Cara Atasi Demam Anak Saat Bepergian

Cara Atasi Demam Anak Saat Bepergian

Gambar: Dok. Alodokter

Liburan bersama seluruh anggota keluarga harusnya menjadi momen yang menyenangkan. Namun, bagaimana jika sang buah hati tiba-tiba kurang enak badan? Dalam hal ini, Anda harus tahu bagaimana cara atasi demam anak saat bepergian. Dengan mengetahui cara ini, liburan Anda tidak berubah menjadi momen yang kurang mengasyikkan.

Yang perlu Anda lakukan adalah persiapan yang matang. Selain memastikan Anda membawa kebutuhan yang diperlukan saat liburan, Anda juga harus mempersiapkan apa saja yang diperlukan, terutama kotak P3K atau Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan. Selain itu, perhatikan juga cara mengatasi demam anak berikut ini:

1. Mengukur Suhu Tubuh Si Kecil

Ketika anak tiba-tiba lemas, coba cek bagian kening dan juga leher anak. Jika terasa panas, segera ukur suhu tubuhnya dengan menggunakan termometer. Letakkan alat pengukur suhu tubuh ini di bagian ketiak atau mulut. Kemudian cek berapa suhu tubuhnya.

Mengukur Suhu Tubuh Anak
Gambar: Dok. Tirto

Anda tidak perlu terlalu khawatir jika suhu tubuhnya tinggi. Anda bisa tetap melanjutkan perjalanan sambil mengecek suhu tubuh anak secara berkala. Setidaknya Anda mengecek suhu tubuh setiap 4 jam sekali. Jika suhu tubuhnya stagnan atau bahkan menurun, Anda bisa lega. Namun, jika suhu tubuhnya semakin naik, sebaiknya segera lakukan pengobatan sebelum terjadi masalah komplikasi.

2. Pakaikan Baju yang Nyaman

Pakaikan Baju yang Nyaman
Gambar: Dok. Popmama

Ketika anak mulai demam, maka ia pasti merasa kurang nyaman. Untuk itu, ganti pakaian yang ia kenakan dengan baju yang nyaman. Lepaskan jaketnya jika ia memakai jaket. Ganti baju yang tebal dengan baju yang tipis dan longgar. Ini akan membuat suhu tubuhnya yang panas keluar sehingga demam bisa lebih cepat turun.

3. Berikan Air Putih yang Banyak

Saat anak demam, maka tubuhnya mengeluarkan kekurangan cairan. Jika itu yang terjadi, maka anak rawan mengalami dehidrasi. Cegah dengan cara memberikan air putih. Mintalah si kecil minum putih dalam jumlah yang banyak. Ini bagian yang sangat penting dari semua cara atasi demam anak.

Berikan air putih yang banyak
Gambar: Dok. Mommyasia

Oleh sebab itu, pastikan Anda membawa air putih dalam jumlah yang banyak. Ini untuk mengantisipasi jika ternyata ada anggota keluarga yang demam. Setidaknya, dengan membiarkan anak minum air putih, maka dehidrasi bisa dihindari.

Baca Juga  4 Efek Samping Negatif Gangguan Alergi Pada Kehidupan Sehari-hari

Akan lebih baik juga jika Anda berhenti sejenak dan mencari tempat makan yang menyajikan makanan seperti sup ayam. Makanan seperti ini sangat membantu menurunkan demam anak. Anda juga bisa berikan berbagai jenis buah-buahan yang mengandung mineral, seperti buah semangka, jeruk, pir, dan lain sebagainya.

4. Biarkan Anak Beristirahat

Jika suhu tubuh sangat tinggi, anak akan sangat lemas sekali. Sebaiknya, jangan paksakan anak untuk ikut beraktivitas selama menghabiskan liburan. Tidak pula Anda balik arah dan pulang ke rumah. Anda bisa tetap melanjutkan liburan. Akan tetapi, Anda bisa biarkan anak istirahat.

Biarkan Anak Beristirahat
Gambar: Dok. Tribunnews

Jika Anda menyewa kamar hotel, biarkan anak tinggal di hotel. Sementara itu, ada salah satu yang menjaganya. Sementara itu, anggota keluarga lainnya bisa melanjutkan kegiatan liburan. Dengan beristirahat, maka demam akan lebih mudah turun.

5. Gunakan Hansaplast Cooling Fever

Untuk mempecepat penurunan suhu tubuh, Anda bisa gunakan Hansaplast Cooling Fever. Tempelkan Hansaplast Cooling Fever pada dahi anak agar suhu panas dari dalam tubuh terserap dan anak lebih cepat fit kembali.

Terkadang, anak tidak mau ketika harus ditempel Cooling Fever pada dahinya. Apalagi jika anak Anda masih balita. Biasanya, anak balita takut jika harus mendapatkan treatment semacam itu.

Gunakan Hansaplast Cooling Fever
Gambar: Dok. keluargamulyana.com

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Ada Hansaplast Cooling Fever khusus anak-anak. Hansaplast Cooling Fever ini dibuat dengan desain gambar atau karakter Avengers dan Frozen. Anda bisa pilihkan kira-kira karakter kartun mana yang anak Anda suka.

Terdapat gel pada Hansaplast Cooling Fever ini. Gel tersebut mengeluarkan aroma Peppermint dan Wintergreen oil yang menenangkan sehingga anak nyaman dan bisa tidur nyenyak. Cooling Fever ini ada perekatnya sehingga tidak mudah jatuh meskipun anak aktif bergerak. Yang pasti, mengatasi demam anak harus dilakukan dengan tenang dan #GakPakeDrama. Anak pasti suka dengan gambar karakter kartun pada Hansaplast Cooling Fever ini.

Baca Juga  Ingin Memiliki Perut Rata Maksimal? Gunakan Pose Yoga Ini

Itulah beberapa tips atasi demam anak yang bisa Anda lakukan. Jadi, meskipun saat bepergian, Anda tetap bisa membantu anak menurunkan demam agar ia bisa segera berkumpul dengan anggota keluarga lainnya bermain bersama selama masa liburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *