Ikuti 7 Langkah Ini Untuk Menciptakan Box Makanan Plastik Unik

Mengapa kemasan makanan penting dan bagaimana Anda dapat membuat box makanan plastik yang unik dan menarik minat pembeli.

Box Makanan Plastik Unik

Kita semua memiliki hari-hari di mana kita ingin makan malam lezat diantarkan langsung ke rumah kami. Untungnya, banyak restoran dan layanan pengiriman makanan siap dan menunggu untuk memenuhi impian itu. Namun, keputusan desain kemasan yang buruk dapat merusak pengalaman.

Mari kita lihat lebih dekat mengapa box makanan penting dan bagaimana Anda dapat meningkatkan kemasan Anda sendiri agar menonjol di pasar yang ramai.

Pilih material bahan yang tepat

Pilih material box makanan yang tepat

Ada banyak bahan dan jenis kemasan yang bisa Anda gunakan; Anda dimanja oleh pilihan.

Anda harus memutuskan di awal proses jika Anda akan menggunakan kotak, baki dan selongsong, bak, toples, kantong dan sebagainya, dan bagaimana itu akan disegel.

Fungsi utama dari pengemasan adalah untuk melindungi produk Anda, jadi beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan adalah sifat produk Anda, bentuk, ukuran, beratnya, cara penyimpanannya, dan tentu saja anggaran Anda.

Ingat saat membuat keputusan bahwa ada peningkatan permintaan pada kemasan makanan agar berkelanjutan, kemasan karton adalah solusi yang paling ramah lingkungan, Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang itu di sini.

Mengetahui regulasi Pemerintah tentang peraturan pengemasan

Regulasi Pemerintah tentang peraturan pengemasan

Tidak mematuhi peraturan pengemasan dapat memiliki konsekuensi serius, seperti penarikan kembali produk. Jadi meneliti peraturan apa yang berlaku di negara tempat Anda berada  adalah hal yang sangat penting.

Berikut adalah beberapa aturan utama yang harus diikuti:

  • Perusahaan makanan diwajibkan oleh hukum untuk memberikan informasi kepada konsumen seperti bahan, digunakan oleh atau terbaik sebelum tanggal dan jumlah bersih
  • Mencantumkan informasi gizi
  • Berikan perhatian khusus pada informasi alergen, yang harus ditampilkan dengan cara yang sangat spesifik.
  • Semua informasi wajib harus memiliki ukuran font minimum 1.2mm (mengukur ketinggian karakter huruf kecil). Untuk kemasan yang lebih kecil di mana luas permukaan terbesar kurang dari 80cm2, ukuran font minimum adalah 0,9mm.
Baca Juga  Model Bisnis Perusahaan Sukanto Tanoto yang Ramah Lingkungan Jadi Bahan Riset

Dapatkan berbagai informasi sebanyak mungkin

Cari tahu berbagai informasi

Jika memungkinkan, yang terbaik adalah tidak memasuki fase kreatif dari desain kemasan Anda sebelum Anda memiliki semua informasi yang diperlukan.

Tidak memiliki informasi ini dapat menyebabkan tagihan desain yang mahal karena Anda membuat banyak perubahan.

Persiapkan daftar bahan, informasi nutrisi, barcode, dll sehingga mereka tidak akan menghalangi kreativitas nanti!

Ini akan menghemat banyak waktu dan uang. Jika Anda menggunakan studio desain, Anda harus memberikan logo perusahaan dan mungkin panduan merek.

Ada satu langkah terakhir sebelum Anda mulai pada aspek kreatif desain Anda: lihat apa yang dilakukan pesaing Anda.

Lakukan riset terhadap kompetitor

Lakukan riset kompetitor

Fungsi lain dari kemasan produk adalah untuk membedakan produk Anda. Kemungkinannya, produk Anda akan diletakkan di rak tepat di sebelah pesaing Anda, jadi hal terakhir yang Anda inginkan adalah agar kemasan Anda terlihat serupa dengan milik mereka.

Teliti kemasan pesaing Anda secara online, atau bahkan lebih baik, di toko.

Mulai buat outline dari desain produk

Buat outline dari desain produk

Akhirnya, yang ditunggu-tunggu, saatnya untuk berkreasi!

Agar kemasan Anda berhasil, Anda perlu mempertimbangkan hal berikut:

  • Identitas merek: Untuk apa merek Anda berdiri? apakah ia memiliki kepribadian yang khas? Gambar apa yang ingin disampaikannya?
  • Penentuan posisi: Pengemasan sering kali merupakan indikator akurat dari harga dan kualitas suatu produk. Di mana produk Anda berada di peta posisi produk?
  • Persona konsumen: Siapa target pelanggan Anda? Bagaimana Anda bisa menggunakan desain untuk membuat koneksi?

Tentukan warna pada kemasan produk

Tentukan warna pada kemasan produk

Pada kemasan, ada beberapa elemen penting yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah warna.

Menurut sebuah penelitian oleh University of Delaware, warna kemasan mencapai hampir 85% dari alasan mengapa seseorang membeli produk

Baca Juga  Ular Cabe Ternyata Hewan Berbisa dan Memiliki Keunikan Tersendiri

Saat mendesain kemasan produk penting untuk memikirkan branding. Anda ingin menyampaikan pesan yang konsisten, tetapi apa yang sebenarnya dikatakan desain Anda tentang perusahaan Anda? Di situlah psikologi warna masuk.

Psikologi warna adalah bidang studi dalam industri desain yang melihat apa yang diwakili dan disampaikan masing-masing warna.

Itu terlihat pada bagaimana nuansa tertentu membuat seseorang merasa; sesuatu yang sangat penting untuk dipertimbangkan jika Anda mencoba membujuk pelanggan untuk melakukan pembelian.

Anda mungkin tidak berpikir bahwa warna ikon atau kemasan produk membuat banyak perbedaan, tetapi pada kenyataannya, telah ditemukan bahwa 90% penilaian cepat atau pembelian impuls dibuat karena warna kemasan suatu barang.

Meskipun warna yang berbeda dapat ditafsirkan oleh orang yang berbeda dengan cara mereka sendiri, berkat budaya global, banyak dari kita sekarang sampai pada kesimpulan emosional yang sama. Secara umum, pemahaman warna yang dirasakan semua orang sekarang sama.

Tentukan elemen-elemen penting pada produk

Tentukan elemen penting pada produk

Banyak perusahaan makanan sekarang memasukkan saran atau bahkan resep pada kemasan produk mereka.

 Ini memberi konsumen insentif tambahan untuk membeli. Ini terutama benar jika produk Anda tidak umum, yang digunakan secara luas. Konsumen mungkin tidak tahu apa yang harus digunakan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *