah perbendaharaan skill main bass. Dengan memainkan banyak lagu, kamu bisa melatih kepekaan telinga ketika mencari dan menemukan nada, misalnya untuk mempelajari dan menguasai not balok tanpa tablatur.

5. Belajar Teknik Main Bass Dari Profesional

Tips lainnya kalau mau belajar main bass dan cepat mahir kamu bisa dengan belajar langsung teknik main bass dari pemain bass profesional. Bukan berarti harus les langsung, bisa juga dengan banyak menonton permainan mereka dan kamu ikuti. Mulai dari meniru nantinya kamu akan menemukan teknik main bass kamu sendiri.

Demikianlah artikel mengenai 5 tips belajar bass gampang buat pemula yang akan bikin kamu cepat mahir belajar teknik main bass. Bermain bass nggak sulit kalau kamu punya niat yang kuat saat belajar dan pastinya dengan rutin latihan setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *