Lebih Bugar dengan Berolahraga Saat Hamil

Ini dia yang dilakukan oleh ibu hamil supaya lebih bugar dengan berolahraga saat hamil dengan 2 jenis olahraga ini.

Lebih Bugar dengan Berolahraga Saat Hamil

Sumber : Bukalapak Review

Ibu hamil perlu menjaga kesehatan dirinya dan sang janin. Sebab, tubuh ibu hamil yang sehat akan membantu menjaga tumbuh kembang sang janin di dalam kandungannya. Ketika tubuh sang ibu sakit, maka sang janin juga akan merasakannya sehingga berdampak pada kesehatan tubuhnya saat telah terlahir nanti.

Untuk menjaga kesehatan ibu hamil, ada berbagai cara yang bisa dilakukan mulai dari mengonsumsi makanan yang bergizi, rajin memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral untuk ibu hamil sampai berolahraga. Tapi olahraga yang dijalani ibu hamil tentu tidak boleh sembarangan karena berpengaruh terhadap kesehatan sang janin. Lantas, Gerakan olahraga seperti apakah yang dianjurkan untuk ibu hamil? Berikut ini beberapa diantaranya.

Yoga Kupu-Kupu

Yoga merupakan olahraga yang paling tepat untuk ibu hamil. Gerakan saat yoga dapat menyehatkan tubuh sekaligus membantu proses persalinan ibu hamil agar berjalan lebih lancar. Salah satu Gerakan yoga yang sangat dianjurkan adalah posisi kupu-kupu.

Yoga Kupu Kupu
Sumber : Hawaiian Sanctuary Retreat Center

Posisi kupu-kupu bisa dilakukan untuk melatih otot paha agar lebih kuat saat menjalani proses persalinan nantinya. Selain itu, posisi ini juga berguna untuk mengurangi risiko sakit punggung yang seringkali dialami oleh ibu hamil. Untuk melakukan posisi kupu-kupu saat yoga juga sangatlah mudah, Anda bisa mengambil posisi duduk bersila dengan posisi punggung tegak. Setelah itu, pertemukan kedua telapak kaki didepan dan dorong lutut hingga menyentuh lantai secara perlahan. Tahan posisi ini sampai setidaknya 20 detik dan ulangi sampai dirasa cukup.

Senam Merangkak

Gerakan senam yoga merangkak bisa menjadi cara yang efektif untuk ibu hamil agar lebih bugar sebelum waktu persalinan tiba. Gerakan merangkak terbukti dapat membantu mempersiapkan otot tubuh bagian bawah dan mendukung proses persalinan agar bisa berjalan secara lancar dan normal.

Senam Gaya Merangkak
Sumber : Bukalapak Review

Untuk melakukan Gerakan senam, caranya cukup mudah. Anda bisa memulainya dengan mengambil posisi seperti merangkak dengan posisi panggul dan lutut membentuk sudut siku-siku. Setelah itu, arahkan pandangan kedepan dengan kepala dan pungung yang terangkat. Setelah itu, Tarik nafas secara perlahan sambil melengkungkan punggung ke arah dalam. Kemudian, luruskan kembali punggung ke posisi awal dan Tarik nafas secara perlahan. Ulangi proses ini dan dapatkan otot yang lebih siap saat proses persalinan tiba.

Baca Juga  Tips Menghilangkan Pikiran Negatif Dari Dalam Diri

Itulah dua gerakan olahraga yang bisa dilakukan ibu hamil untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Disamping menjaga kesehatan tubuh, ibu hamil juga perlu rutin membaca info kesehatan agar literasi kesehatannya bisa semakin baik dan juga beli obat muntah setelah selesai operasi untuk berjaga-jaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *