Mau Buka Usaha Toko Kelontong? Perhatikan 4 Tips Ini!

Mau Buka Usaha Toko Kelontong? Perhatikan 4 Tips Ini!

Bagi Anda yang ingin memiliki usaha sendiri di rumah, maka membuka warung kelontong kecil-kecilan bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan dan mendatangkan untung besar untuk Anda. Tak hanya menguntungkan, usaha toko kelontong tersebut juga relatif santai, mudah dijalani, dan bisa dibuka di teras hingga pekarangan rumah. Bukan cuma itu saja, tersedia pula aplikasi penjualan seperti dari Youtap.id, misalnya, yang akan semakin memudahkan Anda mengelola usaha toko kelontong.

Meskipun demikian, sebelum berencana membuka usaha toko kelontong, terdapat beberapa tips sederhana yang wajib Anda perhatikan terlebih dahulu agar usaha toko kelontong Anda berjalan lancar, ramai pembeli, dan semakin maju. Berikut merupakan beberapa tips tersebut!

1. Tentukan lokasi toko kelontong

Territory is the key! Kunci utama yang harus diperhatikan ketika Anda berencana membuka toko kelontong. Sebab, lokasi atau wilayah dijadikan sebagai tolak ukur berkembang atau tidaknya bisnis usaha toko kelontong Anda. Untuk itulah, sebaiknya pilihlah lokasi maupun wilayah yang padat penduduk. Pasalnya, semakin padat penduduk suatu wilayah maka kebutuhannya pun akan semakin meningkat sehingga Anda bisa mendapatkan lebih banyak pembeli.

Tentukan lokasi toko kelontong
Ilustrasi pemilihan lokasi toko kelontong

Atau, jika mau, Anda juga bisa membuka toko kelontong di kompleks perumahan. Biasanya, kompleks perumahan banyak juga penduduknya yang membutuhkan barang-barang untuk keperluan rumah tangga, seperti sembako, peralatan mandi, bahan masakan, dan lain sebagainya.

2. Riset kebutuhan dari potential customer

Jika Anda sudah mendapatkan lokasi yang strategis untuk berjualan, selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan riset kecil-kecilan mengenai kebutuhan pembeli. Memang, Anda bisa menjual barang-barang rumah tangga yang dibutuhkan oleh seluruh pembeli. Namun, cek lagi, di manakah lokasi Anda berjualan. Jika Anda berjualan di perumahan padat penduduk, tentu Anda bisa menjual berbagai keperluan rumah tangga. Misalnya, penyedap rasa, merica bucuk, garam, dan sebagainya.

Riset kebutuhan dari potential customer

Tapi, apabila Anda berjualan di area rekreasi, tentu tidak memungkinkan jika menjual peralatan rumah tangga pada pembeli. Lantaran, pengunjung area rekreasi biasanya lebih membutuhkan alat pembersih serta mie instan.

Baca Juga  Tips Memilih Broker Forex Resmi Indonesia

3. Pikirkan barang dagangan yang akan dijual

Penting pula bagi Anda memikirkan, barang apa sajakah yang nantinya akan dijual di toko kelontong Anda. Tentu saja, semakin complete item-item yang Anda jual di toko kelontong, tentu akan semakin menarik banyak pembeli. Karena itulah, dibutuhkan persiapan yang matang ketika menentukan barang dagangan tersebut.

Pilih dan Pikirkan barang dagangan yang akan dijual

Namun, barang dagangan yang umum biasanya seperti sembako, peratalan mandi, produk kecantikan, bumbu masakan, peralatan rumah tangga, dan masih banyak yang lainnya.

4. Berikan layanan terbaik kepada seluruh pembeli

Jika Anda sudah mengelola toko kelontong Anda tersebut, maka berikan pelayanan atau service terbaik untuk seluruh pembeli Anda. Semakin baik layanan yang diberikan tentu pembeli pun akan semakin nyaman berbelanja di toko kelontong Anda.

Berikan layanan terbaik kepada seluruh pembeli

Selain itu, Anda juga disarankan untuk selalu tersenyum, tidak cemberut, dan ramah kepada pembeli agar mereka betah berbelanja di toko kelontong Anda. Jangan sampai memasang muka masam karena dikhawatirkan malah mereka tidak mau lagi berbelanja di toko kelontong Anda.

Nah, selain keempat hal di atas, Anda juga wajib memerhatikan beberapa hal berikut, di antaranya:

  • Menyiapkan daftar supplier
  • Menyiapkan berkas-berkas penting
  • Mendekorasi ulang toko kelontong agar nyaman dilihat
  • Membuka usaha dengan tetap menyesuaikannya dengan modal yang dimiliki.
  • Beralih menggunakan aplikasi penjualan untuk memudahkan ketika ingin melihat history transaksi yang sudah dilakukan.

Itulah dia tips-tips yang harus diperhatikan ketika Anda berencana membuka toko kelontong. So, supaya toko kelontong Anda semakin maju dan berkembang pesat, maka Anda disarankan untuk menggunakan Youtap.id. Segala sesuatu yang Anda butuhkan untuk menjalankan usaha Anda bisa ditemukan di perangkat ini, misalnya saja pencetakan nota, pencatatan transaksi, fleksibilitas untuk menerima segala jenis transaksi, dan lainnya.

Baca Juga  10 Trik Mudah Dapatkan Pinjaman Modal Usaha

Selain itu, Youtap.id juga didukung dengan teknologi yang mutakhir sehingga sangat mudah digunakan sekalipun Anda masih pemula.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *