Cara Mengatasi Uban Agar Tidak Tumbuh Lagi

Cara Mengatasi Uban Agar Tidak Tumbuh Lagi

Mempunyai rambut hitam dan lebat bagi sebagian orang yang sudah berumur memang menjadi harapan tersendiri. Selain warna rambut mereka yang semakin putih atau beruban. Meski begitu, pada kenyataannya banyak pula orang yang masih muda justru sudah beruban. Karena ini, mereka tak percaya diri dengan penampilannya.

Diketahui bersama, uban adalah tanda tubuh yang menunjukkan tubuh kita sudah tidak lagi memproduksi melanin atau pigmen warna rambut. Umumnya, kondisi ini dialami oleh orang pada usia yang menginjak usia 40 tahun ke atas.

Sementara itu, yang menjadi masalah adalah banyak juga anak muda saat ini yang sudah beruban. Otomtais hal ini menjadi sesuatu yang berdampak rasa percaya diri semakin berkurang, apalagi penampilannya.

Untuk mengatasi persoalan tersebut, ada beberapa cara mengatasi uban agar tidak tumbuh lagi. Tentunya langkah-langkah ini menggunakan bahan alami. Sehingga, resiko yang dialami jauh dari kata bahaya, dibandingkan dengan penggunaan obat kimia yang memang harganya mahal.

  • Menggunakan campuran antara minyak kelapa dan lemon

Dengan kombinasi antara lemon dan minyak kelapa ternyata bisa membuat rambut kita semakin hitam, dan menghambat uban bisa tumbuh di usia muda. Selain mudah didapat, kedua bahan ini juga sangat murah meriah.

Untuk menggunakannya, caranya dengan memeras lemon untuk diambil airnya. Setelah itu, siapkanlah 5 sendok minyak kelapa secukupnya saja. Apabila kedua bahan ini sudah Anda siapkan, selanjutnya campurkanlah kedua bahan ini sampai benar-benar tercampur dengan rata.

Cara Mengatasi Uban Agar Tidak Tumbuh Lagi

(Sumber: Harapanrakyat.com)

Kemudian, gunakan campuran lemon dan minyak kelapa ini untuk dioleskan pada rambut Anda, baiknya digunakan setelah Anda melakukan keramas. Saat mengoleskan bahan ini, kalau bisa sambil memijat-mijat kepala secara perlahan sampai merata. Kemudian diamkanlah sekitar 30 menit atau Anda perlu menunggu sampai kondisinya mengering. Apabila sudah kering, selanjutnya rambut tersebut dibilas dengan air bersih.

  • Sangrai biji pepaya

Jarang yang tahu jika biji pepaya ternyata memiliki banyak khasiat, termasuk memiliki banyak sekali pigmen atau hampir mirip zat melanin yang bermanfaat menghitamkan rambut. Jadi, kalau punya biji pepaya usahakan jangan dibuang, manfaatkanlah untuk kesehatan rambut Anda.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, yakni dengan menyiapkan biji pepaya yang masih segar. Jika sudah siap, sangrailah sampai benar-benar kering. Setelah itu tumbuklah atau diblender agar benar-benar halus. Supaya bahan ini bisa menempel pada rambut, maka campurkanlah minyak kelapa secukupnya.

Pada saat mengoleskan, tentu saja Anda dianjurkan sambil memijat-mijat kepala secara lembut. Diamkanlah selama 30 menit atau sampai kering. Terakhir bilaslah dengan air bersih supaya bekas bubuk biji pepaya hilang.

  • Daun rambutan.

Berdasarkan penelitian, ternyata daun rambutan memiliki kandungan tanin dan polifenol serta saponin. Kandungan zat ini ternyata bermanfaat untuk meningkatkan pigmen rambut dan bisa menghitamkan rambut.

Untuk cara penggunaannya, daun rambutan ini ditimbuk halus. Sebelum ditumbuk, cuci bersih agar tidak ada  bahan-bahan yang tercampur. Jika sudah ditumbuk, masukkan sedikir air agar bisa menghasilkan sari daun rambutan. Dan sari inilah yang akan digunakan untuk menghitamkan rambut dengan cara dioleskan. Caranya juga hampir sama dengan cara sebelumnya.

  • Minyak kemiri

Minyak kemiri memang bahan yang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan, terutama kesehatan rambut. Selain membuat rambut semakin lebat, juga bisa membuat rambut menjadi hitam karena kandungan di dalamnya, yakni essens.

Untuk menggunakan cara ini, campurkan minyak kemiri dengan perasan lemon. Campurkanlah dua bahan ini secara seimbang dan aduklah sampai bernar-benar tercampur. Jika sudah, oleskanlah pada rambut sambil dipijat. Terakhir, diamkan selama 30 menit dan bilas pakai air bersih.

  • Teh basi.

Bahan yang satu ini tentu tidak sulit didapatkan, apalgi harganya yang murah. Jika Anda suka minum teh, Anda bisa langsung mencoba cara mengatasi uban agar tidak tumbuh lagi melalui bahan ini. Caranya pun sangat mudah, yakni dengan menyeduh teh basi salam satu malam, atau juga bisa dua hari dua malam.

Dari kandungan teh yang didiamkan selama itu, memiliki antioksidan yang sangat berguna bagi kesehatan rambut. Jika bahan ini sudah siap untuk digunakan, balurkan pada rambut secara merata. Selanjutnya diamkan sekitar 30 menit dan bilaslah menggunakan air bersih.

Perlu diingat, untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan langkah ini 3 kali sehari. Idealnya, perawatan rambut ini akan terlihat hasilnya jika rutin dilakukan selama 2 hingga 3 bulan lamanya. Maka dari itu, apabila hanya sekali atau dua kali saja, tentu hasilnya pun kurang maksimal.

Demikian cara mengatasi uban agar tidak tumbuh lagi dan rambut semakin sehat, termasuk menjadikan rambut lebih hitam. Melalui cara yang murah dan mudah ini, semoga bermanfaat dan rambut dambaan bisa membuat rasa percaya diri semakin meningkat, terutama penampilan rambut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *