Bertahan di Tengah Pandemi dengan Jualan Daging Frozen Online

Bertahan di Tengah Pandemi dengan Jualan Daging Frozen Online

Gambar: BisnisUKM

Pandemi virus covid-19 membuat seluruh dunia berduka, termasuk di Indonesia yang kini jumlah kasus setiap hari terus bertambah. Kondisi ini membuat pemerintah pada awal-awal terindentifikasi kasus positif di Indonesia, ada ajuran untuk stay at home dan work from home. Mulai dari Jakarta, hingga akhirnya seluruh kota di seluruh provinsi menerapkan hal yang sama.

Pandemi Covid-19 Bawa Perubahan dalam Hidup
Gambar: Tribunnews

Kondisi yang seluruhnya mengharuskan sekolah, kerja dari rumah dan aktivitas yang serba dibatasi tentu ini memberikan efek terhadap ekonomi masyarakat. Banyak perusahaan yang akhirnya dengan berat hati mengakhir kontrak, dan merumahkan karyawan alias PHK tentu menjadi hal yang sangat disayangkan. Kondisi ini dialami oleh penulis sendiri.

Sebelum masa pandemi, penulis merupakan salah satu karyawan kontrak yang bekerja di salah satu online publisher sebagai SEO Specialist Supervisor. Namun karena kondisi yang terjadi, saya harus ikhlas jika kontrak tidak diperpanjang diakibatkan karena perusahaan memang harus melakukan efisiensi yang pada akhirnya tidak memperpanjang hampir 90% karyawan kontrak. Tidak fair lah jika menganggap gara-gara pandemic kontrak saya tidak diperpanjang, namun memang ada KPI yang tidak bisa saya capai dengan kondisi dan beberapa alasan kenapa KPI tersebut tidak tercapai.

Tidak dipungkiri, saat ini saya juga masih menghandle salah satu project freelance salah satu brand namun untuk menutupi pengeluaran bulanan ini tidak bisa menjadi tumpuan karena sistem pembayarannya yang menggunakan termin. Selain itu tentu ada project lain yang didapatkan dari setiap blog yang saya kelola, seperti content placement atau project sebagai KOL blogger untuk salah satu agency teman. Namun balik lagi, seluruh pembayaran project itu menggunakan sistem termin yang pada akhirnya tergantung dari cepat atau tidaknya pembayaran dari sisi client.

PHK Massal ketika Corona
Gambar: Sukabumi Update

Singkat kata, terbesit di pikiran untuk mencoba berdagang online yang tujuannya untuk menutupi kebutuhan bulanan. Bukan hanya itu, dalam hati saya berniat memang ingin terus berjualan sebagai mata pencaharian. Intinya she, sudah mulai bosan kerja dengan orang terus! hehehehhe

Baca Juga  Mengenal Bisnis PPOB Secara Mudah

Ide ini juga muncul karena kakak ipar juga ingin berjualan online, namun berbeda provinsi. Sebetulnya keinginan untuk mencoba berdagang ini sudah dari lama, namun memang belum sempat memikirkan konsep dan mau jualan apa. Bisa dibilang, jualan ini dadakan karena sempat terbesit untuk daftar jadi ojol karena tentu akan sangat membosankan di rumah tanpa melakukan aktivitas.

Jualan Daging Beku Online Via Instagram
Gambar: Instagram / @kangdagink

#AwaliDenganKebaikan dengan niat baik sekaligus berdiskusi dengan istri, muncullah ide untuk memutuskan berjualan daging frozen secara online. Alasan kenapa lebih memilih daging beku, karena memang distributor dekat dari rumah sehingga pengecekan stock sendiri bisa lebih cepat dan harganya cenderung lebih murah dibandingkan dari marketplace atau olshop yang lain.  

Awalnya hanya menawarkan ke teman dan kerabat dekat via whatapps saja, namun antusiasnya lumayan. Bahkan saya sendiri yang langsung mengantarkan daging tersebut hingga sampai ke tangan pembeli. Alhamdulillah, setelah 1 minggu akhirnya memutuskan untuk membuat instagram sebagai media untuk berjualan. Bismillah!

Namanya usaha, tentu harus punya konsep yang matang dan juga modal loh! Mulai dari penentuan harga, konsep pemesanan, hingga pengiriman pun diputuskan dengan berdiskusi. Setelah berjalan 2 mingguan ini, ternyata berdagang online bukan hal yang mudah untuk dilakukan karena butuh konsistensi ketika menjalankannya.

Ketika berdagang, mau online atau offline tentu butuh perlindungan yang akan membuat tenang hati dak pikiran. Salah satu cara untuk memberikan perlindungan, adalah produk asuransi syariah. Salah satunya produk asuransi syariah Indonesia dari Allianz yang di dalamnya memberikan perlindungan maksimal plus potensi nilai investasi baik saat Anda berada di samping keluarga tercinta bahkan ketika Anda sudah tiada.

Tidak hanya itu, Allianz tentu peduli terhadap seluruh peserta asuransinya dan ingin membantu lebih banyak. Oleh karena itu Allianz kini tengah mengkampanyekan sebuah gerakan yang dinamai #AwaliDenganKebaikan. Kampanye ini memang diperuntukkan untuk seluruh peserta asuransi untuk saling membantu sesama khususnya antar sesama peserta asuransi.

Baca Juga  Cara Mudah Memperbaiki Vacuum Cleaner Sendiri

Dalam program ini, Allianz mengumpulkan dana tampungan yang diperoleh dengan menyisihkan sedikit dari uang iruan bulanan dari para peserta asuransi untuk bisa membantu peserta asurasi lainnya yang sedang terkena musibah dan membutuhkan uluran tangan. Apalagi di tengah kondisi saat ini yang semua orang merasa kesulitan ekonomi tentu program ini akan sedikit meringankan beban hidup peserta asuransi yang terkena imbas dari pandemi ini.

Ternyata ada banyak hikmah yang bisa dipetik dari musibah saat ini yang saya rasain. Saya melihat banyak orang berjuang dengan kreativitas dan kemampuannya sendiri untuk tetap bertahan dalam kondisi sulit. Termasuk saya yang pada akhirnya berani untuk memutuskan berjualan via instagram dengan kemampuan yang saya miliki. Semoga kita semua bisa tetap positif dan pandemi ini akan segera berakhir sehingga kondisi bisa kembali normal seperti sedia kala.

Logo Kang Dagink
Gambar: Instagram / @kangdagink

Untuk yang membutuhkan bisa langsung kontak admin di instagram @kangdagink

Kang Dagink | Jual Frozen Food
Jual berbagai jenis daging sapi, ayam, dan bebek beku
Open PO setiap hari Rabu – Jumat
WA : 085772133350

Mohon doanya ya gaes, semoga dagangan ini bisa laku dan terus berjalan. Aaamiiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *