Menjadi Kaya Bukan Karena Pendapatannya Yang Tinggi

Warren Buffet yang menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Bagaimana ceritanya? Apa yang dilakukan oleh pria usia 88 tahun ini asal Amerika ini?

Perencanaan Keuangan dari Warren Buffet

(sumber: AARP)

Siapa yang tidak tahu Warren Buffet. Orang yang selalu di dalam list orang terkaya di dunia. Namun, siapa sangka jika kekayaan dan kesuksesan yang ia dapatkan sekarang bukan karena pendapatannya yang tinggi. Sama sekali bukan. Itulah mengapa di setiap kali ia diundang sebagai pembicara, ia tidak mengajarkan bagaimana cara mendapatkan uang yang banyak tapi mengajarkan mengenai tips perencanaan keuangan sekaligus managemen keuangan.

Ada satu kalimat yang paling terkenal yang diucapkan oleh Warren Buffet. Ia mengatakan jangan menabung sisa uang setelah Anda pakai tapi gunakanlah uang yang masih tersisa setelah Anda menabung.

Kebanyakan orang menerapkan yang sebaliknya. Mungkin juga Anda salah satunya. Kebanyakan orang akan menabungkan sisa uang setelah uang digunakan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Warren Buffet melakukan hal yang sebaliknya. Ia tetapkan dulu jumlah uang yang ingin ditabung lalu sisanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan.

Warren Buffet seolah menampar orang-orang yang suka berfoya-foya. Jelas sekali Warren Buffet bukan orang yang suka foya-foya. Bahkan, ia lebih mengutamakan uang untuk ditabung daripada untuk kebutuhan sehari-hari.

Warren Buffet
(sumber : CNBC Indonesia)

Maka dari itu, Warren Buffet terkenal sebagai orang yang sangat sederhana. Ia melatih diri untuk menekan sedemikian ketat agar pengeluaran tidak begitu tinggi.

Tentu saja Anda tahu Warren Buffet punya penghasilan yang tinggi. Itu salah satu faktor yang menjadikannya orang terkaya di dunia tahun 2015. Namun, apa yang ingin disampaikan oleh Warren Buffet adalah semua orang bisa sukses. Semua orang bisa kaya sepertinya dirinya. Asalkan mereka mau menekan pengeluaran dan mengutamakan menabung. Sementara itu, penghasilan akan mengikuti. Ini menjadi faktor nomor sekian.

Dari kunci utama inilah sebenarnya Anda bisa menformulasikan sendiri mengenai tips perencanaan dan managemen keuangan. Apapun managemen yang Anda gunakan, Anda harus menekankan pada mengutakan menabung dan menekan sedikit mungkin pengeluaran. Maka tidak heran banyak orang kaya yang terlihat sederhana seperti Warren Buffet. Sementara orang yang sebenarnya tidak begitu kaya ingin terlihat kaya sehingga apapun ia lakukan seperti membeli pakaian mahal yang sebenarnya tidak begitu ia butuhkan.

Temukan kisah inspiratif tips perencanaan dan cerita dari para orang terkenal di dunia hanya di Duitologi.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *