Moms, Ini Dia Pilihan Buah Untuk Bayi 8 Bulan Yang Perlu Dicoba Si Kecil!

Secara umum, di usia 8 bulan bayi sebenarnya sudah bisa mengonsumsi berbagai jenis buah sekaligus. Namun 4 buah ini lebih baik!

Bayi 8 Bulan Makan Buah

Sumber Gambar: Kompas Lifestyle

Wah, tak terasa ya si kecil tersaayang sudah memasuki usia 8 bulan! Sejak usia 6 bulan, bayi sudah diperbolehkan untuk mengonsumsi MPASI atau makanan pendamping asi yang terdiri dari berbagai jenis sayur, daging, dan juga buah tentunya. Karena di usia yang masih sangat kecil ini buah hati belum boleh mengonsumi gula tambahan, buah seringkali jadi makanan favoritnya dikarenakan rasanya yang manis dan segar. Namun kebanyakan orang tua bingung memilhkan buah untuk bayi 8 bulan karena khawatir berdampak burukt terhadap kesehatan bayi.

Secara umum, di usia 8 bulan bayi sebenarnya sudah bisa mengonsumsi berbagai jenis buah sekaligus. Namun memang ada baiknya Anda memilih buah-buahan yang tidak memiliki dampak buruk untuk kesehatannya. Nah, berikut ini adalah daftar buah untuk bayi 8 bulan yang bisa Anda berikan kepada si kecil tersayang:

Pepaya

Beruntunglah kita yang hidup di Indonesia karena di sini sangat mudah sekali mendapatkan buah pepaya yang enak dengan harga sangat terjangkau. Buah pepaya sendiri dikenals ebagai salah satu buah yang menyehatkan karena kaya kandungan vitamin dan mineral. Untuk bayi, buah ini menyediakan asupan vitamin C dan A serta bisa mengatasi sembeli atau susah buah air besar dikarenakan tinggi kandungan serat. Untuk bayi berusia 8 bulan, sebaiknya memillih buah pepaya yang sudah  matang sehingga rasanya lebih manis dan juga teksturnya empuk.

Pepaya untuk Bayi 8 Bulan
Sumber Gambar: makananbayi-sehat.com

Untuk mengonsumsi buah pepaya, ini cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengubahnya menjadi jus dan memasukkannya ke dalam dot. Atau Anda juga bisa melumatkan pepaya dan menyuapinya pada si kecil dengan menggunakan sendok. Kalau buah hati sudah mulai tumbuh gigi, memotong buah pepaya dan memberikannya sehingga bisa digigit dan digenggam tentu akan memberikan pengalaman menyenangkan bagi si kecil.

Baca Juga  Sebelum Pergi Ke RS untuk Tes Kehamilan, Persiapkan Diri Dulu Ya Bunda

Pisang

Ya, buah satu ini sudah umum sekali ya digunakan sebagai makanan pertama bayi. Pisang juga tergolong buah yang murah dan mudah sekali didapatkan di Indonesia. Kandungan vitamin dan mineralnya sangat banyak sehingga bisa mendukung tumbuh kembang buah hati tersayang. Di dalam pisang juga terkandung kalsium dan kalium yang baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang si kecil. Namun tidak semua pisang baik untuk dikonsumsi bayi. Sebaiknya And aenghindari pisang yang memiliki biji, dan pilih pisang yang rasanya manis serta memiliki tekstur lembut seperti pisang kepok, pisang susu, atau pisang ambon.

Pisang untuk Bayi 8 Bulan
Sumber Gambar: WikiHow

Ada banyak variasi cara yang bisa dilakukan untuk mengonsumsi buah satu ini. Pertama, Anda tentu bisa langsung memberikannya kepada buah hati setelah dikupas. Tekstur pisang yang lembut akan dengan mudah ditelan oleh si kecil. Anda juga bisa melumatkan pisang dan mencampurnya dengan susu kemudian diaduk dan disuapkan pada buah hati. Pisang juga bisa dikonsumsi dengan cara diblender dan dicampur buah lainnya seperti stroberi yang tentu akan memberikan variasi rasa untuk buah hati tersayang.

Pir

Selain pepaya dan pisang, pir adalah pilihan buah untuk bayi 8 bulan. Meski tak asli berasal dari Indonesia, saat ini sudah banyak sekali jenis buah pir yang dijual di tanah air. Buah pir sendiri memiliki rasa yang sedikit manis dengan banyak sekali kandungan air. Tekstrunya cenderung renyah menyerupai apel namun dengan tekstur yang sedikit lebih kasar. Buah pir ini adalah pilihan buah terbaik untuk si kecil yang tidak terlalu menyukai rasa asam. Di dalamnya juga banyak sekali kandungan vitamin penting untuk tumbuh kembang anak.

Buah Pir untuk Bayi 8 Bulan
Sumber Gambar: SolusiSehatku.com

Buah pir bisa langsung dikonsumsi dan dijadikan finger food sehingga si kecil bisa mengigitinya. Namun buah ini juga bisa dijadikan jus atau dibuat puree yang akan lebih mudah dikonsumsi dan dicerna oleh anak. Atau Anda juga bisa mengukus buah pir sehingga teksturnya menjadi lebih empuk dan kandungan airnya juga akan semakin banyak. Buah ini cocok dikonsumsi sebagai pencuci mulut setelah anak menyelesaikan menyantap makanan utamanya.

Baca Juga  Ini Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Hamil

Jeruk

Kalau Anda ingin memberikan buah yang kayak akan vitamin C, tentulah jeruk jadi pilihan pertama. Buah satu ini memang terkenal akan kandungan vitamin C nya yang sangat baik untuk menjaga ekebalan tubuh buah hati. Namun pastikan anda memilih buah jeruk yang rasanya tidak terlalu asam karena lambung si kecil belum kuat untuk menerima rasa asam. Bisanya jeruk impor yang berwarna oranye terang memiliki rasa lebih manis dibanding jeruk khas Indonesia dengan kulit berwarna hijau. Jeruk ini juga bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, salah satunya adalah langsung dimakan namun dihilangkan bijinya terlebih dahulu.

Jeruk untuk Bayi 8 Bulan
Sumber Gambar: theAsianparent

Jeruk juga bisa diperas airnya dan dimasukkan ke dalam botol khusus sehingga lebih mudah diminum. Atau Anda bisa memilih jenis jeruk peras yang tinggal dipotong kemudian bisa langsung disantap si kecil untuk dihisap airnya. Pemberian jeruk ini juga baik untuk anak yang sedang mengalami sariawan karena tinggi akan vitamin C. Jangan lupa menghilangkan biji jeruk supaya tidak tertelan dan bisa membahayakan keselamatan buah hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *