Bagaimana Menjaga Tubuh Tetap Sehat saat Musim Pancaroba?

Ada beberapa cara untuk membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit. Di bawah ini beberapa cara yang sehat dan aman supaya tubuh tetap bugar saat musim pancaroba.

Bagaimana Menjaga Tubuh Tetap Sehat saat Musim Pancaroba?

Memasuki musim pancaroba yaitu masa pergantian dari musim hujan ke musim panas, atau sebaliknya. Seringkali pada masa peralihan musim ini, perubahan suhu sangat ekstrim. Dari yang dingin tiba-tiba menjadi panas. Akibatnya udara menjadi hangat dan lembab. Keadaan suhu udara seperti itu yang membuat menambah kuman cepat sekali berkembang biak dan menular.

Banyak orang terserang berbagai jenis penyakit ketika pancaroba. Batuk, demam, masuk angin, asma, pilek, dan diare adalah contoh penyakit-penyakit yang sering muncul saat masa pergantian musim.

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Pancaroba Tanpa Efek Samping

Lalu cara apa yang sebaiknya dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit? Ada beberapa cara untuk membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit. Di bawah ini beberapa cara yang sehat dan aman supaya tubuh tetap bugar saat musim pancaroba.    

1. Teratur Berolahraga dan Istirahat Cukup

Meningkatkan daya tahan tubuh sebenarnya bukan hal yang cukup sulit. Yang terpenting tanamkan niat ingin sehat yang kuat. Jika sudah mempunyai niat yang kuat maka lakukanlah olahraga secara rutin setiap harinya.

Rutin olahraga

Olahraga sangat efektif untuk menjaga kesehatan tubuh. Anda bisa memulainya dengan melakukan aktivitas olahraga ringan, seperti jalan santai setiap pagi, senam, atau bersepeda jarak dekat.

Sambil mulai merutinkan olahraga, perhatikan juga waktu istirahat Anda. Jangan sampai karena terlalu bersemangat olahraga, sampai lupa istirahat. Ini sangat membahayakan tubuh. Tubuh juga membutuhkan istirahat yang cukup agar daya tahan tubuh meningkat.

Tidur yang cukup

2. Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Sebaiknya lebih hati-hati saat Anda mengkonsumsi makanan yang akan masuk ke dalam tubuh. Hindari makanan yang mengandung banyak bahan pengawet, kolesterol, dan kandungan lemak. Sebagai gantinya, konsumsi makanan bergizi tinggi seperti buah-buahan, sayuran, daging, atau menu sehat lainnya.

Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Jenis makanan yang mengandung nutrisi dan gizi tinggi akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Tubuh menjadi lebih kuat dan tahan terhadap berbagai macam kuman, bakteri, dan virus yang menyebabkan penyakit.

Baca Juga  Manfaat Donor Darah Bagi Pendonor

3. Cukupi Kebutuhan Air Minum

Dilansir dari situs sehatq.com, seorang laki-laki harus mengkonsumsi air minum sebanyak 3,7 liter atau 15,5 gelas per hari. Sedangkan, bagi perempuan jumlah konsumsi air minum setiap harinya 2,7 liter atau setara dengan 11,5 gelas.

Cukupi Kebutuhan Air Minum

Minum air putih atau air mineral dalam jumlah yang cukup akan membuat tubuh lebih sehat. Selain itu juga bermanfaat untuk membuang sisa-sisa residu makanan di dalam tubuh. Makanan yang biasa dikonsumsi membawa zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu harus dibersihkan dengan minum air.

4. Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

rajin cuci tangan setelah beraktivitas

Membentengi tubuh dari ancaman penyakit juga bisa dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Anda dapat membiasakan diri untuk mencuci tangan menggunakan sabun.

Bersihkan lingkungan di sekitar tempat tinggal Anda. Kuman dan bakteri penyebab penyakit sangat tidak akan menyukai tempat yang terjaga kebersihannya. Sebaliknya, mereka sangat suka berdiam di tempat-tempat kotor.

Menjaga kebersihan rumah dan lingkungan

5. Mengkonsumsi Suplemen Herbal

Supaya daya tahan tubuh semakin kuat, Anda bisa meningkatkannya dengan mengkonsumsi suplemen herbal multivitamin. Mengkonsumsinya secara rutin setiap hari mencegah penyakit musim pancaroba seperti pilek, flu, atau demam menyerang tubuh.

Minum Tolak Angin sebagai pengganti suplemen herba

Tolak Angin merupakan sebuah produk herbal yang sudah teruji secara ilmiah dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Tolak Angin aman dan berkhasiat bagi tubuh karena dibuat dari bahan herbal alami seperti daun mint, kayu ules, daun cengkeh, madu, adas, dan jahe.

Sudah sejak tahun 1930 ramuan tersebut diformulasikan hingga menjadi sebuah produk herbal yang berkhasiat. Menjaga tubuh dari Gejala masuk angin seperti meriang, kedinginan, sakit perut, kembung, mual, batuk dan tenggorokan kering. Tolak Angin aman untuk dikonsumsi karena sudah melalui tahaj uji toksisitas dan uji khasiat. Datangnya musim pancaroba harus diwaspadai dengan meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca Juga  Wabah Penyakit Difteri di Masa Pandemi, Kenali Gejala dan Penyebabnya!

Dengan melakukan cara-cara di atas maka penyakit tidak akan menyerang tubuh karena daya tahan tahan tubuh kuat. Kini Tolak Angin sudah dapat dibeli secara online via www.sidomunculstore.com dan Official Store Sido Muncul di Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak, Lazada dan JD.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *