Kenali Tanda-tanda Awal Kehamilan

Ada sebagian dari pasutri yang belum paham betul tentang tanda awal kehamilan. Kenali tandanya di sini!

Kenali Tanda-tanda Awal Kehamilan

(sumber: Nakita.ID - Grid.ID)

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa kehamilan itu merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan suami istri. Ya, kehamilan tersebut merupakan pertanda, bahwa sebentar lagi mereka akan dikaruniai seorang anak. Namun pada kenyataannya, masih ada sebagian dari para pasutri yang belum paham betul tentang tanda awal kehamilan. Nah, bagi siapa saja yang belum mengetahuinya, mari kita simak saja langsung penjelasannya dibawah ini :

1. Perubahan Pada Bagian Payudara

Perubahan Pada Bagian Payudara
(sumber: Hello Sehat)

Apabila anda merasa ada yang tidak biasa pada payudara, maka hal itu merupakan indikasi bahwa anda tengah hamil. Ya, ukuran payudara anda akan tampak lebih besar dari sebelumnya, begitu pun dengan teksturnya yang lebih lembut. Selain itu, payudara anda juga akan lebih sensitive sehingga terasa sakit atau linu saat dipegang dan bahkan menimbulkan rasa gatal-gatal. Tak hanya sampai disitu saja, puting susu pun semakin membesar serta warnanya tampak lebih gelap. Lalu, apa yang menjadi penyebabnya? Perubahan pada payudara tersebut dikarenakan adanya peningkatan produksi hormone esterogen dan progesterone dalam tubuh.

2. Muncul Flek (Bercak Darah)

Muncul Flek atau Bercak Darah
(sumber: Hello Sehat)

Selain perubahan pada payudara, munculnya flek darah atau bercak darah ini juga merupakan salah satu pertanda bahwa anda sedang hamil. Akan tetapi, ada sebagian dari para wanita yang tidak menyadarinya, dan menganggap bahwa kemunculan flek darah tersebut hanyalah menstruasi. Perlu anda ketahui, kemunculan flek darah ini biasanya akan terjadi sebelum menstruasi yang akan datang dalam kurun waktu 8 – 10 hari setelah terjadi ovulasi. Keluarnya bercak darah ini dikarenakan embiro yang menempel pada dinding rahim, sehingga sering disalahartikan sebagai menstruasi. Selain itu, kemunculan bercak darah ini juga biasanya akan diikuti dengan kram pada perut bagian bawah (panggul). Setelah memasuki kehamilan trimester kedua, kondisi ini pun akan hilang dengan sendirinya.

Baca Juga  Jangan Terlena! Ini Dia Peralatan Masak yang Harus Sering Diganti

3. Morning Sickness

Morning Sickness

Pada dasarnya, tidak semua wanita hamil akan mengalami morning sickness (mual dan muntah). Namun fakta dilapangan, ternyata kebanyakan wanita hamil itu akan mengalami kondisi morning sickness lho. Biasanya rasa mual dan muntah ini akan terjadi pada pagi hari, namun terkadang juga terjadi pada siang dan malam hari. Yang menjadi penyebab dari morning sickness ini, yakni karena adanya peningkatan hormone HCG (Human Chorionic Gonadotrophin) yang terjadi secara tiba-tiba. Memasuki kehamilan trimester kedua, rasa mual dan muntah ini akan hilang dengan sendirinya. Namun, jika Kondisi morning sickness ini masih terjadi di trimester kedua, sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter kandungan terdekat.

4. Indera Penciuman Menjadi Sensitif

Indera Penciuman Menjadi Sensitif
(sumber: detikHealth)

Ketika hamil, biasanya anda indera penciuman anda menjadi lebih sensitive terhadap aroma-aroma tajam seperti parfum, bumbu masakan, anyir daging, dan lain sebagainya. Ya, saat mencium aroma tersebut, anda pun akan merasa mual bahkan bisa sampai muntah-muntah. Tak berbeda jauh dengan kondisi yang diatas tadi, dimana perubahan indera penciuman yang menjadi sensitive ini juga dikarenakan adanya peningkatan hormone esterogen dan progesterone.

 5. Sering Buang Air Kecil

Sering Buang Air Kecil
(sumber: Alodokter)

Tanda-tanda berikutnya bahwa anda sedang hamil, yakni akan sering buang air kecil. Menurut para dokter kandungan, seringnya buang air kecil ini dikarenakan janin yang tumbuh dalam rahim telah menekan kandung kemih, sehingga akan memicu peningkatan sirkulasi darah. Selain itu, kandung kemih juga akan lebih cepat dipenuhi oleh cairan urine, yang membuat anda menjadi sering buang air kecil. Itulah beberapa tanda-tanda awal kehamilan, yang semoga saja bisa memberi wawasan terlebih bagi anda yang tengah hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *